28 Contoh Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris di Situasi Berbeda – Part 2

perkenalan diri dalam bahasa Inggris

Artikel ini merupakan artikel lanjutan tentang perkenalan diri dalam bahasa Inggris ditempat berbeda dengan orang yang berbeda. 

Pada artikel sebelumnya kamu telah belajar tentang memperkenalkan diri saat di kelas, di kantor, saat wawancara, dan saat presentasi atau di hadapan pendengar. Sebagian besar kondisi tersebut di atas merupakan kondisi monolog.

Kemudian, fokus pada artikel kali ini akan lebih banyak menyajikan contoh dalam bentuk dialog.

Untuk lebih jelasnya mari simak beberapa contoh untuk memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris berikut ini sesuai dengan situasi yang mengharuskan untuk memperkenalkan diri.

28 Contoh Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris di Situasi Berbeda – Part 1

Memperkenalkan diri saat pesta atau event

Sebagai bayangannya, kamu sedang berada di satu pesta dimana kamu telah diundang dan tidak kenal satu pun orang di pesta tersebut.

Tidak ada seorang pun yang tampak peduli atau memperhatikan kehadiran kamu.

Ada dua pilihan yang mungkin akan kamu ambil. Pertama, celingak celinguk dan perlahan mendekati pintu lalu kemudian kabur. Atau, kedua, mungkin itu berat bagimu tetapi kamu berusaha untuk membuat percakapan dengan orang di sekelilingmu.

Skenario tersebut amat sangat tidak lucu tetapi mungkin pernah dihadapi oleh sebagian orang.

Skenario berikutnya adalah kamu pergi ke pesta tetapi kali ini orang yang membuat pesta atau pengundang mengenali kamu dan memperkenalkan kamu dengan tamu undangan lainnya. Kali ini akan lebih baik bukan?

Bagaimana pun skenario yang mungkin akan kamu hadapi di pesta. Berikut ada beberapa tips untuk memperkenalkan diri saat di pesta.

Tips memperkenalkan diri di pesta atau event

Karena pesta atau event adalah wadah bagimu untuk memperluas jaringan baik secara regional, nasional bahkan internasional maka memperkenalkan diri kepada banyak orang adalah hal yang penting.

Pada beberapa pesta atau event kamu mungkin kesulitan untuk memperkenalkan diri. Bahkan menyesal karena hanya memperkenalkan diri kepada sedikit orang. 

Berikut adalah tips agar kamu bisa memperkenalkan diri bahkan pada kondisi yang ramai.

1 – Tiba lebih awal dan pulang belakangan

Tiba lebih awal bukan berarti kamu harus tiba di tempat pesta atau acara berjam-jam sebelum acara dimulai. Setengah jam sebelum acara dimulai juga sudah bisa dikatakan bahwa kamu tiba lebih awal pada acara tersebut.

Kamu bisa membiasakan diri dengan keadaan sekitar terlebih dahulu. Kemudian akan sangat baik jika ada seseorang yang bisa kamu ajak untuk melepaskan kegugupan di awal acara.

Kamu mungkin juga bisa memanfaatkan sedikit waktu setelah acara selesai untuk meraih lebih banyak orang. Biasanya pada kesempatan setelah acara, orang-orang jauh lebih santai. 

Kamu juga tidak perlu terlalu berusaha untuk memperkenalkan diri. Cukup berbicara tentang apa yang telah kamu lalui dan membandingkan pengalamanmu itu dengan orang lain yang baru saja kamu temui.

2 – Jangan lupa tersenyum dan percaya diri

Jika kamu bukan orang yang suka senyum kepada orang asing, mungkin kali ini kamu bisa mencobanya. Tersenyum membuat seseorang terlihat bersahabat dan akan mudah dikenali di keramaian.

Temukan wajah yang terlihat ramah diantara banyak orang. Jika mereka senyum maka balas dengan senyum atau dengan anggukan kecil. Hal ini akan meningkatkan rasa nyaman anda sendiri dan memberikan sinyal bahwa anda mudah didekati.

Kemudian anda bisa berpaling ke orang di dekat anda dan mengatakan “wow disini ramai yah” atau sesuatu seperti itu.

Itu bagaikan umpan yang kamu lemparkan yang kemudian memberikan orang-orang disekitarmu untuk mulai mengobrol denganmu. Jika kamu tidak mendapat tanggapan maka jangan khawatir karena itu menandakan bahwa mereka antisosial.

3 – Mintalah sedikit bantuan

Dalam keadaan yang ramai, kamu bisa menemui orang asing dan memperkenalkan diri dengan singkat kemudian meminta sedikit bantuan. 

Sambil menyelam minum air. Kamu akan dapat bantuan sekaligus mengenal orang baru.

Kamu bisa meminta bantuan seperti menanyakan tentang password wifi, meminta untuk diantarkan ke penyelenggara pesta, dan lain sebagainya.

4 – Jangan memperkenalkan diri di toilet

Tetapi jangan pernah memperkenalkan diri di toilet. Itu tidak sopan karena di toilet orang memerlukan privasi mereka.

Sekalipun kamu melihat seseorang yang ingin kamu kenal dan tampak ramah. Lebih baik untuk mendekatinya dan mulai memperkenalkan diri di tempat acara.

5 – Mendengarkan orang lain untuk informasi baru

Mendengarkan menjadi hal yang tidak mudah untuk dilakukan oleh banyak orang meskipun jumlah telinga kita lebih banyak daripada mulut.

Tetapi dengan mendengar lebih banyak yang orang lain katakan maka juga akan menambah informasi baru dari mereka. 

Oleh karena itu, mendengarkan adalah satu hal yang baik untuk kamu lakukan. Tapi tetap bijaksana karena tidak semua hal yang orang lain katakan harus kamu terima dengan mentah-mentah.

Ingat! Zaman sekarang informasi bergulir dengan cepat dan kita telah mengenal istilah hoax. Jadilah pendengar yang bijak tanpa ikut menyebarkan infomasi yang tidak sesuai dengan faktanya.

Contoh memperkenalkan diri di pesta

Contoh 22:

A: Hi there! My name is Alex. What’s yours?
B: Hi Alex. I am Lisa. Have we met before?
A: I don’t think so. I just moved to this town.
B: Oh okay. I said that because your face looks familiar to me. 
A: Well, it’s nice to meet you. I am going to greet Dave (pengundang) now. Enjoy your time! See you around.
B: Okay. See you around.
A: Hai yang disana! Nama saya Alex. Siapa namamu?
B: Hai Alex. Saya Lisa. Apakah kita pernah bertemu sebelumnya?
A: Saya rasa tidak. Saya baru pindah ke kota ini.
B: Oh oke. Saya bilang begitu karena wajahmu tampak sering saya lihat.
A: Baiklah, senang bertemu denganmu. Saya akan menyapa Dave (pengundang) sekarang. Selamat menikmati! Sampai jumpa.
B: Oke. Sampai jumpa.

Contoh 23: diperkenalkan oleh seseorang kepada orang lain

Jack: Hi Ben! I’d like you to meet my old friend, Sarah. Sarah this is Ben, Ben this is Sarah.
Sarah: Hi Ben! Nice to meet you.
Ben: Hi Sarah! Nice to meet you too.
Sarah: Thanks! Enjoy the party.
Jack: Hai Ben! Aku ingin memperkenalkanmu kepada teman lamaku, Sarah. Sarah ini Ben, Ben ini Sarah.
Sarah: Hai Ben! Senang berjumpa denganmu.
Ben: Hai Sarah! Senang berjumpa denganmu juga.
Sarah: Terima kasih! Selamat menikmati pestanya.

Memperkenalkan diri dengan seseorang yang tampak familiar di cafe

Ada kalanya kita tidak sengaja bertemu dengan seseorang yang tampak begitu familiar bagi kita. Misalkan sebut saja kita bertemu dengan mereka di cafe. 

Daripada bingung dan cuma duduk diam tanpa berani menyapa, lebih baik hampiri dan perkenalkan diri untuk menghilangkan rasa penasaran.

Kamu bisa menyimak contoh berikut ini sebagai inspirasi.

Contoh 24:

Tom : Excuse me. Hello! You look so familiar to me. Have we met before?
Darcie: Really? I don’t know. Do you think we have met before?
Tom: I am Tom and I am working as an administrator in Stay Healthy Hospital.
Darcie: Well Stay Healthy Hospital. I think you saw me when I was taking care of my mom’s administration there. I am Darcie.
Tom: I knew I had seen you before. Great to meet you here.
Darcie: Yeah. It seems we both like Asian foods here.
Tom: I guess so. See you around.
Darcie: Sure. See you at the Hospital.
Tom: Permisi. Halo! Kamu terlihat sangat familiar bagi saya. Apa kita pernah bertemu sebelum ini?
Darcie: Benarkah? Saya tidak tahu. Apa menurutmu kita pernah bertemu sebelumnya?
Tom: Saya Tom dan saya bekerja sebagai administrator di Rumah Sakit Stay Healthy.
Darcie: Yah Rumah Sakit Stay Healthy. Saya pikir kamu melihat saya saat saya mengurus administrasi ibu saya di sana. Saya Darcie.
Tom: Makanya saya rasa saya pernah melihatmu sebelumnya. Senang bertemu denganmmu di sini.
Darcie: Iya. Sepertinya kita berdua suka makanan Asia di sini.
Tom: Saya rasa begitu. Sampai jumpa lagi.
Darcie: Tentu. Sampai jumpa di Rumah Sakit.

Percakapan diatas hanya sebagian kecil contoh saat tidak sengaja bertemu dengan seseorang yang tampak akrab.

Kamu mungkin menjumpai seseorang seperti itu di berbagai tempat lainnya seperti tempat wisata, perpustakaan, di jalan dan tempat-tempat umum lainnya. 

Memperkenalkan diri sebagai tetangga baru

Memperkenalkan diri saat baru saja pindah ke suatu lingkungan yang baru sangat penting. Mengapa penting? Sebab tetangga adalah orang asing terdekat yang mungkin sewaktu-waktu akan banyak kamu repotkan jika kamu memiliki masalah.

Oleh karena itu jangan sungkan untuk memperkenalkan diri sebagai tetangga baru. Hal kecil ini akan menguntungkanmu untuk jangka panjang.

Bila kamu ramah dan bisa menjalin hubungan yang baik dengan tetangga maka kamu akan lebih merasa lebih menyatu dengan masyarakatnya. 

Kamu bisa mendapat banyak informasi dari tetangga untuk banyak hal yang belum kamu ketahui tentang lingkungan sekitar. Seperti tempat untuk berbelanja misalnya, tetangga kamu pasti dapat menjawab permasalahan kamu dengan cepat.

Tidak ada etika khusus saat kamu baru pindah ke satu lingkungan yang baru tetapi kamu bisa melakukan hal-hal berikut sebagai pilihan.

  1. Mengunjungi tetangga yang rumahnya paling dekat atau jika tidak ada orang di rumah, kamu bisa meninggalkan pesan bahwa kamu baru saja pindah.
  2. Jika kamu cukup sibuk dan tidak ada banyak waktu, kamu bisa membuat catatan dan mengkopinya ke semua orang di sekitar tempat tinggalmu yang baru. Kenalkan dirimu dan keluargamu.
  3. Jika kamu orang yang suka bersosialisasi, kamu bisa mengadakan pesta dan mengundang orang-orang di sekitar. (tapi ingat protokol kesehatan Covid-19!)

Apa yang bisa kamu katakan

Jika kamu melihat tetangga akan pergi ke suatu tempat dengan membawa peralatan cricket dengan dua anak lelakinya, maka kamu bisa mendekatinya dan bertanya tentang cricket.

Kamu bisa bertanya dimana tempat untuk belajar satu kemampuan untuk anakmu. Tapi perhatikan, jika tetangga itu sedang buru-buru tinggalkan saja nomor teleponmu atau minta mereka mapir kapan-kapan.

Namun, tidak jarang juga tetangga yang penasaran akan kepindahanmu menghampiri lebih dulu untuk berbincang denganmu. Seperti dalam contoh berikut ini!

Perkenalan diri dalam bahasa inggris – Contoh 25:

Mrs. Walker: Hi! I see you’ve just moved in. Welcome to the neighborhood. I live next door.
Mrs. Hill: Oh, hi! Good to meet you. My name is Miyako Hill.
Mrs. Walker: Good to meet you, too. I am Anna Walker. I’ve been living here for 12 years. What do you do, Mrs. Hill?
Mrs. Hill: I am a nurse. I work at the XYZ clinic.
Mrs. Walker: Wow! What a noble job. I am a politician from the Green party. 
Mrs. Hill: Then you must be an influencer here.
Mrs. Walker: It’s great to have you as our neighbor, Mrs. Hill. Let me know if you need any help!
Mrs. Hill: Thank you, Mrs. Walker! That’s very generous of you.
Ibu Walker: Hai! Saya lihat anda baru saja pindah ke sini. Selamat datang di lingkungan ini. Saya tinggal di sebelah.
Ibu Hill: Oh, hai! Senang bertemu dengan anda. Nama saya Miyako Hill.
Ibu Walker: Senang bertemu dengan anda juga. Saya Anna Walker. Saya sudah tinggal di sini selama 12 tahun. Apa pekerjaan anda Bu Hill?
Ibu Hill: Saya seorang perawat. Saya bekerja di klinik XYZ.
Ibu Walker: Wah! Pekerjaan yang mulia. Saya seorang politisi dari Partai Hijau.
Ibu Hill: Maka anda mestilah seorang influencer di sini.
Ibu Walker: Senang memilikimu sebagai tetangga kami Bu Hill. Beritahu saya jika anda membutuhkan bantuan!
Ibu Hill: Terima kasih, Bu Anna! Anda sangat murah hati sekali.

Perkenalan diri dalam bahasa Inggris kepada orang tua teman

Bergaul dengan teman mungkin mudah, tetapi bergaul dengan orang tua teman mungkin sama sekali berbeda.

Kamu dapat membuat kesan yang baik pada orang tua temanmu jika kamu bersikap sopan, hormat, dan menarik.

Jika baru pertama kali bertemu dengan orang tua teman maka cobalah untuk bertindak se-baik dan sesopan mungkin. Penting juga untuk menghormati aturan yang ada di rumah mereka. Namun selama pertemanan anda baik dengan anaknya biasanya mereka juga baik denganmu.

Tips bertemu dengan orang tua teman untuk pertama kalinya

Berikut adalah beberapa tips yang bisa jadi referensi bagi kamu untuk bertemu dan berkenalan dengan orang tua teman.

1 – Gali informasi tentang orang tua temanmu melalui temanmu sendiri.

Sebelum kamu menemui orang tua temanmu, cobalah agar tidak menyinggung perasaan mereka secara tidak sengaja.

Jadi akan lebih baik jika kamu bisa bertanya dengan temanmu bagaimana kamu bisa membuat kesan pertama yang baik kepada mereka.

Hindari hal-hal yang tidak mereka sukai atau bertentangan dengan prinsip mereka. Misalnya mereka melarang anaknya untuk menjadikan seni sebagai hobi karena mereka ingin anaknya menjadi dokter. Maka jangan ungkit masalah seni.

Jika kamu mengetahui bahwa ayahnya seorang guru, mungkin kamu bisa bertanya tentang seputar menjadi guru kepadanya. Kamu bisa menggali kisah-kisah yang telah dilaluinya selama menjadi guru.

2 – Perkenalkan diri sesopan mungkin

Tersenyumlah bila bertemu dengan mereka dan cium tangan lebih baik (atau salam dari jauh mengingat dalam situasi epidemi covid-19).

Beritahu mereka nama kamu, bagaimana kamu kenal dengan anak mereka, apa yang biasa kalian lakukan dan lain sebagainya.

Perkenalan diri dalam bahasa inggris – Contoh 26:

“Hello, Mr. John. My name is Boy. Umar and I are studying in the same school. We have homework to do so we’ll be upstairs to work on it. It’s good to see you.”
“Halo, Pak John. Nama saya Boy. Saya dan Umar belajar di sekolah yang sama. Kami memiliki pekerjaan rumah yang harus dilakukan sehingga kami akan berada di lantai atas untuk mengerjakannya. Senang bertemu dengan anda.”
3 – Panggil mereka dengan bapak atau ibu

Jangan memanggil orang tua temanmu dengan namanya. Jika dalam budaya Indonesia biasanya kita memanggilnya dengan Bapak atau Ibu di depan namanya. Maka dalam budaya barat atau bahasa Inggris, kamu bisa menggunakan Mr. atau Mrs. diikuti dengan nama belakang mereka.

Beberapa dari mereka mungkin memintamu untuk memanggil nama depan saja. Jika mereka tidak masalah dengan hal itu maka boleh-boleh saja kamu memanggil mereka dengan nama depannya saja.

4 – Berpakaian yang sopan

Berpakaian rapi dan sopan tentu menjadi sorotan. Sesuaikan pakaian dengan kondisi dimana kamu akan bertemu dengan mereka.

Misalnya kamu tahu keluarga mereka adalah keluarga yang agamis, maka kamu mungkin lebih baik mengenakan pakaian yang lebih tertutup.

5 – Berbincang lebih jauh dengan mereka

Orang tua temanmu mungkin bertanya tentangmu lebih jauh. Selama kamu baik-baik saja, kamu bisa berbagi cerita tentang dirimu agar jadi lebih dekat.

Jika mereka berbagi cerita tentang diri mereka sendiri, maka bersikaplah tertarik dengan mengajukan pertanyaan.

Tidak berbicara tentang topik yang sensitif akan lebih baik agar tidak menyinggung perasaan mereka. 

Hindari pula menjawab dengan singkat atau setengah-setengah agar tidak mengundang prasangka yang tidak diinginkan.

Contoh perkenalan diri dalam bahasa Inggris kepada orang tua teman

Berikut adalah contoh perkenalan diri kepada orang tua teman yang bisa kamu jadikan referensi.

Contoh 27: jika kamu harus memperkenalkan diri sendiri

You : Hello, Mr. Brown. My name is Boy. Umar and I are studying in the same school. It’s good to see you.
Mr. Brown: Hi Boy! Umar has talked about you. It’s good to see you in person. Welcome to our home. Served yourself!
You: Thank you Mr. Brown.
Kamu: Halo, Pak Brown. Nama saya Boy. Saya dan Umar belajar di sekolah yang sama. Senang bertemu dengan anda.
Mr. Brown: Hai Boy! Umar sudah cerita tentang kamu. Senang melihatmu secara personal. Selamat datang di rumah kami. Anggap rumah sendiri!
Kamu : Terima kasih Pak Brown.

Contoh 28: jika temanmu memperkenalkan kamu

Umar (your friend): Mom, I want to introduce my friend. 
Mrs. Brown: Ok Dear.
Umar (your friend): This is Boy, my classmate in school and he is my close friend.
Boy (you): Hello Mrs. Brown. Nice to meet you. Thank you for welcoming me here. 
Mrs. Brown: Nice to meet you too, Boy. Please feel free whenever you want to come to our house.
Boy (you): Thank you, Mrs. Brown.
Umar (temanmu): Bu, Aku ingin memperkenalkan temanku.
Ny. Brown: Baik Sayang.
Umar (temanmu): Ini Boy, teman sekelasku di sekolah dan dia teman dekatku.
Boy (kamu): Halo Ny. Brown. Senang bertemu dengan anda. Terima kasih telah menerima saya disini.
Ny. Brown: Senang bertemu denganmu juga, Boy. Jangan sungkan-sungkan untuk datang kerumah kami kapan saja.
Boy (kamu): Terima kasih Ny. Brown.

Sekian beberapa contoh perkenalan diri dalam bahasa Inggris yang bisa kamu gunakan pada situasi dan tempat tertentu.

Belajar bahasa Inggris itu menyenangkan, apalagi belajar bersama Eng Breaking. Selamat belajar dan tetap semangat untuk meraih cita-cita.

Jika kamu memiliki kritik atau saran untuk artikel ini, jangan sungkan untuk memberikan komentar di kolom di bawah ini ya! Kritik dan saran yang membangun sangat kami butuhkan agar menjadi lebih baik kedepannya. Terima kasih!

Jangan lewatkan:

14 Cara Efektif dan Sederhana untuk Berbicara Bahasa Inggris

Latihan Mendengarkan Dan Berbicara Bahasa Inggris: 4 Langkah Untuk Melatih Refleks (SUPER CEPAT)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *