28 Contoh Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris di Situasi Berbeda – Part 1

28 Contoh Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris di Situasi Berbeda

Pada artikel kali ini kamu akan belajar tentang perkenalan diri dalam bahasa Inggris ditempat berbeda dengan orang yang berbeda. 

Ada dua keadaan dimana kamu dapat memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris yaitu secara monolog dan secara dialog. Dari dua keadaan ini kamu akan dihadapkan dengan situasi yang beragam. 

Untuk lebih jelasnya mari simak beberapa contoh untuk memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris berikut ini sesuai dengan situasi yang mengharuskan untuk memperkenalkan diri.

28 Contoh Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris di Situasi Berbeda – Part 2

Perkenalan diri dalam bahasa Inggris di depan kelas

Untuk memperkenalkan diri di depan kelas kali ini, kami mengambil dua contoh. Pertama, contoh perkenalan diri seorang guru baru kepada siswanya. Kedua, contoh perkenalan diri dari seorang murid baru di depan teman sekelasnya.

Untuk lebih lanjut mari simak lebih lanjut.

Sebagai guru baru

Sebagai guru baru kamu bisa masuk ke kelas dan mempersilahkan semuanya duduk. Setelah semuanya duduk kamu dapat mulai menyapa semua orang dan memperkenalkan diri. 

Mulai dengan memperkenalkan namamu, latar belakang pendidikanmu, dan ketertarikanmu terhadap sesuatu. Seperti contoh berikut ini.

Contoh 1:

Good morning class, my name is Sufi Akbar, you can call me Sufi or Mr. Sufi. I received my Master degree in Indonesian language from University of Indonesia. I just came here to be your Indonesian teacher for a year. I think that’s all. Thank you.”
“Selamat pagi semuanya, nama saya Sufi Akbar, kalian bisa memanggil saya Sufi atau Pak Sufi. Saya menerima gelar Magister Bahasa Indonesia dari Universitas Indonesia. Saya baru saja datang ke sini untuk menjadi guru bahasa Indonesia kalian selama satu tahun. Saya rasa itu saja. Terima kasih.”

Kamu bisa menanyakan jika mereka memiliki pertanyaan tentangmu. Tetapi hati-hati agar kamu tidak membagikan informasi yang terlalu personal. 

Pada kesempatan kali ini kamu juga bisa berbagi tentang pencapaian yang telah kamu raih. Barangkali itu bisa menjadi inspirasi bagi siswa untuk meraih cita-cita mereka. 

Sebagai murid baru

Sebagai murid baru saat dipersilahkan untuk memperkenalkan diri di depan kelas kamu dapat mulai berbicara dengan menyapa semua orang.

Kamu bisa memperkenalkan namamu terlebih dahulu kemudian nama panggilanmu, darimana kamu berasal, apa hobimu. 

Kamu juga bisa menambahkan informasi tentang keluargamu seperti berapa orang dalam keluargamu, berapa banyak saudaramu, atau apa yang kamu suka dan tidak suka, dan lain sebagainya yang kamu rasa penting untuk dibagikan kepada semua orang.

Sebagai contohnya mari simak perkenalan diri dalam bahasa Inggris di kelas sebagai murid baru di bawah ini.

Contoh 2:

“Hi! My name is Leonardo Da Vinci. People usually call me Leo. I’m from Jakarta, Indonesia. I like football and some other sports. Thank you.”
“Hai! Namaku Leonardo Da Vinci. Orang-orang biasa memanggilku Loe. Aku dari Jakarta, Indonesia. Aku suka sepak bola dan beberapa olahraga lainnya. Terima kasih.”

Teman sekelasmu mungkin ada yang mengangkat tangan untuk bertanya. Kamu bisa memilih untuk menjawab atau menolak untuk menjawab dengan sopan.

Memperkenalkan diri di kantor baru

Apakah kamu baru saja mendapatkan pekerjaan di suatu lingkungan yang baru? 

Menjadi pegawai baru di suatu perusahaan bisa jadi membuatmu bertanya-tanya apakah kamu bisa cocok dengan rekan-rekanmu saat bekerja nanti. Ini perasaan yang lumrah bagi siapa saja.

Dimanapun kamu akan mulai bekerja, baik perusahaan kecil maupun perusahaan besar, kesan pertama menentukan. 

Perkenalan diri yang keren kepada rekan sekantor yang baru mungkin agak sulit.

Tetapi, jangan khawatir karena kamu tentunya akan mendapatkan sedikit bantuan dari manajer kamu atau bagian human resource untuk memperkenalkan diri kepada semua orang di kantor.

Dengan memulai perkenalan diri yang baik akan membantumu membangun hubungan baik secara profesional maupun secara personal.

Pelajari beberapa tips berikut ini untuk perkenalan diri yang sesuai sebagai karyawan baru agar disukai rekan kerjamu.

Berikut adalah tips dan contoh perkenalan diri dalam bahasa Inggris

1. Kenali lingkungan kerja

Pada umumnya ada dua cara untuk memperkenalkan diri. Sesuai dengan situasi di lingkungan kantor, kamu bisa memilih perkenalan diri dalam bahasa Inggris secara informal atau formal. 

Hal tersebut penting untuk diperhatikan agar sesuai sehingga kamu bisa menentukan bagaimana kamu akan memperkenalkan diri.

Kamu bisa meminta saran dari bagian human resource sebelum mulai bekerja dan belajar tentang budaya di perusahaan.

Pikirkan perkenalan diri singkat yang bisa kamu gunakan untuk memperkenalkan diri kepada rekan kerja. Perkenalan dirimu harus mencakup nama dan di bagian apa pekerjaanmu.

Contoh 3:

“Hi, I am Antonio, a new accounting manager here.”
“Hai, saya Antonio, manajer akuntansi baru di sini.”

Pada perkenalan sederhana, kamu mungkin akan berbicara lebih banyak tentang dirimu ketika berada dalam kondisi yang santai. Kamu bisa berbicara tentang karir, ketertarikan bahkan hobi.

Contoh 4 :

“Nice to meet you. My name is Cinta. I am the new secretary.

I worked at XYZ Company for two years before joining this company. Besides working, I love hiking and watching movies in the cinema.”
“Senang bertemu dengan anda. Nama saya Cinta. Saya sekertaris baru.

Saya pernah bekerja di Perusahaan XYZ selama dua tahun sebelum bergabung di perusahaan ini. Di samping bekerja, Saya suka mendaki dan menonton film di bioskop.”

Cara memperkenalkan diri tergantung dari apa peran kamu di perusahaan dan kepada siapa kamu memperkenalkan diri.

Jika kamu seorang ketua suatu tim maka perkenalan diri yang tepat mungkin dapat meningkatkan respek dari anggota tim-mu. Hal ini dapat membangun citra-mu sebagai pemimpin.

Dalam kasus seperti itu, mungkin akan lebih baik jika kamu memberikan perkenalan diri yang sedikit lebih panjang.

Contoh 5:

“Hi team, my name is Joni, your new human resource manager.

Previously I worked as human resource manager in XYZ Company and have 10 years of experience in human resourcing.

I believe I can lead this team and bring positive circumstances. However, I cannot turn it into reality alone. Which is why I need your best cooperation and commitment. Together we can create a positive working environment and achieve great things in the future.

I am excited to work with all of you.”
“Hai semuanya, nama saya Joni, manajer sumber daya manusia yang baru.

Sebelumnya saya bekerja sebagai manajer sumber daya manusia di Perusahaan XYZ dan memiliki 10 tahun pengalaman di bidang sumber daya manusia.

Saya yakin saya dapat memimpin tim ini dan membawa suasana positif. Bagaimanapun, saya tidak dapat merealisasikannya sendirian. Sehingga saya membutuhkan kerjasama dan komitmen terbaik dari anda sekalian. Bersama kita dapat menciptakan lingkungan kerja yang positif dan meraih kesuksesan di masa depan.

Saya senang dapat bekerja sama dengan anda semua.”

2. Orientasi

Biasanya perusahaan baik kecil maupun besar memiliki program orientasi bagi karyawan baru. Waktu ini merupakan waktu yang tepat untuk memperkenalkan diri kepada rekan sejawat yang sama-sama baru di perusahaan tersebut.

Jika kamu mendapat kesempatan tersebut maka jangan ragu untuk memperkenalkan dirimu kepada banyak orang.

Mengenal beberapa orang di perusahaan juga dapat membantu mengurangi rasa grogi dan agar lebih nyaman selama beradaptasi di perusahaan.

Contoh 6:

“Hi, I am Rona from the production team. This is my first day here, it is great to meet you.”
“Hi, Saya Rona dari tim produksi. Ini adalah hari pertama saya di sini, senang berjumpa dengan anda.”

3. Minta anggota tim untuk membantumu memperkenalkan diri

Orang pertama yang akan kamu jumpai perama kali saat hari pertama di kantor mungkin adalah anggota tim. Orang-orang inilah yang mungkin akan bekerjasama denganmu paling sering.

Memperkenalkan diri kepada rekan satu tim tidak hanya penting agar mereka mengenalimu. Tetapi juga penting agar kamu kenal dengan mereka dan memberikan kesan bahwa kamu senang menjadi bagian dari tim tersebut.

Contoh 7:

“I am Tonny, the new marketer. Nice to meet you. We will be working together and I am excited to be one of this team.”
“Saya Tonny, marketer baru. Senang bertemu dengan anda. Kita akan bekerja sama dan saya senang menjadi bagian dari tim ini.”

4. Berkenalan dengan rekan kerja dari tim lain

Tidak hanya bekerja sama dengan rekan kerja satu tim, suatu proyek dapat membuat kamu bekerja sama dengan rekan dari tim lain. 

Perkenalkan dirimu dengan rekan di luar tim-mu. Saling berkenalan akan menciptakan hubungan kerja yang positif lebih awal bagi keduanya. Hal ini juga mungkin membantu agar pekerjaan menjadi lebih efisien.

Tanyakan dengan teman satu tim-mu, cari tahu dengan tim mana kamu akan sering berinteraksi.

Lakukan perkenalan diri sederhana dan bawa kesan kalau kamu senang bekerja sama kedepannya. Akan lebih mudah jika kamu mendapat bantuan dari senior tetapi jika tidak akan lebih baik jika kamu mengambil inisiatif sendiri.

Contoh 8:

“Good morning. I am Kevin, a new engineer here from the 4th floor. I am looking forward to working with you. See you around.”
“Selamat pagi. Saya Kevin, engineer baru disini dari lantai 4. Semoga kita dapat bekerja sama. Sampai jumpa lagi.”

5. Buat perkenalan diri menjadi kebiasaan

Kebanyakan perkenalan diri dilakukan pada hari pertama kamu bekerja. Tetapi satu hari mungkin terbatas untuk memperkenalkan diri ke semua orang sehingga kamu hanya memperkenalkan diri kepada rekan satu tim atau yang paling sering kamu temui.

Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkan hari besok untuk memperkenalkan dirimu kepada banyak orang di perusahaan. Karena merekalah yang akan sering kamu lihat setiap hari.

Ada banyak situasi dimana kamu dapat memperkenalkan diri. Seperti saat rapat, saat berada di lift, atau saat beristirahat.

Walaupun kamu tidak memiliki kesempatan untuk memperkenalkan diri di hari pertama atau saat masa orientasi, kamu bisa memperkenalkan diri di kesempatan lainnya.

Kamu dapat memperkenalkan diri ke orang di sekelilingmu sebelum memulai rapat.

Contoh 9:

“Hi, I am Noah, the new marketing manager. Can you tell me what will be our focus in this meeting?”
“Hai, saya Noah, manajer pemasaran baru. Bisakah anda memberitahu saya apa yang akan menjadi fokus kita pada rapat kali ini?”

Pada saat rapat berlangsung, pimpinan atau supervisor anda mungkin memperkenalkan anda secara formal. Dalam situasi ini, cukup perkenalkan diri dengan singkat, padat dan jelas agar rapat bisa segera dimulai.

Contoh 10:

“Hi, my name is Ana. I am the new editor. It’s my pleasure to work with you.”
“Hai, nama saya Ana. Saya editor yang baru. Senang bisa bekerja sama dengan anda.”

Selain itu, kamu juga mungkin memperkenalkan diri saat berada di lift.

Contoh 11:

“Hi, I am David. I am the new editor. I saw your presentation at the meeting yesterday and it was fantastic.

This is my first week here. It is my pleasure to work with you.”
“Hai, saya David. Saya editor baru. Saya melihat presentasi anda di rapat kemarin anda itu keren.

Ini minggu pertama saya di sini. Senang bisa bekerja bersama anda.”

6. Tanya lebih banyak pertanyaan untuk mengenali karyawan lainnya

Beberapa orang mungkin mampu berbicara panjang lebar sehingga terkadang kamu bosan hanya mendengarkan. 

Agar tidak berlarut-larut, akan lebih baik jika kamu bisa menjadi lebih interaktif dengan menanyakan lebih banyak pertanyaan untuk lebih mengenal rekan kerjamu.

Trik sederhana ini dapat membuat hubungan yang positif dengan rekan kerja di masa yang akan datang.

Pertanyaan seperti apa yang harus kamu tanyakan?

Tanya saja dengan santai dan gali lebih dalam tanpa kesan mewawancarai. Tanyakan sesuatu secara spesifik.

“Ceritakan tentang diri anda!” akan berbeda dengan pertanyaan “apa yang anda lakukan sebelum bekerja disini?”

Mari lihat contoh berikut.

Contoh 12:

“That sounds great, Deby. What are the projects you are working on currently?”
“Kedengarannya menarik, Deby. Proyek apa yang sedang kamu lakukan belakangan ini?”

Perkenalan diri dalam bahasa Inggris saat wawancara kerja

Kesan pertama saat memperkenalkan diri saat wawancara tidak berlangsung lama. Mungkin akan ada beberapa kali kesempatan untuk memperkenalkan diri kepada pewawancara atau manajer yang akan mempekerjakan kamu.

Ada beberapa hal yang bisa kamu perhatikan untuk memperkenalkan diri saat berada dalam proses wawancara. Untuk memudahkan kamu saat memperkenalkan diri dalam wawancara, kamu bisa mengikuti tips dan contoh berikut ini.

  • Cari tahu lebih dalam tentang perusahaan dimana kamu akan diwawancarai dan bila perlu siapa yang akan mewawancaraimu.
  • Berpakaian sopan saat interview sebagaimana pakaian membawa kesan pertama
  • Hindari celingak-celinguk dan pastikan eye contact terjaga.
  • Senyum dengan percaya diri dan nyaman.
  • Gunakan bahasa tubuh yang profesional.
  • Siapkan salam dan perkenalan diri singkat.
  • Latihan memperkenalkan diri dengan teman.

Sebelum wawancara dimulai

Saat pertama kali kamu masuk ke kantor atau tempat kamu akan melakukan wawancara, mungkin kamu akan bertemu dengan resepsionis. Kamu bisa mulai memperkenalkan diri dengan nama lengkap, waktu interview dan pekerjaan yang akan kamu lamar saat wawancara. 

Contoh 13: 

“Hi, my name is Dirga Alexa. I’m here for a 1 p.m. job interview for the accountant manager role.”
“Hai, nama saya Dirga Alexa. Saya disini untuk wawancara kerja pukul 1 siang untuk posisi manajer akuntansi.”

Bila kamu sudah check-in di meja resepsionis, mungkin ada waktu menunggu sebelum kamu dipanggil untuk wawancara. Akan sangat beretika jika kamu bisa menghindari penggunaan telepon seluler untuk menghabiskan waktu. Cukup beristirahat dan duduk dengan tenang.

Jika seseorang tiba menyapamu maka berdiri untuk menemuinya. Ikuti beberapa langkah berikut ini saat memperkenalkan diri.

  • Senyum dan jabat tangan dengan yakin tetapi jangan terlalu keras.
  • Perkenalkan diri berupa nama lengkap dengan suara yang percaya diri.
  • Saat mereka memperkenalkan diri, respon dengan kata-kata bahwa kamu senang bertemu dengan mereka, “nice to meet you, ….” diikuti dengan mengulangi kembali namanya.

Jika kamu berbicara dengannya melalui telepon atau email sebelum wawancara, kamu bisa mengatakan, “it’s nice to meet you in person.”

Selama wawancara 

Sekarang, jika kamu sudah berada di ruangan untuk wawancara, kamu harus memperhatikan etika saat wawancara.

Persiapkan segala sesuatu yang kamu butuhkan seperti pulpen, kertas dan CV selama kamu menunggu pewawancara memasuki ruangan.

Perhatikan beberapa hal berikut ini ketika kamu memperkenalkan diri saat wawancara.

1. Siapkan pernyataan singkat untuk menyapa

Etika wawancara dasar adalah berdiri dan menjabat tangan pewawancara saat mereka memasuki ruangan.

Meskipun pewawancara mungkin tahu siapa kamu, kamu bisa menggunakan contoh perkenalan diri ini untuk menyapa pewawancara.

Contoh 14:

“Hello, I’m Nova Tan. It’s a pleasure to meet you.”
“Halo, Saya Nova Tan. Senang bertemu dengan anda.”

Jika sudah siap, bagikan CV kamu dan beri waktu bagi pewawancara untuk melihatnya sejenak. Kemudian, mereka mungkin akan memintamu untuk memperkenalkan diri.

2. Perkenalkan diri anda dengan deskripsi yang tepat.

Berikut ini merupakan contoh perkenalan diri saat wawancara yang bisa kamu jadikan referensi atau inspirasi.

Contoh 15: untuk lulusan baru

“To start with, I grew up in A country/city and graduated from XYZ University majoring in English Language.

I have received several awards as a volunteer for international events and participate in a couple of international writing competitions.

You will find my related certificates attached. I always love to write and it turned out to be impressive and informative.

If I am given the opportunity to start my career here, I believe that it would be great learning experience for me.”
“Untuk memulai, saya dibesarkan di negara/kota A dan lulus dari Universitas XYZ jurusan Bahasa Inggris.

Saya telah menerima beberapa penghargaan sebagai sukarelawan untuk acara internasional dan berpartisipasi dalam beberapa kompetisi menulis internasional.

Anda bisa melihat sertifikat terkait saya terlampir. Saya selalu suka menulis dan ternyata sangat mengesankan dan informatif.

Jika saya diberi kesempatan untuk memulai karir saya di sini, saya yakin ini akan menjadi pengalaman belajar yang luar biasa bagi saya.”

Contoh 16:

“I have 7 years experienced in the editorial team of national newspapers.

I have expertise in Content Writing, SEO, Website Design, and Digital Marketing.

I am now looking forward to leveling up my skills, inspiring my new team and bringing another success.”
“Saya memiliki 7 tahun pengalaman di tim redaksi surat kabar nasional.

Saya memiliki keahlian dalam Penulisan Konten, SEO, Desain Situs Web, dan Pemasaran Digital.

Sekarang saya ingin meningkatkan keterampilan saya, menginspirasi tim baru saya dan membawa kesuksesan lainnya.”

Berbicara dengan percaya diri selama memperkenalkan diri itu penting, tetapi jangan lupa untuk tetap memperhatikan bahasa tubuh. Posisikan tubuh dengan tegap, lipat tangan di atas pangkuan, istirahatkan kaki di lantai dengan nyaman dan jangan lupa tersenyum.

3. Bila kamu mendapat pertanyaan

Pertanyaan dari pewawancara terkadang membuat nervous bagi sebagian orang. Oleh karena itu sangat penting untuk bisa mengatur intonasi dan kecepatan dalam berbicara dan lain sebagainya.

Pastikan kamu menjawab pertanyaan dari pewawancara dengan tidak terlalu cepat ataupun terlalu lambat, tetapi di tengah-tengah itu dan dengan jelas.

Jika kamu merasa jantung terasa mau copot, makan tarik nafas dalam dan kemudian menjawab pertanyaan. Ini akan membantu untuk mengembalikan detak jantung ke normal dan memberikanmu sedikit waktu untuk merangkai kata.

Jadi, ketika pewawancara bertanya maka kamu bisa mendapat sedikit waktu sebelum menjawab.

Satu hal yang harus diperhatikan. Walaupun kamu berhasil menjawab pertanyaan dari pewawancara dengan mulus, bukan berarti kamu bisa meremehkan etika saat wawancara.

Bagaimana tindak tandukmu sebelum, selama dan setelah wawancara hingga keluar dari gedung harus tetap diperhatikan.

Berikut bagaimana kamu bisa meninggalkan kesan yang baik setelah wawancara selesai.

4. Setelah wawancara selesai

Begitu wawancara selesai, berdiri ketika pewawancara meninggalkan kursi mereka. Sebagai adab dan sopan santun, senyumlah dan jabat tangan mereka seraya berterima kasih atas waktu yang telah mereka luangkan.

Kamu bisa mengatakan kata-kata berikut ini.

Contoh 17:

“It’s a pleasure to meet you. Thank you for your time and opportunity. I hope to hear from you soon.”
“Senang bertemu dengan anda. Terima kasih atas waktu dan kesempatan yang diberikan. Saya harap saya segera mendengar kabar dari anda.”

Setelah wawancara berlalu, kamu bisa mengirimkan email lanjutan untuk berterima kasih atas kesempatan untuk dipertimbangkan mengisi posisi tersebut.

Perkenalan diri dalam bahasa Inggris kepada hadirin

Berbicara di depan publik bisa menjadi hal yang menakutkan untuk dilakukan. Begitu pula saat pertama kali memperkenalkan diri bisa menjadi penentu keberlanjutan pembicaraan akankah mulus atau sebaliknya menjadi wadah untuk mempermalukan diri sendiri.

Hadirin atau pendengar ibaratkan bongkahan es yang harus kamu pecahkan untuk mencairkan suasana. Dengan demikian dapat mengurangi rasa canggung dan meningkatkan percaya diri untuk lebih tenang.

Adapun perkenalan diri kepada hadirin disini akan dispesifikasikan untuk perkenalan diri pada beberapa situasi

Perkenalan diri di depan umum lebih dari sekedar mengatakan nama. Ini merupakan kesempatan bagimu untuk berbagi hal khusus terkait dirimu dan menghubungkan diri dengan pendengarmu.

Tahap ini juga menentukan suasana untuk pembicaraan selanjutnya. 

Bagaimana kamu memperkenalkan diri akan mempengaruhi bagaimana pendengar menerima pesan yang ingin kamu sampaikan.

Buat perkenalan dengan sempurna dengan menyajikan informasi tentang dirimu yang paling memikat pendengar.

Pastikan kamu mempersiapkan perkenalan sebelumnya dengan teknik yang dapat menarik perhatian sehingga terjalin hubungan dengan pendengar.

  1. Rencanakan dan tuliskan sebelum presentasi
  2. Berikan informasi terkait pada perkenalanmu
  3. Tarik perhatian pendengar

Perkenalan diri dalam bahasa Inggris untuk presentasi kerja

Berikut adalah contoh perkenalan diri untuk presentasi kerja.

Contoh 18: 

“An 145% increase in product sales was a great achievement from our marketing team last month.

The heroes who turned this to reality are Rio, who made sure our apps has flawless User Experience, Elliot who is responsible to keep our rating at a high level, and Mary who ensured our apps advertised anywhere.

I’m Ravi, who leads this special marketing team and we want to take you to our journey, from start to the satisfying result, and what we have learned on the way through it.”
“Peningkatan penjualan produk sebesar 145% merupakan pencapaian luar biasa dari tim pemasaran kita bulan lalu.

Pahlawan yang mengubah ini menjadi kenyataan adalah Rio, yang memastikan aplikasi kita dengan User Experience yang sempurna, Elliot yang bertanggung jawab untuk menjaga rating aplikasi kita tetap tinggi, dan Mari yang memastikannya diiklankan dimana saja.

Saya Ravi, yang memimpin tim pemasaran khusus ini dan kami ingin menyajikan perjalanan kami, dari awal hingga hasil yang memuaskan, dan apa yang telah kami pelajari selama itu.”

Perkenalan saat konferensi

Contoh 19: 

“On this occasion, I’m going to share with you how to be a successful Youtuber from zero with viral content in a month. I am Mike and will share tips and tricks which were applied in my effort to have 1M subscribers in a short amount of time.

If you think you’re passionate enough on video productions, this is for you. Stay tuned until the end for better knowledge.”
“Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kepada kalian bagaimana menjadi Youtuber sukses dari nol dengan konten viral dalam satu bulan. Saya Mike dan saya akan berbagi tips dan trik yang telah saya terapkan dalam upaya saya untuk memiliki 1 juta subscriber dalam waktu singkat.

Jika anda merasa cukup bersemangat dalam memproduksi video, ini untuk anda. Tetap simak sampai akhir agar lebih paham.”

Perkenalan diri sebagai trainer atau pelatih

Contoh 20: 

“Hello everyone! I’m Deandra. You can call me De for short.

In the next couple of days we are going to have fun in our Outdoor Science class and I will be in charge of it.

If you are stuck or facing any challenges, you can talk to me anytime and I will assist you to find a way out.”
“Halo semuanya! Saya Deandra. Kalian bisa memanggil saya De untuk lebih singkat.

Dalam beberapa hari ke depan kita akan bersenang-senang di kelas Sains Luar Kelas dan saya akan menjadi penanggung jawab dalam hal ini.

Jika ada diantara kalian yang terhambat atau menghadapi tantangan apa pun, silahkan berbicara dengan saya kapan saja dan saya akan membantu untuk menemukan jalan keluarnya.”

Perkenalan pada sesi presentasi virtual

Contoh 21: 

“Hi everyone! I’m just loving to meet new people through our virtual connection now, so thrilled to see you all on screen.

Even though you only can see me on this small square of screen, I hope you can recognize my face during any meeting or conferences. It’s me Will, your source speaker for today’s topic.

Let’s jump in!”
“Halo semuanya! Saya senang bertemu orang baru melalui koneksi virtual kita sekarang, sangat senang melihat anda semua di layar.

Meskipun anda hanya dapat melihat saya di layar persegi yang kecil ini, saya harap anda dapat mengenali wajah saya selama rapat atau konferensi apa pun. Saya Will, narasumber anda untuk topik hari ini.

Mari kita mulai!”

Sekian perkenalan diri dalam bahasa Inggris bagian 1. Perkenalan diri dalam bahasa Inggris pada situasi berbeda lainnya akan di lanjutkan di bagian 2.

Jangan lewatkan:

14 Cara Efektif dan Sederhana untuk Berbicara Bahasa Inggris

Latihan Mendengarkan Dan Berbicara Bahasa Inggris: 4 Langkah Untuk Melatih Refleks (SUPER CEPAT)

2 thoughts on “28 Contoh Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris di Situasi Berbeda – Part 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *