14 Cara Efektif dan Sederhana untuk Berbicara Bahasa Inggris

14 Cara Efektif dan Sederhana untuk Berbicara Bahasa Inggris

Kamu ingin latihan berbicara bahasa Inggris dengan menyenangkan tapi tidak tahu harus berbuat apa?

Sudah banyak buku dan artikel dalam bahasa Inggris yang kamu baca sehingga kamu sudah kaya dengan kosakata.

Tapi saat buka mulut, kamu tidak tahu harus berkata apa!

Tidak perlu khawatir! kamu tetap bisa melakukannya dengan 14 cara menarik di bawah ini.

14 cara latihan berbicara bahasa Inggris yang sederhana dan efektif 2022

1 – Ganti Mode ke Bahasa Inggris untuk Reaksi Lebih Cepat

Maksudnya, ketika kamu akan mengatakan sesuatu, pengaturan dalam otakmu harus dalam mode bahasa Inggris. Karena jika kamu berpikir dalam bahasa Indonesia, maka langkahnya jadi lebih panjang.

Bedakan kedua hal ini!

Pertama, kamu melihat ada makanan di atas meja dengan pengaturan bahasa di otakmu masih dalam bahasa Indonesia. Kemudian dari bahasa Indonesia kamu harus menerjemahkan lebih dulu ke bahasa Inggris. 

Kedua, kamu sama melihat makanan di atas meja. Tapi pengaturan bahasa di otakmu dalam mode bahasa Inggris. Kamu hanya perlu langsung mengatakan dalam bahasa Inggris. Lupakan bahasa Indonesia. 

Apa yang berbeda dari kedua hal di atas?

Pada proses pertama ada dua langkah sebelum kamu berhasil mengatakannya dalam bahasa Inggris. Kata dalam bahasa Indonesia dan menerjemahkan bahasa Indonesia ke dalam bahasa Inggris. Hal ini butuh waktu lebih, jadi lebih lama.

Pada proses kedua, hanya ada satu saja. Langsung dalam bentuk bahasa Inggris. Proses lebih cepat. 

Kebayang gak sih kalau kamu harus mikir dulu bahasa Inggrisnya meja itu apa? Iya aja kalau kamu tahu, kamu bisa menerjemahkannya dengan cepat. Tapi kalau kosakata itu tidak ada di otak bagaimana kamu menerjemahkannya?

Buka kamus dulu lah. 

Tentunya jadi lebih lama lagi.

Ini juga jadi salah satu landasan mengapa sebaiknya kamu tidak buru-buru membuka kamus. Dengan buka kamus berarti kata yang kamu cari itu sulit. 

Mulailah latihan berpikir dalam mode bahasa Inggris dengan kata-kata dan kalimat yang mudah. Mudah dilihat dan digunakan sehari-hari. Jangan yang panjang.

Kalau kata-kata yang mudah saja kamu masih kesulitan maka sebaiknya perbanyak lagi pelajaran kosakata.

Dengan cara ganti mode ke bahasa Inggris ini, kamu tidak perlu lagi menerjemahkan dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris. Kata-kata dalam bahasa Inggris akan lebih mudah keluar dan tidak lagi di ujung lidah.

2 – Self-Monologue – Mulai Berbicara Bahasa Inggris dengan Lebih Nyaman

Agak aneh sih, tapi idenya cukup bagus. Kita sering kali tidak mampu berkata-kata di depan orang banyak karena malu. 

Jadi kenapa tidak bicara sendiri saja? Pasti lebih nyaman karena tidak akan ada yang ganggu. Hanya kamu, otakmu, dan mulutmu.

Saat tidak ada orang, coba buka mulut dan katakan dengan keras. Ubah pikiran jadi kata-kata. Kamu bisa lakukan ini di mana pun dan kapan pun. 

Contoh: Kita sangat sering kontak dengan ponsel, bukan? Lalu kamu lihat sesuatu yang sangat lucu hingga kamu ingin bilang “Lucu banget sih!”. Bisa juga kamu melihat foto pemandangan yang indah dan ingin bilang “Pemandangan yang indah!”.

Sama juga halnya jika kamu baca artikel dalam bahasa Inggris. Ucapkan melalui mulut. Tidak hanya membaca saja dalam hati.

Awalnya, bicara saja dengan nyaman tapi benar dan ucapkan berkali-kali. Jika sudah terbiasa kamu bisa tambah kecepatan bicaranya.

Walaupun berbicara sendiri, kamu juga pasti ingin orang lain paham dengan apa yang kamu ucapkan. Jadi mari kita langsung praktek pengucapan dengan langkah berikut ini!

3 – Bicara di Depan Cermin Meningkatkan Rasa Percaya Diri saat Berkomunikasi

Jika kamu ada waktu luang, mungkin itu adalah saat yang tepat buat kamu untuk berkaca. Tidak perlu lama cukup 2-5 menit. 

Bicara di depan cermin tentang topik apa saja dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan bicara di depan cermin, kamu bisa mengamati mulut, ekspresi wajah, dan gerak tubuh saat kamu bicara. Dengan begitu kamu dapat menyesuaikan lidah dan mulut saat mengucapkan kata berkali-kali. 

Semakin sering kamu ulang, maka lama-lama kamu akan tahu apakah pengucapan kamu sudah tepat atau belum. Jadi, rajin-rajin mengulang agar kata-kata sudah diluar kepala. 

Selain itu, tanpa kamu sadari, berlatih di depan cermin melatih mental untuk merasa lebih percaya diri seolah-olah kamu berinteraksi langsung dengan lawan bicara dalam komunikasi sebenarnya.

Kamu juga bisa pura-pura ngobrol santai dengan sahabat dekatmu. 

Bicara di Depan Cermin Meningkatkan Rasa Percaya Diri saat Berkomunikasi

Bicara di depan cermin meningkatkan rasa percaya diri untuk komunikasi dengan orang lain

Jangan lupa juga untuk menggunakan bahasa tubuhmu. Hal itu agar latihan kamu seperti komunikasi yang sebenarnya. Dengan bergerak, otak kamu aktif dan memproses informasi lebih cepat lagi.

Bicara tanpa henti tentang apa yang kamu pikirkan. Jika kamu lupa beberapa kosakata, jangan jadikan itu alasan untuk berhenti. Tapi skip dan terus bicara. Kamu bisa cari tahu nanti untuk kata yang kamu lupa. Atau ungkapkan dengan cara lain.

Latihan bicara di depan cermin itu istimewa. Tidak hanya membuat nyaman saat bicara tetapi juga menjadi wadah untuk melatih mental, khususnya kepercayaan diri. 

4 – Fokus untuk Bicara Bahasa Inggris dengan Lancar, Buang Tata Bahasa ke Laut Aja.

Kamu sering kali berhenti di tengah kalimat dan berpikir cukup lama untuk memikirkan apa yang akan kamu katakan lagi. Seberapa sering hal itu terjadi? Tiba-tiba nge-blank, tidak tahu mau bilang apa.

Semakin sering hal itu terjadi, semakin hilang pula rasa percaya diri dan rasa nyaman. 

Jadi, sebisa mungkin hindari jeda dalam percakapan. Jika tidak itu akan jadi kebiasaan. Dan jika sudah jadi kebiasaan, maka hal itu akan sulit untuk kamu hilangkan.

Masih dengan cara bicara di depan cermin seperti di atas. Tantang dirimu untuk bicara tanpa jeda dari awal sampai akhir bicara. 

Jika kamu masih banyak berhenti di tengah percakapan atau malah gagap, itu masih wajar! Tidak ada yang bisa langsung jadi hebat dalam semalam. 

Tidak perlu bicara dengan benar. Maksudnya kamu mulai berpikir “Benar tidak sih yang saya ucapkan?”. Yang jadi fokusmu di sini adalah bicara lancar bukan benar. 

Mau salah atau benar urusan belakangan. Kadang kita harus salah lebih dulu baru bisa benar karena setelah salah kita akan ada dorongan untuk memperbaikinya.

Ada satu teknik yang dapat membantu jika kamu mengalami masalah kelancaran dalam bicara. Teknik ini adalah alih-alih diam atau membuat jeda dalam percakapan, lebih baik isi dengan kata-kata. 

Contoh: 

  • Well, I mean…
  • Let me think about it.
  • What I am trying to say/do now is…
  • And I want to say/I am going to say that…

Itu adalah beberapa “pengisi jeda” untuk kamu gunakan jika kamu tidak tahu harus berkata apa. 

Ada lagi jenis serupa tapi tak sama. Itu adalah “filler”. Contohnya seperti: “ahh”, “uhm”, “oh”, “you know”, “so”, “like”. 

Memang tidak ada larangan untuk menggunakan filler. Tetapi semakin sering menggunakan filler, semakin turun kualitas percakapan kita. Karena banyak filler membuat percakapan membingungkan, melelahkan dan tidak nyaman baik bagi yang bicara maupun yang mendengar.

5 – Tongue Twisters – Ucapkan Kata dan Kalimat yang Membuat Lidah Lebih Tertantang agar Lebih Fasih dalam Mengucapkan

Kamu dan teman pasti pernah saling menantang untuk mengatakan kata atau kalimat berikut ini dengan cepat. 

  • Ular melingkar di atas pagar semak belukar.
  • Kepala digaruk, kelapa diparut
  • Satu biru, dua ribu, tiga biru, empat ribu, … dan seterusnya.
  • Kuku kaki kakekku kayak kuku kaki kakakku

Dan lain sebagainya.

Berapa banyak kata atau kalimat yang berhasil kamu ucapkan dengan jelas sebelum akhirnya salah? 

Ya, itu adalah contoh dalam bahasa Indonesia. Bagaimana dengan bahasa Inggris? Bahasa Inggris juga sama. Ada banyak sekali kata-kata yang bisa melatih lidahmu untuk lebih cakap dalam mengucapkan kata dalam bahasa Inggris. 

  • Bad blood, good blood.
  • A skunk sat on a stump and thunk the stump stunk, but the stump thunk the skunk stunk.
  • Pretty Betty bought some bitter butter. She put bitter butter in the batter for better.
  • How can a clam cram in a clean cream can?
  • Dan masih banyak lagi “lidah twister” di sini!
Tongue Twisters - Ucapkan Kata dan Kalimat yang Membuat Lidah Lebih Tertantang agar Lebih Fasih dalam Mengucapkan

Bagaimana? Apa bisa kamu katakan dengan mudah? Atau lidahmu malah keselimpet? 

6 – Dengar dan Berbicara bahasa Inggris seperti Seorang Penutur Asli agar Terdengar Lebih Natural

Kamu bisa menjumpai kata-kata yang dilontarkan oleh penutur asli dari berbagai media. Contoh paling mudah saat ini adalah dari acara TV dan video Youtube berbahasa Inggris. 

Saat kamu dengar beberapa kata dari penutur, tentu ada beberapa bagian yang menarik perhatianmu. Kamu bisa pilih bagian itu untuk mulai meniru. 

Sesuaikan intonasi dan ekspresi sesuai penutur asi. Temukan sendiri cara agar apa yang kamu katakan itu persis seperti mereka. 

Dengan begitu, kamu juga bisa menganalisa dimana letak kesalahanmu. Tidak masalah untuk tetap punya salah. Hal paling penting kamu terus bicara dan tidak berkutat pada kesalahan. 

Penting lagi untuk konsisten. Rajin mengulang akan membawamu pada suara yang benar. 

Semua butuh proses. Tidak ada yang bisa jadi dalam waktu satu malam. Jangan buru-buru. Santai saja. Nikmati proses. 

Pilih acara TV atau Youtube channel yang bagi kamu menarik. Tapi perlu diingat bahwa tidak semua cocok untukmu. Kamu harus bisa memilih agar sesuai kemampuan berbicara bahasa Inggris. Pilih yang video dengan kosakata sehari-hari.

Jika awal-awal, tidak ada masalah untuk mengaktifkan subtitle. Jadi kamu bisa tahu arti dari kata bahasa Inggris yang dikatakan. Tapi setelah beberapa saat, dan kamu mulai terbiasa, maka matikan subtitle.

Dengan demikian kamu bisa jauh lebih fokus untuk berbicara bahasa Inggris. 

7 – Perhatikan Tekanan untuk Menghindari Kesalahpahaman bagi Pendengar

Bahasa Inggris berbeda dari bahasa Indonesia karena bahasa Inggris memperhatikan tekanan dan intonasi. Artinya, kamu perlu menekankan atau menonjolkan kata kunci atau suku kata (nada) sehingga kata dan kalimat memiliki arti yang berbeda.

Dalam bahasa Inggris, tekanan pada kata bukanlah pilihan acak. Kamu tidak dapat menempatkan tekanan dimanapun kamu suka.

Dengarkan dimana penutur asli menempatkan tekanan kata mereka ketika berbicara. Ini tidak hanya akan membantu kamu berbicara lebih baik, tapi juga dapat sangat mengurangi kesalahpahaman.

Sering kali, menempatkan tekanan yang salah benar-benar dapat mengubah arti kata.

Belajarlah untuk mendengarkan perbedaannya!

Contoh: Kata ADdress tidak sama dengan kata adDRESS. ADdress mengacu pada lokasi geografis di mana seseorang tinggal, sedangkan adDRESS mengacu pada alamat formal untuk sejumlah besar orang.

Seperti yang saya sebutkan di bagian 6, ingatlah untuk menggunakan tape recorder untuk belajar berbicara. Cobalah untuk melakukan hal yang sama. Pengenalan suku kata akan meningkat secara signifikan jika kamu bekerja keras dengan cara ini.

Di sisi lain, saat kemampuan berbicara meningkat, kemampuan untuk memahami bahasa juga meningkat. Kamu harus mendengarkan dengan cermat.

8 – Menyanyikan Lagu Bahasa Inggris Favorit untuk Membantu Berbicara Bahasa Inggris dengan Lebih Lancar

Kadang kamu iri jika mendengar temanmu sangat fasih menyanyikan lagu dalam bahasa Inggris. Kamu juga ingin seperti dia. Tapi kamu rasa kamu tidak akan pernah sama seperti dia.

Tentu saja. Kamu adalah kamu. Jangan bandingkan kamu dengan temanmu. Mungkin dia fasih karena sudah melakukannya lebih lama.

Kamu juga bisa. Tidak ada kata terlambat selama kamu mulai sekarang.

Belajar berbicara bahasa Inggris cocok bagi sebagian orang. Mungkin juga cocok untukmu. 

Lagu membawakan kesan lebih menempel di otak karena ada alunan musik yang memudahkan untuk mengingat. Selain itu, lagu lebih menarik bagi kita untuk tetap belajar dan berlatih.

Jika kamu takut ditertawakan saat kamu bernyanyi, maka lebih baik bernyanyi di saat kamu sedang sendiri. Kalau kamu percaya diri sih tidak apa-apa. Jauh lebih baik.

Lewat lagu kamu bisa tambah kosa kata baru. Selain itu kamu bisa belajar lebih banyak tentang tata bahasa. Jadi, kemampuanmu yang lain dalam berbahasa Inggris juga akan meningkat. 

Tidak semua lagu menurut tata bahasa yang baik dan benar. Tapi bukan berarti juga tata bahasa dalam lagu salah. 

Menyanyikan Lagu Bahasa Inggris Favorit untuk Membantu Berbicara Bahasa Inggris dengan Lebih Lancar

Dengar dan nyanyikan dengan keras!

Bernyanyi adalah kegiatan aktif sehingga membantu kamu ingat lebih lama. Bedakan hal ini dengan hanya mendengarkan seorang penyanyi bernyanyi. 

Lagu memiliki batasan dalam kata-kata. Tidak seperti buku yang dijelaskan dengan panjang lebar. Kesederhanaan lagu membuktikan bahwa isinya tidak rumit karena dalam satu baris lirik mampu menyampaikan banyak maksud. 

Ada banyak penyanyi dengan lirik yang mudah untuk kamu nyanyikan, seperti Adele, Taylor Swift, Ed Sheeran, Justin Bieber dan lain-lain. 

Kamu pasti punya penyanyi favorit yang sudah sering kamu dengar lagunya. Jadi kenapa terus mendengar? Coba saja nyanyikan. 

Ada lagi yang lebih menantang, bernyanyi dengan gaya RAP.

Ada beberapa penyanyi RAP terkenal seperti Drake, Jay Z, Nicki Minaj, dan lain-lain. 

RAP dinyanyikan dengan cepat. Jika kamu bisa dengar atau mengikuti berarti peluangmu untuk fasih dalam berbicara bahasa Inggris sangat besar. 

9 – Belajar Bentuk Kata agar Lebih Kaya Kosakata

Bagaimana kita bisa tahu jika dalam satu kalimat terdiri dari kata benda, kata kerja, kata sifat, dan lain-lain. Itu karena linguist berhasil membedakan setiap kata sesuai kategori. Hal ini disebut morfologi.

Kamu akan lebih mudah lagi berbicara bahasa Inggris jika belajar bentuk kata. Belajar bentuk kata bisa memperkaya kosakata.

Belajar juga sinonim dan antonim agar kamu bisa mengungkapkan suatu maksud dengan cara yang berbeda. 

Contoh dalam satu kalimat:

I am going to school at 7 a.m.

(Saya pergi ke sekolah pukul 7 pagi.)

Pertama, bisakah kamu menentukan mana kata benda dan kata kerja?

Iya, kata bendanya adalah “saya” dan “sekolah”. Kata kerjanya adalah “pergi”.

Kedua, apa kamu membacanya begitu saja dalam hati? Sayang sekali. Sebaiknya kamu baca dengan mulutmu agar kamu tahu cara mengucapkannya.

Ketiga, temukan sinonim dan antonim dari kata tersebut. Misal sinonim dari kata “going” yaitu “heading” dan antonimnya yaitu “stay”.

Selain itu kamu juga bisa menuliskan bentuk lain dari kata tersebut. Misalnya bentuk lampau dari going yaitu “gone”.

Pengetahuan seperti ini akan sangat membantu untuk berkomunikasi dengan baik dan benar. 

10 – Pelajari Frasa untuk Berbicara Bahasa Inggris, bukan Kata demi Kata

Kosakata dan tata bahasa yang kamu pelajari sudah benar. Tetapi kamu masih bingung bagaimana penutur asli akan berbicara. 

Ketika kamu mendengar mereka mengatakan sesuatu yang sangat aneh seperti “What’s up?”, “What are you up to?” atau “Bye now”. Hal itu terdengar aneh karena tidak pernah kita pelajari di sekolah.

Penutur asli sering menggunakan frasa alternatif ini. Saat berbicara, gunakan frasa atau idiom slang, mereka pasti membantu kamu berbicara lebih alami.

Sebagai contoh:

A piece of cake: mudah, gampang.

Barking up the wrong tree: membuat asumsi yang salah tentang seseorang atau sesuatu.

Burst your bubble: merusak momen bahagia atau suasana hati seseorang, biasanya dengan memberi tahu mereka berita atau informasi yang mengecewakan.

Idiom:

“Better late than never. (Lebih baik datang terlambat daripada tidak datang sama sekali.)

“Hang in there.” (Jangan menyerah.)

“Speak of the devil.” (Orang yang baru saja kita bicarakan muncul!)

“Time flies when you’re having fun.” (Kamu tidak memperhatikan berapa lama sesuatu terjadi ketika itu menyenangkan.)

Ada banyak lagi frasa dan idiom yang bisa kamu pelajari. Dengan menggunakan itu kamu akan terdengar seperti penutur asli.

11 – Punya Frasa Sendiri yang Sering Kamu Gunakan saat Berbicara Bahasa Inggris

Jika itu murni dari bahasa inggris. Kamu juga bisa buat frasa sendiri. Ada beberapa frasa populer yang sering kita dengar dalam bahasa Inggris tapi sebenarnya itu berasal dari bahasa Indonesia.

Contoh:

Jangan malu-malu kucing : Don’t shy shy cat

Walaupun tidak sesuai dengan kaidah bahasa Inggris yang baik dan benar, namun cara ini terbaik untuk keluar dari batasan. 

Hal tersebut dapat membuatmu menambah kosakata lebih banyak. 

Coba pikir lagi bagaimana biasanya kamu bicara. Apa kata-kata yang sering kamu pakai sehari-hari. Karena saking seringnya kamu pakai kata-kata itu lebih dari lima kali dalam satu hari. 

Nah, gaya ini juga sama seperti kata-kata viral yang sering kita dengar. Misal salah satu contohnya yaitu beberapa kata-kata dari Syahrini. “Maju mundur cantik cantik”, dan “Bulu mata badai” yang sering diucapkan berulang-ulang.

Dengan sering mengucapkan, lama-lama kata-kata itu melekat dan jadi identitas diri.

12 – Belajar Berbicara Bahasa Inggris sesuai Situasi atau Tempat Kejadian

Kamu juga bisa belajar berbicara bahasa Inggris dengan mengetahui situasi dan tempat kejadian.

Tiap situasi dan tempat tertentu memiliki batasan percakapan. Misalnya kamu sedang travelling ke negara asing dan kamu tersesat. Tentu yang akan kamu bicarakan adalah seputar menanyakan informasi tentang arah, bukan?

Bertanya tentang arah tentu berbeda ketika kamu sedang berada di toko untuk menanyakan harga, jenis barang yang kamu cari, menawar harga dan lain-lain. 

Sebelum beranjak ke dunia nyata kamu harus latihan lebih dulu apa yang kira-kira akan kamu katakan. Tiap situasi dan tempat tentu berbeda.

Bagaimana pula jika kamu ingin memesan makanan di satu restoran? Bagaimana kamu akan bertanya dengan pelayan restoran tentang menu makanan yang tersedia? Sebelum itu kamu harus tahu dulu apa yang harus kamu katakan. 

Belajar Berbicara Bahasa Inggris sesuai Situasi atau Tempat Kejadian

Kamu harus tahu apa yang harus kamu katakan saat berbelanja

Berikut ini adalah situasi dan tempat yang bisa kamu jadikan topik untuk berbicara bahasa Inggris. 

  • Menyampaikan perasaan
  • Di sekolah
  • Di rumah
  • Di restoran
  • Di bank
  • Di rumah sakit
  • Di kampus
  • Di toko
  • Di kantor
  • Memesan hotel
  • Naik taksi
  • Naik bus
  • Naik pesawat

Saya yakin kamu akan merasa jauh lebih percaya diri jika kamu mempersiapkan diri jauh-jauh hari!

13 – Tidak Peduli Apa Kata Orang saat Kamu Berbicara Bahasa Inggris

Saat sedang ada kelas bahasa Inggris, seringkali guru meminta kamu untuk maju ke depan dan berbicara bahasa Inggris. 

Tidak jarang pula, teman-teman sekelas tertawa atas kesalahan yang kamu buat.

Hal tersebut membuat kamu malu dan mulai takut melakukan kesalahan. Tidak ada seorangpun di muka bumi yang tidak pernah melakukan kesalahan. Semua orang melewati fase ini. Termasuk kamu.

Jangan sampai kamu menyesal di kemudian hari ketika bertemu orang asing dan kata-kata yang bisa kamu ucapkan hanya “Hi”, “What is your name” dan “I love you”.

Oleh karena itu, anjing menggonggong kafilah berlalu. Biarkan apa yang orang katakan tentangmu. Tetap teguh pendirian dengan terus melakukan kesalahan dan memperbaiki diri.

Jaga agar kamu tetap percaya diri. Dengan begitu kamu bisa mengatur intonasi suaramu. Jangan khawatir 

Jika kamu terbawa ejekan teman-teman, tarik nafas dalam-dalam dan mulai lagi dari awal. Tidak masalah. Kemudian biarkan semua mengalir seperti air. Anggap kamu sendirian dan tidak ada yang mengganggu.

Kamu tahu yang terbaik untuk dirimu sendiri. Buat diri merasa nyaman saat berbicara bahasa Inggris.

14 – Bercerita dalam Bahasa Inggris

Ketika kita diminta untuk menceritakan kembali satu cerita, kita sering menceritakan persis dengan cerita aslinya. 

Sangat jarang kelas mengajarkan kita untuk menceritakan kisah dengan kata-kata sendiri tanpa teks. Hal ini tidak membuat kreatifitas kita dalam bicara bahasa Inggris meningkat. 

Padahal menceritakan sebuah cerita merupakan salah satu cara menyenangkan untuk berbicara. Tidak perlu panjang lebar, yang penting informasi cerita tersampaikan dengan lengkap.

Saat berbicara, jangan lupa untuk tetap berpikir dalam bahasa Inggris. Fokus pada bicara dengan lancar daripada bicara dengan benar. Ucapkan kata-kata pilihanmu sendiri.

Epilog

14 metode diatas membantu meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris saat kamu sendirian.

Segera rencanakan latihan berbicara bahasa Inggris. Kemudian lakukan. Tetap konsisten berlatih berbicara dengan metode diatas. Lihat apakah kemampuan berbicara bahasa Inggris meningkat signifikan?

P.s: Jika kamu memiliki kesulitan atau memiliki saran berharga untuk artikel ini, silahkan beri komentar dibawah artikel ini.

Jangan lewatkan:

Latihan Mendengarkan Dan Berbicara Bahasa Inggris: 4 Langkah Untuk Melatih Refleks (SUPER CEPAT)

28 Contoh Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris di Situasi Berbeda – Part 1

28 Contoh Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris di Situasi Berbeda – Part 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *