Belajar Bahasa Inggris Dengan Tujuan Jelas – Metode Belajar Mandiri Paling Efektif [2021]

Inilah panduan menerapkan belajar bahasa Inggris dengan tujuan jelas – Metode belajar mandiri paling efektif hingga saat ini.

Metode ini akan membantu Anda memecahkan masalah yang Anda temui saat belajar bahasa Inggris, termasuk:

  • Bagaimana menetapkan tujuan dan memenuhinya dalam pembelajaran bahasa Inggris?
  • Bagaimana cara mempertahankan fokus?
  • Bagaimana cara mendeteksi kesalahan dan memperbaikinya?
  • Bagaimana agar tetap termotivasi saat belajar bahasa Inggris?

Dan semua yang Anda butuhkan untuk sukses.

Temukan sekarang!

Apa Belajar bahasa Inggris dengan tujuan jelas?

Pembelajaran bahasa Inggris bertujuan adalah metode pembelajaran bahasa Inggris berdasarkan Praktik yang Disengaja (Deliberate Practice) dari profesor psikologi terkenal di Florida State University – Anders Ericsson.

Metode ini memiliki 6 karakteristik dasar berikut:

  1. Ada tujuan yang jelas, spesifik. Contoh: Berlatih berbicara bahasa Inggris selama 30 menit sehari.
  2. Tetapkan serangkaian langkah kecil untuk mencapai tujuan jangka panjang: Bagilah tujuan jangka panjang Anda menjadi beberapa langkah kecil untuk dikerjakan; dan fokus pada setiap langkah.
  3. Fokus: Anda tidak akan meningkat banyak jika Anda tidak fokus pada tugas secara keseluruhan. Kualitas akan jauh lebih baik daripada kuantitas.
  4. Umpan balik: Anda harus tahu apakah Anda melakukan hal yang benar atau tidak, dan jika tidak, di mana kesalahan Anda?
  5. Minta tiap orang harus keluar dari zona nyamannya. Ini adalah persyaratan paling mendasar dan penting dari semua jenis latihan: jika Anda tidak memaksakan diri keluar dari zona nyaman, Anda tidak akan pernah meningkat.
  6. Tetap termotivasi selama latihan: Hal yang dibutuhkan dan penting bagi Anda terus bergerak maju dan meningkatkan diri setiap hari.

Dan sekarang, adalah langkah-langkah untuk menggunakan pembelajaran bahasa Inggris yang disengaja untuk membantu Anda mengubah keterampilan bahasa Inggris selamanya (once and for all).

Langkah 1: Tentukan tujuan pembelajaran bahasa Inggris yang jelas dan spesifik untuk membantu Anda meningkatkan peluang keberhasilan

Sebuah studi di Universitas Harvard menemukan bahwa 3% lulusan MBA dengan tujuan tertulis, memiliki total pendapatan sepuluh kali lebih banyak daripada gabungan 97% lainnya (siswa tanpa tujuan atau memiliki tujuan, tetapi jangan menuliskannya), sepuluh tahun setelah lulus.

Dan berikut adalah langkah-langkah bagi Anda untuk menetapkan tujuan pembelajaran bahasa Inggris yang jelas dan spesifik untuk Anda dengan prinsip SMART.

  • S = Specific (Perinci): Tujuan belajar bahasa Inggris harus jelas dan spesifik, menunjukkan keinginan Anda yang sebenarnya. Alih-alih: “Saya ingin meningkatkan komunikasi bahasa Inggris saya”; Tolong katakan: “Saya ingin bisa berkomunikasi dengan nyaman dalam bahasa Inggris dengan orang asing dalam 5 menit.”
  • M = Measurable: Tujuan belajar bahasa Inggris harus memiliki angka tertentu … untuk dapat mengukur tingkat ketuntasan. Contoh: Saya perlu menghabiskan setidaknya 1 jam per hari untuk belajar dan berlatih bahasa Inggris.
  • A = Achievable: Anda perlu memastikan bahwa tujuan belajar bahasa Inggris Anda dapat dicapai, tidak terlalu sulit atau terlalu mudah.
  • R = Relevan (Relevant) atau Realistis: Dengan tujuan pembelajaran bahasa Inggris yang berorientasi pada kehidupan, akan lebih mudah untuk fokus pada kemajuan dan kesempurnaan. Misalnya, saya ingin berbicara bahasa Inggris dengan lancar sehingga saya dapat berkomunikasi dan bernegosiasi secara adil dengan mitra asing saya.
  • T = Tepat Waktu (Batas waktu): Tujuan belajar bahasa Inggris harus selalu memiliki tenggat waktu tertentu. Dengan cara ini Anda akan menyelesaikan lebih cepat dan memiliki lebih disiplin untuk mencapai tujuan Anda tepat waktu.

Anda memiliki tujuan yang jelas dan spesifik.

Sekarang mari kita lanjutkan ke langkah 2.

Langkah 2: Bagilah tujuan Anda menjadi langkah-langkah kecil yang mudah dicapai

Perjalanan bahasa Inggris Anda bisa memakan waktu berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun.

Uraikan perjalanan belajar bahasa Inggris Anda menjadi langkah-langkah spesifik yang dapat dilacak dan mudah diselesaikan setiap langkah kecil harian.

Dan sekarang, saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana menguraikan tujuan Anda secara efektif.

Dengan tujuan sebagai berikut:

Saya dapat berkomunikasi dan berbicara dengan orang asing dengan percaya diri setelah 3 bulan.

Yang pertama: Anda perlu menentukan, apa yang harus Anda lakukan untuk bisa mencapai tujuan Anda.

  • Berlatih mendengarkan?
  • Berlatih berbicara?
  • Pelatihan refleks?

Setelah pendaftaran selesai, jawab pertanyaan Anda sendiri: apakah Anda sudah cukup melihat dan apakah Anda perlu menambahkan sesuatu lagi?

Jika jawabannya: tidak, teruskan daftar sampai Anda puas dan lanjutkan ke bagian berikutnya.

Pilih kurikulum yang tepat sehingga Anda dapat melatih keterampilan yang telah Anda identifikasi.

Gunakan Google untuk mengumpulkan, mensurvei informasi, dan memilih apa yang tepat untuk Anda.

Terakhir, Anda perlu menentukan jumlah pekerjaan yang harus diselesaikan setiap hari.

  • Berapa lama Anda harus berlatih mendengarkan?
  • Berapa kali Anda harus berlatih berbicara? Sesuai dengan berapa kalimat?
  • Bagaimana Anda akan berlatih refleks? Dengan siapa?

Pada langkah ini, Anda perlu membuat daftar sedetail mungkin. Setelah Anda memiliki beban kerja yang harus Anda selesaikan setiap hari, tinjau berapa banyak waktu yang dapat Anda atur untuk belajar bahasa Inggris.

Jika Anda tidak dapat menjadwalkan waktu sebanyak itu, Anda mungkin harus menyesuaikan tujuan awal Anda. Pada akhirnya Anda akan memiliki tujuan yang bisa diterapkan dan langkah-langkah harian yang bisa diterapkan.

Dan sekarang, mari lanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah 3: Pertahankan fokus – Kualitas jauh lebih baik daripada kuantitas

Ingat: Kualitas jauh lebih baik daripada kuantitas.

Menghabiskan 30 menit sehari untuk belajar bahasa Inggris dengan konsentrasi 100% masih jauh lebih baik jika Anda menghabiskan 1-2 jam tetapi terganggu oleh pekerjaan lain.

Jadi, bagaimana Anda bisa fokus saat belajar bahasa Inggris?

Dalam lingkup artikel ini, saya akan berbagi dengan Anda 3 tip sederhana untuk menjaga fokus (terutama cara 3 paling efektif – saya sering menggunakannya).

Tip 1: Tetapkan kerangka waktu tetap untuk belajar bahasa Inggris

Biasanya, mempromosikan diri Anda untuk belajar bahasa Inggris sudah sangat sulit.

Ketika ada gangguan lain, Anda akan terus tergoda untuk melakukan sesuatu yang lain dan membenarkannya dengan mengatakan pada diri sendiri bahwa itu sangat mendesak.

Jika begitu sering, waktu yang Anda habiskan untuk belajar bahasa Inggris secara bertahap akan berkurang. Segera, program latihan Anda akan menemui jalan buntu.

Menyurvei lebih dari 167.300 pelajar yang telah berhasil menaklukkan bahasa Inggris, berikut adalah waktu paling ideal untuk pembelajaran bahasa Inggris mereka:

  • Pagi, setelah bangun tidur: 6 – 7 pagi.
  • Siang, setelah istirahat makan siang: 12-1pm.
  • Malam hari, sebelum waktu tidur: 9-10 malam.

Dan mereka telah merencanakan, mengatur segalanya untuk tidak melakukan apa-apa pada waktu itu, semuanya memberi jalan untuk belajar bahasa Inggris.

Penentuan jangka waktu tertentu dan tetap itu akan menciptakan kebiasaan dan kewajiban; membuat Anda cenderung tidak tergoda oleh hal lain.

Dan sekarang giliran Anda untuk mengatur jadwal belajar bahasa Inggris yang sesuai untuk Anda.

Tip 2: Hilangkan gangguan yang mengganggu pembelajaran bahasa Inggris Anda

Jika Anda mudah terganggu oleh telepon Anda, matikan.

Atau lebih baik lagi: matikan dan pindah ke ruangan lain.

Jika Anda sering teralihkan atau terganggu di penghujung pagi dan merasa sulit untuk bangun pagi untuk belajar bahasa Inggris, Anda dapat memindahkan jadwal kelas Anda hingga penghujung hari – saat Anda tidak diganggu atau terganggu oleh tugas. lain.

Jika Anda mudah terganggu oleh suara tangisan bayi atau suara teman sekamar Anda yang berbicara di telepon …

… Anda dapat pergi ke ruangan lain – atau memakai headphone untuk menciptakan ruangan yang mandiri dan tenang untuk diri Anda sendiri.

Matikan layar Facebook, alat obrolan, … atau gangguan lain Anda.

Tip 3: Metode Pomodoro membantu Anda selalu bersenang-senang belajar bahasa Inggris

Metode Pomodoro sederhana adalah:

  • Pilih kategori bahasa Inggris yang perlu Anda selesaikan
  • Atur alarm selama 25 menit
  • Berkonsentrasi pada belajar dalam 25 menit itu tanpa terganggu oleh faktor apa pun.
  • Berakhir 25 menit, istirahat 5 menit.
  • Lanjutkan putaran seperti itu sampai pekerjaan selesai.

Catatan: Jika bisa membuat 4 pomodoro, istirahatlah sekitar 15-20 menit.

Mengapa metode ini paling efektif?

Hanya karena prinsip Pomodoro tumpang tindih dengan ritme Ultradian manusia.

Penelitian Peretz Lavie tentang ritme Ultradian menunjukkan bahwa periode produktif yang panjang diikuti dengan istirahat singkat disinkronkan dengan siklus energi manusia, dan karenanya memungkinkan kita untuk mempertahankan tingkat konsentrasi dan energi yang tinggi sepanjang hari.

Dengan mengikuti metode ini, Anda dapat sepenuhnya mempertahankan kemampuan untuk bekerja dengan sangat fokus – efisiensi maksimum saat belajar bahasa Inggris setiap hari.

Langkah 4: Terus kumpulkan umpan balik sehingga Anda tahu apakah Anda berlatih dengan benar atau tidak, dan jika tidak, di mana kesalahan Anda?

Ini adalah langkah terpenting saat belajar bahasa Inggris dengan tujuan.

Akan sangat buruk jika Anda melakukannya dengan salah dan terus berjalan!

Jangan khawatir, ada dua cara untuk mengatasi masalah ini.

Cara pertama, Anda membutuhkan pelatih.

Orang tersebut dapat terus memberi Anda umpan balik yang tepat waktu dan tepat, menunjukkan kepada Anda apa yang Anda lakukan dengan baik – atau jika itu salah, di mana kesalahannya, bagaimana memperbaikinya.

Sisi negatif dari pendekatan ini adalah: Anda harus mengeluarkan biaya tambahan, atau menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk menemukan pelatih yang tepat untuk Anda.

Jika Anda tidak memiliki pelatih, Anda dapat menggunakan cara kedua: Gunakan visualisasi di kepala Anda untuk memantau diri sendiri, mendeteksi kesalahan dan menyesuaikannya.

Anda hanya dapat membentuk gambaran mental yang efektif ketika mencoba meniru apa yang telah dilakukan penutur asli: bagaimana mereka mengucapkan, bagaimana mereka mengekspresikan intonasi dan emosi saat berkomunikasi, …

Metode terobosan membatasi diri melalui perspektif ilmu otak.

Misalnya, ketika Anda berlatih berbicara bahasa Inggris: berlatih berbicara berulang kali sebuah percakapan membantu Anda meningkatkan keterampilan Anda jauh lebih cepat daripada berlatih banyak dialog yang berbeda.

  • Setiap kali Anda mendengarkan dan berlatih berbicara, Anda akan mengenali beberapa kesalahan yang Anda buat sendiri dengan suara atau kata tertentu – membuat Anda salah mengucapkannya.
  • Anda menemukan alasan kesalahan ini.
  • Anda mencoba lagi dengan cara yang baru dan lebih baik dan lagi dan lagi.

Ini adalah proses di mana Anda mengembangkan visualisasi di kepala Anda.

Visualisasi dalam pikiran selalu terkait erat dengan tindakan, bukan hanya pikiran.

Dan ini adalah praktik ekstensif yang bertujuan menciptakan kembali produk asli, menciptakan visualisasi yang semakin akurat di kepala.

Langkah 5: Keluar dari zona nyaman Anda untuk perbaikan berkelanjutan

Keluar dari zona nyaman berarti mencoba melakukan sesuatu yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya.

Jika Anda tidak mendorong diri Anda keluar dari zona nyaman, Anda tidak akan pernah meningkat. Jika Anda tidak mencoba melakukan lebih dari apa yang sudah mudah bagi Anda, Anda tidak akan berhasil.

Saat belajar bahasa Inggris dengan sengaja, Anda perlu:

  • Mendorong diri keluar dari zona nyaman yang melekat.
  • Lakukan pelatihan yang disengaja untuk meningkatkan keterampilan satu per satu.
  • Anda meningkatkan ke tingkat tertentu – Anda akan terjebak. Anda menemukan keterampilan Anda tidak tumbuh lebih cepat.
  • Kemudian Anda harus terus mendorong diri Anda keluar dari zona nyaman Anda lagi, dan lagi dan lagi.

Ketika Anda mulai belajar bahasa Inggris, Anda merasa sangat sulit untuk mendengar – memahami orang asing yang berbicara bahasa Inggris. Anda hampir tidak mendengar apa-apa.

Saat ini, Anda menghadapi hambatan pertama dalam keterampilan mendengarkan bahasa Inggris.

Tapi teruslah berlatih mendengarkan bahasa Inggris, mendengarkan terus menerus. Mendengarkan 5 kali tidak mengerti, mendengarkan 7 atau 9 kali lebih banyak, bahkan mungkin lebih.

Setelah setiap latihan mendengarkan, bandingkan apa yang Anda dengar dengan naskah pelajaran menyimak, belajar dari pengalaman; lalu terus dengarkan lagi.

Berlatih terus-menerus, Anda akan secara bertahap mendengarkan – memahami percakapan bahasa Inggris yang paling sederhana. Pada saat itu, Anda telah meningkatkan keterampilan mendengarkan bahasa Inggris Anda.

Namun, untuk terus membuat kemajuan nyata, Anda harus terus keluar dari zona nyaman: mendengarkan topik bahasa Inggris yang lebih maju, mendengarkan bahasa Inggris dengan lebih cepat.

Keluar dari zona nyaman secara terus menerus, Anda akan mengambil langkah lebih lanjut.

Langkah 6: Tetap termotivasi untuk sukses

Apa yang membedakan pelajar bahasa Inggris dari yang paling sukses adalah kemampuan mereka untuk unggul dalam mempertahankan upaya akademis, terlepas dari kebosanan dan godaan untuk melakukan aktivitas lain yang lebih menarik.

Anda bertekad dan segera mulai belajar bahasa Inggris dengan energi tinggi.

Tetapi, hanya setelah beberapa hari yang singkat, kenyataan menghantam Anda: sulit untuk menyediakan waktu untuk latihan.

Dan Anda mulai mengabaikan belajar bahasa Inggris.

Ada banyak… banyak orang yang mengalami masalah ini ketika mereka pertama kali belajar bahasa Inggris (bukan hanya Anda).

Lantas, bagaimana cara menjaga motivasi belajar bahasa Inggris dengan sengaja?

Ada 2 faktor yang mempengaruhi motivasi:

  • Alasan untuk melanjutkan
  • Alasan untuk menyerah

Ketika Anda menyerah pada sesuatu yang benar-benar ingin Anda lakukan pada awalnya, itu karena alasan menyerah melebihi alasan untuk pergi.

Jadi agar tetap termotivasi, Anda perlu memperkuat alasan pindah dan melemahkan alasan berhenti.

Berikut adalah beberapa saran saya untuk membantu Anda merongrong alasan untuk menyerah dan memperkuat alasan untuk melanjutkan:

  • Jadwalkan latihan Anda pada waktu yang tetap: Perencanaan yang baik akan membantu Anda menghindari banyak godaan untuk menyia-nyiakan waktu latihan harian Anda.
  • Hilangkan gangguan (aplikasi telepon, pemberitahuan pesan dari browser web…) untuk fokus pada belajar bahasa Inggris dengan tujuan.
  • Cukup tidur dan mẹnaga kesehatan untuk menjaga tubuh tetap terjaga, penuh energi untuk belajar dan bekerja.
  • Batasi waktu latihan untuk menghindari depresi dan terapkan pomodoro agar tetap fokus selama jangka waktu tersebut.
  • Percaya bahwa Anda bisa berhasil: Sebelum menyerah, berjanjilah pada diri sendiri: Anda akan melakukan apa pun untuk kembali ke bentuk sebelumnya, dan kemudian Anda bisa menyerah. Kemungkinan besar, Anda tidak ingin menyerah lagi.
  • Bergabunglah dalam pertemuan kelompok belajar bahasa Inggris yang aktif dan disengaja dengan orang-orang yang mendorong, mendukung, dan menantang Anda untuk mencapai tujuan Anda.
  • Rayakan kemenangan Anda setiap kali Anda mencapai tujuan kecil, untuk memotivasi diri Anda agar terus meningkat.

Jika Anda memiliki ide tambahan, silakan beri komentar di bawah artikel ini, saya akan meneliti, memperbarui, dan menambah.

Dan sekarang giliran Anda

Jika metode belajar bahasa Inggris yang disengaja tidak membantu Anda juga. Saya yakin Anda, tidak ada metode lain yang dapat membantu Anda.

Baca artikel ini dengan cermat dan segera bertindak.

Percayalah, Anda akan mendapatkan buah yang manis hanya setelah beberapa minggu pemakaian.

Dan tidak hanya belajar bahasa Inggris dengan sengaja, Anda benar-benar dapat menerapkan prinsip-prinsip ini untuk melatih keterampilan lain untuk pekerjaan, untuk kehidupan, … Anda akan mendapatkan hasil terobosan.

Selain itu, saya ingin mendengar dari Anda:

Bagaimana perasaan Anda tentang tutorial ini? Atau apakah Anda punya pertanyaan, ada pertanyaan?

Apa pun yang Anda butuhkan untuk saya bantu tinggalkan komentar di bawah.

Ps: artikel ini terinspirasi dari banyaknya ilmu dari buku Delusi Para Genius oleh Anders Ericsson. Belilah buku untuk merasakan sepenuhnya metode ini ketika ada kesempatan.

Dengan Eng Breaking, kami percaya bahwa: hanya latihan mendengarkan, berbicara, dan menggabungkan mendengarkan - berbicara menjadi refleks. Anda akan percaya diri berbahasa Inggris hanya setelah 3 bulan belajar mandiri..

Cari tahu sekarang metode belajar mandiri Eng Breaking Lancar berkomunikasi bahasa Inggris hanya setelah 3 bulan belajar mandiri

1189 Komentar
 
  • Lucky Herawati

    Lega rasanya, saya sudah dapat didukung oleh Eng Breaking. Banyak kata-kata baru yang saya peroleh. Cara yang saya gunakan, selain melakukan sesuai arahan Eng Breaking, saya juga mencatat sendiri kata-kata baru dalan buku rencana aksi. Sebelum saya memulai lesson berikutnya, saya ulang-ulang kata-kata baru tersebut. Dengan demikian saya benar-benar memahami isi cerita dari setiap lesson (banyak cerita yang lucu-lucu).

    MenyukaiRespon1 hari
  • Annis

    Hal yang terasa dari kemajuan saya adalah saya sudah berani menulis chatting dalam bahasa Inggris dengan menggunakan istilah-istilah yang ada di berbagai lessons. Kepada mahasiswa dan sesama dosen, sekarang saya menggunakan bahasa Inggris

    MenyukaiRespon1 hari
  • Agung Pramudita

    Apakah mudah dipelajari? Karena saya sering bosan atau berhenti di tengah-tengah

    MenyukaiRespon20 jam
  • Yohana

    Mudah dipelajari, ada instruksi setiap hari, selangkah demi selangkah, kontennya sudah sesuai dengan topik harian, saya juga telah belajar selama satu setengah bulan, sekarang walau komunikasi blm terlalu lancar, setidaknya tidak takut berbicara bahasa Inggris lagi

    MenyukaiRespon2 menit
  • Sitti Rahmah Umniyati

    Belajar di Eng Breaking, seperti mendapat harta karun. Betapa tidak, karena bertahun-tahun sampai di usia pensiun, saya belum menemukan metode Bahasa Inggris yang dapat mengatasi masalah saya yaitu kurang percaya diri dan merasa alergi untuk berkomunikasi dengan native speaker. Ini benar-benar terapi yang jitu untuk mengatasi permasalahan saya di listening, dan speaking. Alhamdulillaahi rabbil 'aalamiin.

    MenyukaiRespon1 hari
  • Anastasia Welerubun

    Kumpulan buku Eng Breaking juga super indah + isi buku sangat bagus dan praktis, memiliki instruksi terperinci lengkap, saya sudah belajar sekitar 2 minggu dan merasakan kemajuan yang nyata

    MenyukaiRespon1 hari
  • Dioza

    Set lengkap ada apa aja?

    MenyukaiRespon5 jam
  • Ririn

    Setnya termasuk buku2, akun online, aplikasi dan bahkan lebih banyak hadiah. Sangat lengkap ^^!

    MenyukaiRespon15 menit
  • Lokita Dewi

    Buku ini sangat cocok bagi mereka yang blm memiliki dasar-dasarnya bhs Inggris seperti saya. Baru saja belajar, saya merasa mendengarkan dan pengucapan saya lebih baik, dan saya tahu lebih banyak kosakata dan pertanyaan umum dalam bhs Inggris. Buku ini sangat mudah dipelajari dan sederhana. Belilah dan memastikan bahwa anda akan melihat perbedaannya setelah menyelesaikannya. Tapi harus berusaha, berlatih keras juga ya!

    MenyukaiRespon1 hari
  • Sitti Rahmah

    Menurut saya pelajaran lumayan ok, sepertinya cocok untuk yang malas baca buku, malas hapal seperti saya, desainnya juga lumayan cantik dan mudah di pahami.

    MenyukaiRespon1 hari
  • Vinia Sintia

    Baru 2 minggu belajar, cara bicara bahasa inggrisku yg dulu kaku sekarang sudah mulai baik ..anakku juga memuji ibunya katanya cara bicaranya sdh mulai luwes dan lancar...aku senang sekali bertemu dengan Eng breaking

    MenyukaiRespon1 hari
  • Nurhaya Beeca

    Saya cukup puas dengan produknya. Barang yang dikemas dengan hati-hati, pengiriman tepat waktu, dan kualitas buku juga bagus. Sampul dan isi buku cukup berwarna dan mudah dibaca. Saya berharap mempelajari buku ini saya akan memenuhi tujuan yang telah ditetapkan..

    MenyukaiRespon1 hari

Dengan Eng Breaking, kami percaya bahwa: hanya latihan mendengarkan, berbicara, dan menggabungkan mendengarkan - berbicara menjadi refleks. Anda akan percaya diri berbahasa Inggris hanya setelah 3 bulan belajar mandiri..

Cari tahu sekarang metode belajar mandiri Eng Breaking Lancar berkomunikasi bahasa Inggris hanya setelah 3 bulan belajar mandiri