Belajar mandiri Komunikasi bahasa Inggris: Bagaimana saya menghidupkan kembali tekad belajar?

Apakah Anda seperti saya, terkadang mengalami hari-hari merasa “tersesat”, tidak ingin melakukan apa pun di dunia ini, tidak lagi tertarik pada tujuan apapun yang Anda lagi kejar? Apalagi dalam belajar, mood ini semakin sering terjadi “seperti makanan sehari-hari”.

Anda ingin berbicara seperti angin dengan orang asing?

pakah Anda bertekad untuk memahami lebih dari 3000 kosa kata dalam bahasa Inggris hanya dalam 3 bulan?

Anda sudah memiliki buku pegangan belajar mandiri komunikasi bahasa Inggris dari A-Z, jadi Anda sangat yakinlah dan percaya diri?

Namun hanya dalam satu catatan musik, tekad yang seperti paku itu ”tiba-tiba memudar dan menghilang! Duduk di meja belajar selama 30 menit – 1 jam akan membuat Anda merasa tertekan, lelah dan kehilangan semua motivasi.

Jangan khawatir karena inilah penderitaan kebanyakan orang. Yang terpenting adalah:

JANGAN MENEMUKAN JALAN KELUARNYA

PILIHLAH SATU JALAN

Apa jalannya? Saya akan berbagi di artikel untuk membantu Anda tetap termotivasi saat belajar komunikasi bahasa Inggris dan membuat perjalanan belajar menjadi lebih menarik dan mengasyikkan.

Sudah siap?

Tapi pertama-tama, cari tahu sedikit tentang Motivasi yah

Motivasi diciptakan oleh kombinasi dari 4 faktor berikut:

  • MENINGKATKAN kepercayaan pada ekspektasi yang ditetapkan
  • MENINGKATKAN nilai pencapaian tujuan Anda
  • MENGURANGKAN maksimum gangguan sesaat
  • MENGURANGKAN maksimum keterlambatan, dengan cara menetapkan tujuan yang singkat dan bisa diterapkan

Atau Anda bisa mengerti dengan sederhana:

MOTIVASI = ALASAN UNTUK MELANJUTKAN > ALASAN UNTUK MENYERAH

Ketika Anda gangguan atau menyerah pada tujuan Anda menaklukkan komunikasi bahasa Inggris, itu karena Anda memberikan diri Anda lebih banyak alasan untuk menyerah daripada alasan untuk melanjutkan.

Contohnya:

  • Mana perlu bicara dengan Barat tapi harus belajar banyak?
  • Cuti selama 1-2 hari, bagaimana melupakan pengetahuan ?
  • Belajar begitu banyak, tidak bisa sama orang yang kembali dari Barat selama beberapa bulan …

Oleh karena itu, untuk tetap termotivasi Anda, segera hentikan alasan menyerah dan tingkatkan alasan untuk terus mengejar tujuan Anda.

Khususnya apa? Baca terus!

Rahasia “tetap termotivasi” – Terapkan segera!

1. Menyingkirkan semua prasangka tentang belajar komunikasi bahasa Inggris

Ya, hal pertama yang harus dilakukan adalah menyingkirkan kesalahpahaman tentang belajar komunikasi bahasa Inggris.

  • Untuk belajar bahasa Inggris dengan baik, Anda harus memiliki berbakat.
  • Harus tinggal di lingkungan Barat baru berkomunikasi bahasa Inggris dengan baik.
  • Belajar bahasa Inggris mandiri masih jauh untuk baik seperti orang-orang di sekolah.

Kesalahpahaman tentang kesulitan ini adalah kuman pertama yang memberi Anda alasan untuk menyerah.

2. Ingat kembali atau buat tujuan baru – dijamin jelas dan bisa diterapkan

Ini adalah panduan Anda untuk menghilangkan penundaan dan tetap fokus pada tujuan.

  • Jika Anda tiba-tiba merasa tidak termotivasi atau bingung dan ingin menyerah, luangkan waktu untuk mengingat tujuan yang buat Anda mulai.
  • Jika tujuan Anda jauh dan besar – bagilah tujuan besar Anda menjadi tujuan kecil dan jangka pendek.
  • ika tujuannya ambigu atau tidak jelas – identifikasi tujuan-tujuan yang sespesifik mungkin (dengan data, waktu, metode …)

Agar bisa menetapkan tujuan yang cukup besar untuk merangsang diri Anda sendiri untuk maju, dan secukupnya agar tidak putus asa, kehilangan motivasi Anda, buatlah daftar nilai-nilai menarik yang akan Anda dapat ketika Anda mencapai tujuan Anda .

Sebagai contoh:

Daripada memberikan nilai-nilai umum yang ambigu: “Saya ingin belajar komunikasi bahasa Inggris dengan baik untuk lebih percaya diri” …
…mari tetapkan tujuan yang lebih spesifik:


Saya ingin [mendapatkan sertifikat / menyelesaikan kursus / berkomunikasi pada level mahir dengan orang asing, …] dalam [x] bulan

Contoh: Saya ingin menguasai 10 topik komunikasi dasar dalam 2 bulan.

Tujuan yang ditetapkan harus ada waktu, terukur, dan semakin spesifik, semakin Anda dekat untuk mencapainya

** Catatan:
Satu hal yang sangat penting saat menentukan tujuan adalah Anda harus bertekad nilai-nilai yang akan dicapai saat sukses. Begitu baru bisa membuat diri Anda lebih bersemangat, dan membantu Anda terus berpikir tentang menikmati hasil jika Anda memenuhi tujuan Anda.

Sekali lagi contoh di atas :

Saya ingin berbicara 20 topik komunikasi dasar dengan lancar dalam 5 bulan.

👉 Jangan: Biar saya membuat teman menyipitkan mata.
👉 Haruskah: Agar saya dapat perjalanan mandiri di Singapore, Hongkong … tepat musim panas ini tanpa khawatir tentang bahasa Inggris.

Penetapan tujuan yang jelas seperti ini juga menciptakan inspirasi yang baik.

3. Jadikan belajar komunikasi bahasa Inggris sebagai kebiasaan

Tidak peduli berapa banyak tujuan yang benar telah ditetapkan, dan banyak prospek positif yang ditarik, penundaan masih “menghancurkan” segalanya jika Anda tidak segera menjadikan belajar komunikasi bahasa Inggris menjadi sebuah kebiasaan!

Ada banyak cara bagi Anda untuk membawa pembelajaran bahasa Inggris ke dalam hidup Anda. Saya pernah memiliki aktivitas berikut:

  • Bangun di pagi hari: Baca koran online dalam bahasa Inggris. Saya suka sepak bola Premier League jadi saya membaca komentar di The Sun, Mirror … Beberapa surat kabar online di Vietnam seperti VnExpress, Vietnamplus juga memiliki versi bahasa Inggris, yang sangat nyaman untuk membaca berita domestik.
  • Pada siang hari, Anda bisa menikmati musik-musik dalam bahasa Inggris, membaca koran dalam bahasa Inggris di HP, atau mendengarkan radio di stasiun, di bus, atau di mana saja.
  • Saya sering bersantai (siang atau malam) dengan menonton acara bincang-bincang, series televisi dari Inggris dan Amerika .
  • Jika Anda punya waktu, Anda bisa menulis diary Anda dalam bahasa Inggris, atau Anda juga bisa membuat blog sendiri. Melunis Status di Facebook juga bagus, hal ini membantu Anda untuk lebih terbiasa berpikir dalam bahasa Inggris

Apakah butuh waktu lama untuk membentuk kebiasaan?

Menurut penelitian European Journal of Psychology, periode tersebut adalah 66 hari.

Jadi, biar jadikan belajar komunikasi bahasa Inggris sebagai kebiasaan, cobalah lakukan lagi dan lagi yang ini selama 66 hari. Kedengarannya lama, tapi hanya… 2 bulan. Berbalik-balik, terhat diri saya telah “makan dan tidur” dengan bahasa Inggris sebagai rutinitas sehari-hari.

Dan kemudian, setiap kali Anda kehilangan minat untuk belajar bahasa Inggris, ulangi pemicunya, motivasi belajar akan kembali kepada Anda.

4. Tandai kemajuan dari diri untuk meningkatkan kepercayaan diri

Dalam proses belajar komunikasi bahasa Inggris, berikan diri Anda kesempatan untuk berprestasi secara teratur. Prestasi kecil itu adalah dorongan yang luar biasa, memotivasi Anda dan membantu memperkuat kepercayaan diri.

Teresa Amabile, seorang dosen di Universitas Harvard dan juga penulis buku The Progress Principle, menyebutnya “Prinsip Kemajuan”. Artinya, ketika Anda menyaksikan diri Anda mengalami transformasi, bahkan sedikit peningkatan, itu adalah faktor penting untuk mendorong motivasi.

Jika ingin menandai kemajuan Anda setiap hari, tidak ada yang lebih baik daripada menyiapkan daftar periksa khusus. Saya tidak tahu apakah Anda pernah menggunakan daftar periksa, tetapi secara pribadi saya merasai, tanda centang ☑ atau ✔ membawa dorongan-dorongan yang sangat tertarik. Itu memberi saya perasaan: “Yayyyy selesai – tidak ada yang tersisa dan terganggu lagi”.

Anda juga harus meminiki tindakan mengakui diri sendiri untuk tidak akan merasa tertekan atau tidak berdaya setiap kali Anda mengalami kesulitan dalam mempelajari komunikasi bahasa Inggris.

Ada 4 langkah untuk membuat Daftar Periksa:

  • Langkah 1: Identifikasi tugas yang harus lakukan setiap hari
  • Langkah 2: Daftar langkah-langkah yang akan diambil (sedetail mungkin)
  • Langkah 3: Catatan dengan jelas hasil yang harus dicapai di setiap langkah
  • Langkah 4: Tandai selesai setiap kali Anda menyelesaikan 1 tugas

** Catatan:
Checklist sangat dibutuhkan datang dari pribadi Anda, kenyataan Anda karena tidak ada orang lain, Anda akan menjadi orang yang melihat diri Anda sendiri melalui rencana rinci ini.

Jadi, ikuti aturan 3 TIDAK di bawah ini:

  • TIDAK menyalin.Bisalah belajar atau mencari nasihat dari seseorang yang memiliki pengalaman, tetapi rencana itu harus menjadi milik Anda.
  • TIDAK terlalu banyak tugas atau mengatur diri Anda terlalu banyak hal untuk dilakukan sejak awal.
  • TIDAK membandingkan diri Anda dengan siapa pun, jangan sampai itu menghancurkan motivasi Anda untuk belajar komunikasi bahasa Inggris.

5. Gunakan metode yang menghilangkan 100% gangguan

Apakah Anda masih ingat saya telah menyebutkan salah satu dari empat prinsip dasar untuk menjaga motivasi belajar bahasa Inggris, yaitu meminimalkan faktor-faktor “inspirasi sesaat” yang mengganggu?

Jika Anda belajar komunikasi bahasa Inggris sendiri dan membutuhkan metode untuk menghilangkan semua gangguan dan gangguan, cobalah segera 3 cara fokus efektif berikut:

5.1. Jadwalkan selesaikan pekerjaan dengan metode Pomodoro:

Metode ini memiliki prinsip operasi yang sederhana “kerja – istirahat – kerja”. Karena keterkaitan yang logis ini, Pomodoro adalah metode yang sangat efektif dalam membantu kita lebih fokus pada pekerjaan utama.

Sebuah penelitian dari Federal Aviation Administration menemukan bahwa istirahat-istirahat singkat selama proses bekerja meningkatkan kesadaran dan konsentrasi kita hingga 16%.

Di bawah adalah cara menerapkan:

5.2. Kelola faktor-faktor gangguan

Identifikasi faktor-faktor yang mengganggu Anda, kemudian batasi penggunaan Anda dan uruslah. Misalnya:

  • Matikan telepon, atau biarkan mode penerbangan aktif selama pelajaran bahasa Inggris
  • Matikan wifi, 3G, 4G jika perlu
  • Simpan buku, cerita, dan koran dengan rapi di atas meja agar tidak terlihat
  • Buat daftar gangguan untuk ditangani nanti

Tahukah Anda bahwa setelah teralihkan, dibutuhkan rata-rata 25 menit untuk kembali ke pekerjaan semula? Secara khusus, mengalihkan perhatian dari satu hal ke hal lain juga mengganggu konsentrasi.

Jadi, kapan pun Anda memikirkan sesuatu yang tidak terkait dengan belajar bahasa Inggris, tuliskan di selembar kertas di sebelahnya (atau buat catatan di aplikasi Evernote), untuk fokus sepenuh hati pada pembelajaran, hingga istirahat akan diselesaikan nanti.

5.3. Belajar selagi energinya melimpah

Selama satu hari, Anda akan mengalami satu atau lebih momen paling energik. Prioritaskan waktu itu untuk mempelajari bahasa Inggris percakapan atau mempelajari / mempraktikkan keterampilan yang paling sulit. Tingkat energi tinggi itulah yang akan membantu Anda mengatasi stagnasi karena harus belajar dan menyelesaikannya lebih cepat daripada saat energi Anda turun.

5 tips yang bisa langsung diterapkan dan selalu di atas sudah cukup bagi Anda untuk menemukan, menyadarkan dan “menjaga api” termotivasi saat belajar komunikasi bahasa Inggris?

Banyak dari Anda masih belum merasa puas. Terutama mereka yang ingin berhenti belajar bahasa Inggris karena alasan emosional: Bosan, karena minat, bosan sampai-sampai tidak ada motivasi untuk menabung

Ya, sebagai mantan mahasiswa Sastra, saya bersimpati dengan perasaan itu. Karena banyak orang baru termotivasi saat merasakan inspirasi. Mereka merasa acuh tak acuh dan acuh tak acuh terhadap tujuan yang sangat spesifik yang telah mereka tetapkan, bukan hanya karena kurangnya motivasi tetapi juga kurangnya inspirasi untuk melakukannya.

Maka jangan ragu untuk mendengarkan saya membagikan tips “pengisian” yang lebih menarik untuk memompa lebih banyak motivasi untuk belajar komunikasi bahasa Inggris!

3 tips untuk menginspirasi pembelajaran komunikasi bahasa Inggris

1. Pikirkan cara-cara baru untuk belajar

Keuntungan ketika Anda belajar komunikasi bahasa Inggris sendiri di rumah adalah Anda dapat menciptakan cara belajar, atau mendekati masalah lain, untuk belajar tidak membosankan.

Sebelumnya, saya tidak memikirkan cara baru untuk belajar , tetapi kebetulan adik perempuan saya “kecanduan” acara Disney Channel. Dia selalu ingin saya untuk “berakting” bersama dan tentu saja, saya harus meniru ucapan dan sikap bahasa tubuh karakter tersebut.

Saya harus bermain sebagai Elsa di Frozen, kadang-kadang sebagai Hannah Montana, ketika saya harus “menyamarkan” Maleficent of the dark fairy Maleficent … Saya juga tidak pikir bahwa bermain dengan adik perempuan saya membuat saya belajar mengucapkan lebih baik, tanpa harus melatih dengan mulut seperti burung beo, bahasa tubuh juga jelas dan alami dalam gaya “sebaik seperti Barat”. Hasilnya, dalam ujian komunikasi akhir semester mata kuliah Bahasa Inggris di Universitas, saya mendapat nilai A – tertinggi di grup karena kemampuan akting saya yang mengesankan (1 menit untuk iklan!)

Mengatakan itu untuk tahu, Anda bisa menghabiskan waktu bermain dengan bahasa Inggris, bukan hanya belajar atau persiapan ujian. Biarkan pikiran Anda muncul banyak pendekatan cara baru untuk berkomunikasi yang lebih baik.

  • Akting seperti saya.
  • Cari tahu kisah nyata – fakta nyata tentang belajar komunikasi bahasa Inggris telah sukses
  • Pegang shower dan berpura-pura menjadi mikrofon, Membangun “live show” menyanyi dalam bahasa Inggris sambil mandi
  • Tonton video motivasi dan tekad segera
  • Menggoda seorang teman Barat yang imut (obrolan / teks / telepon …)
  • Siapkan halaman Facebook Anda sendiri sebagai tempat untuk belajar bahasa Inggris (Pengaturan bahasa dari Indo ke Inggris)

… Dll

Semuanya sangat sederhana, tetapi dapat menciptakan efek yang luar biasa untuk pembelajaran komunikasi bahasa Inggris Anda!

Ini adalah sertifikat A2 dari acara Busuu yang diraih oleh ibu Nam Phuong, sudah berumur lebih 50 tahun ini, meskipun telah buang bahasa Inggrisnya hampir 20 tahun!

Temukan lebih banyak kisah sukses untuk mengetahui bahwa Anda tidak sendiri dan selalu ada cara untuk semua kesulitan yang Anda hadapi!

**Catatan:

Cara-cara ini sebaiknya hanya digunakan sebagai tambahan pada metode pembelajaran bahasa Inggris Anda. Jangan mengubah cara belajar secara terus menerus, mudah menimbulkan gangguan, ketidakefektifan, dan waktu.

2. Cari hubungan antara komunikasi bahasa Inggris dengan gairah Anda

Orang-orang yang sering kehabisan inspirasi pasti punya hobi yang kuat. Saya tahu, karena saya juga begitu!

Saya suka menonton film dan show TV Amerika. Saya juga menyukai bermain game. Untungnya, kedua hobi ini telah banyak membantu saya meningkatkan keterampilan mendengarkan – berbicara – membaca dalam bahasa Inggris.

Sudah menjadi gairah, Anda tidak pernah bosan saat terus-menerus berhubungan dengannya.

Sudah menyukai film, menonton puluhan kaki semua 10 bagian dari film “Friends” , tidak masalah ?

Saya gabungkan belajar kosakata dalam kegiatan ini. Sekarang saya menonton Friends tidak perlu subtitle bahasa Inggris atau bahasa indo- karena telah menghafal dialognya, kosa kata dan idiom.

Anda juga bisa menoton beberapa show TV Inggris-Amerika yang menarik untuk belajar bahasa Inggris seperti: Talkshow oleh Jimmy Fallon, Jimmy Kimmel; MasterChef … Keuntungannya adalah percakapan, wawancara sangat menarik, kemampuan berimprovisasi fleksibel dan lucu. Kekurangannya adalah biasanya tidak ada subtitle bahasa Inggris jika dilihat di Youtube.

** Catatan:

  • Jangan memilih film laga dengan kualitas dialog yang sedikit, juga tidak boleh menonton film psikologis, karena bisa membuat Anda merasa berat, tidak memiliki efek melatih keterampilan komunikasi, lebih mudah putus asa.
  • Ketika belajar komunikasi bahasa Inggris dengan hobi Anda, Anda harus menjaga diri Anda sendiri, jangan sampai Anda cepat jatuh ke dalam menonton film, menonton show TV, bermain game lebih daripada belajar!

Bahasa Inggris adalah bahasa universal, sumber hiburan semuanya ada hadir bahasa Inggris. Oleh karena itu, gabungkan gairah dan hobi Anda dengan belajar bahasa Inggris tidaklah sulit! Bagikan dengan saya di bawah komentar.

3. Do something – Harus melakukan sesuatu

Kehilangan motivasi? – Ada 5 tips untuk menciptakan dan memelihara motivasi

Apakah Anda terinspirasi? – Saya telah membagikan 2 tips

… dan Anda tidak bisa lewatkan tip ketiga ini. Tanpanya, Anda tidak akan mendapatkan apa pun dari inspirasi atau motivasi.

Sederhananya: JANGAN MALAS!

Bahkan jika Anda merasa sangat menyerah, merasa frustrasi, lakukan sesuatu – “do something”!

  • Bacalah buku komik.
  • Kamu bisa tidur.
  • Kamu bisa memakannya.
  • Berjalan-jalan tidak apa-apa.

Tetapi harus berkomitmen untuk:

Setelah [membaca cerita/tidur/makan/main], kita akan [belajar 5 kata baru/mendengarkan 3 podcast/membaca transkrip]

** Catatan:

  • Pikirkan hal-hal ini hanya sebagai cara istirahat Anda, untuk menyegarkan kembali kekuatan untuk pembelajaran bahasa Inggris, bukan sesuatu yang akan sering terjadi, mempengaruhi pembelajaran.
  • Mencatat ke checklist semua hal-hal ini, dan centang checked saat selesai.

Pikirkan SELESAI, terus lakukan tugas lain dalam checklist.

Ketika saya masih SMA, ketika saya terjebak dengan topik Sastra, guru saya sering berkata:

“Jika Anda duduk dan menggigit pena dan membiarkan kertas kosong, Anda tidak dapat memikirkan apa pun selamanya. Jika Anda hanya menuliskan sesuatu, otak Anda akan mengambil langkah selanjutnya.”

Dan sampai hari ini, saya selalu mengikuti nasihat itu. Tindakan itu sendiri akan menginspirasi pemikiran dan ide baru, untuk menuntun kita pada cara untuk memecahkan masalah hidup.

Jangan biarkan resolusi, sasaran, rencana aksi Anda berada di kepala Anda atau di halaman, mengubah semuanya menjadi tindakan.

EPILOG

Soalnya, dengan kurang dari 10 tips untuk memotivasi dan menginspirasi, saya terus menerapkannya setiap hari untuk mempelajari bahasa apa pun dengan baik, bukan hanya komunikasi bahasa Inggris.

Dan sekarang giliran Anda!

Mulailah berlatih segera jika Anda menemukan motivasi Anda, inspirasi Anda menghilang.

Dan apakah Anda bersemangat dan penuh motivasi untuk menguasai komunikasi bahasa Inggris ?

Mendaftarlah untuk menemukan panduan belajar mandiri ini segera untuk mendapatkan instruksi dari A-Z.

P/s: Setiap Like & Share juga menjadi motivasi besar bagi saya untuk berbagi lebih banyak pengalaman! Jika itu membantu, jangan lupa untuk “memotivasi” saya. Terima kasih untuk keluargaku.

Dengan Eng Breaking, kami percaya bahwa: hanya latihan mendengarkan, berbicara, dan menggabungkan mendengarkan - berbicara menjadi refleks. Anda akan percaya diri berbahasa Inggris hanya setelah 3 bulan belajar mandiri..

Cari tahu sekarang metode belajar mandiri Eng Breaking Lancar berkomunikasi bahasa Inggris hanya setelah 3 bulan belajar mandiri

1189 Komentar
 
  • Lucky Herawati

    Lega rasanya, saya sudah dapat didukung oleh Eng Breaking. Banyak kata-kata baru yang saya peroleh. Cara yang saya gunakan, selain melakukan sesuai arahan Eng Breaking, saya juga mencatat sendiri kata-kata baru dalan buku rencana aksi. Sebelum saya memulai lesson berikutnya, saya ulang-ulang kata-kata baru tersebut. Dengan demikian saya benar-benar memahami isi cerita dari setiap lesson (banyak cerita yang lucu-lucu).

    MenyukaiRespon1 hari
  • Annis

    Hal yang terasa dari kemajuan saya adalah saya sudah berani menulis chatting dalam bahasa Inggris dengan menggunakan istilah-istilah yang ada di berbagai lessons. Kepada mahasiswa dan sesama dosen, sekarang saya menggunakan bahasa Inggris

    MenyukaiRespon1 hari
  • Agung Pramudita

    Apakah mudah dipelajari? Karena saya sering bosan atau berhenti di tengah-tengah

    MenyukaiRespon20 jam
  • Yohana

    Mudah dipelajari, ada instruksi setiap hari, selangkah demi selangkah, kontennya sudah sesuai dengan topik harian, saya juga telah belajar selama satu setengah bulan, sekarang walau komunikasi blm terlalu lancar, setidaknya tidak takut berbicara bahasa Inggris lagi

    MenyukaiRespon2 menit
  • Sitti Rahmah Umniyati

    Belajar di Eng Breaking, seperti mendapat harta karun. Betapa tidak, karena bertahun-tahun sampai di usia pensiun, saya belum menemukan metode Bahasa Inggris yang dapat mengatasi masalah saya yaitu kurang percaya diri dan merasa alergi untuk berkomunikasi dengan native speaker. Ini benar-benar terapi yang jitu untuk mengatasi permasalahan saya di listening, dan speaking. Alhamdulillaahi rabbil 'aalamiin.

    MenyukaiRespon1 hari
  • Anastasia Welerubun

    Kumpulan buku Eng Breaking juga super indah + isi buku sangat bagus dan praktis, memiliki instruksi terperinci lengkap, saya sudah belajar sekitar 2 minggu dan merasakan kemajuan yang nyata

    MenyukaiRespon1 hari
  • Dioza

    Set lengkap ada apa aja?

    MenyukaiRespon5 jam
  • Ririn

    Setnya termasuk buku2, akun online, aplikasi dan bahkan lebih banyak hadiah. Sangat lengkap ^^!

    MenyukaiRespon15 menit
  • Lokita Dewi

    Buku ini sangat cocok bagi mereka yang blm memiliki dasar-dasarnya bhs Inggris seperti saya. Baru saja belajar, saya merasa mendengarkan dan pengucapan saya lebih baik, dan saya tahu lebih banyak kosakata dan pertanyaan umum dalam bhs Inggris. Buku ini sangat mudah dipelajari dan sederhana. Belilah dan memastikan bahwa anda akan melihat perbedaannya setelah menyelesaikannya. Tapi harus berusaha, berlatih keras juga ya!

    MenyukaiRespon1 hari
  • Sitti Rahmah

    Menurut saya pelajaran lumayan ok, sepertinya cocok untuk yang malas baca buku, malas hapal seperti saya, desainnya juga lumayan cantik dan mudah di pahami.

    MenyukaiRespon1 hari
  • Vinia Sintia

    Baru 2 minggu belajar, cara bicara bahasa inggrisku yg dulu kaku sekarang sudah mulai baik ..anakku juga memuji ibunya katanya cara bicaranya sdh mulai luwes dan lancar...aku senang sekali bertemu dengan Eng breaking

    MenyukaiRespon1 hari
  • Nurhaya Beeca

    Saya cukup puas dengan produknya. Barang yang dikemas dengan hati-hati, pengiriman tepat waktu, dan kualitas buku juga bagus. Sampul dan isi buku cukup berwarna dan mudah dibaca. Saya berharap mempelajari buku ini saya akan memenuhi tujuan yang telah ditetapkan..

    MenyukaiRespon1 hari

Dengan Eng Breaking, kami percaya bahwa: hanya latihan mendengarkan, berbicara, dan menggabungkan mendengarkan - berbicara menjadi refleks. Anda akan percaya diri berbahasa Inggris hanya setelah 3 bulan belajar mandiri..

Cari tahu sekarang metode belajar mandiri Eng Breaking Lancar berkomunikasi bahasa Inggris hanya setelah 3 bulan belajar mandiri