19 Metode Paling Mudah Belajar Bahasa Inggris bagi Pemula

19 Metode Paling Mudah Belajar Bahasa Inggris bagi Pemula

Banyak jalan menuju Roma. Begitu pula dengan metode atau jalan paling mudah belajar bahasa Inggris bagi pemula. Ada banyak sekali metode yang bisa kamu gunakan untuk membangun pondasi bahasa Inggris kamu jadi lebih kokoh.

Metode ini bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa memandang usia. Selama ada kemauan pasti ada jalan.

Jika kamu tertarik, yuk baca artikel ini lebih lanjut dan ikuti setiap metode yang kami sajikan agar jalanmu menuju Roma jadi lebih mudah. Eh, maksudnya jalan untuk belajar bahasa Inggris sebagai pemula.

1 – Buat rencana persiapan belajar bahasa Inggris bagi pemula

Ketika akan mulai sesuatu tentu akan lebih baik jika kamu memiliki persiapan. Persiapan tidak hanya membantumu agar lebih mudah memulai langkah awal tetapi juga membimbing proses mencapai tujuan. 

Perencanaan yang matang mungkin membutuhkan waktu tapi akan sangat menghemat waktu selama proses berlangsung. Arah dan tujuan yang ingin dilalui lebih jelas daripada tidak memiliki rencana sama sekali. 

Agar kamu berhasil menyusun rencana persiapan untuk belajar bahasa Inggris untuk pemula, kamu bisa ikuti langkah berikut ini. 

Cari tahu apa saja yang akan kamu butuhkan untuk belajar bahasa Inggris sebagai pemula.

Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Begitu pula dengan kebutuhan untuk belajar. 

Sebagai seorang pemula, kamu harus tahu apa yang kamu butuhkan untuk belajar bahasa Inggris. 

Kamu mungkin perlu beberapa hal dibawah ini.

  • Waktu
  • Tenaga
  • Pikiran
  • HP
  • Internet yang cepat
  • Ruangan khusus belajar yang jauh dari keramaian
  • Materi yang mudah dipahami
  • Uang
  • Alat tulis
  • Teman belajar
  • dll

Semua hal yang kamu rasa perlu ada untuk mendukung proses belajarmu sebaiknya disiapkan sebelum memulai pelajaran. Hal ini agar proses belajarmu tidak tersendat atau terganggu di tengah jalan. 

Tulis rencana persiapan belajar di buku catatan.

Ambil buku dan mulai pikirkan atau bisa juga cari inspirasi dari internet untuk menuliskan rencana persiapan belajar. Kamu bisa membuat rencana persiapan untuk belajar dengan menjawab pertanyaan di bawah ini.

  • Apa yang ingin kamu capai dalam pembelajaran?
  • Bagaimana kemampuan bahasa Inggris yang kamu inginkan di kemudian hari?
  • Apa saja pencapaian penting yang kamu inginkan?
  • Berapa banyak materi yang harus kamu selesaikan?
  • Berapa biaya yang kamu butuhkan?
  • Jika butuh orang lain, siapa yang akan kamu libatkan dalam pembelajaran?
  • Kapan waktu yang tepat bagimu untuk belajar?
  • Bagaimana jika kamu tidak bisa belajar pada waktu yang telah kamu tentukan?
  • Apakah kamu butuh rencana B jika rencana A gagal?

Baca kembali rencana persiapan belajar.

Jika kamu sudah membuat rencana persiapan untuk belajar bahasa Inggris bagi pemula, maka sebaiknya kamu baca kembali rencana yang sudah kamu tuliskan. 

Kamu bisa merubah beberapa bagian yang ingin kamu tambah atau kurangi sesuai kebutuhanmu. 

Dengan membaca kembali persiapan belajar yang sudah kamu buat, kamu dapat membayangkan apa yang akan dilakukan kedepannya. 

Rencana adalah rencana. Terkadang tidak semua rencana yang telah kita buat bisa berjalan sesuai dengan apa yang kita inginkan. 

Kadang jalan terbaik justru hadir ditengah proses menuju target. Jika terjadi dikemudian hari, jangan memaksakan diri untuk tepat berada persis seperti yang telah direncanakan. Bisa jadi perubahan di tengah proses lebih baik untukmu. 

2 – Buat rencana pencapaian belajar bahasa Inggris bagi pemula

Ketika belajar bahasa asing, pertimbangkan mengapa kamu perlu atau ingin belajar bahasa tersebut. Apa yang akan kamu lakukan dengan bahasa Inggris yang akan kamu pelajari? 

Apakah kamu belajar untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik atau untuk lanjut belajar ke luar negeri? Atau justru tidak kedua-duanya? Kamu lebih tahu apa yang ingin kamu capai dalam belajar bahasa Inggris. 

Rencana pencapaian belajar penting untuk dibuat. Baik secara garis besar atau dipecah menjadi pencapaian-pencapaian kecil. 

Misalnya, secara garis besar tujuanmu adalah untuk menguasai bahasa Inggris bagi pemula secara umum. Kamu bisa pecah tujuan besarmu ini menjadi beberapa tujuan kecil. Sebagai contoh; hafal 50 kata per hari, membaca satu artikel berbahasa Inggris dan lain sebagainya.  

Sebagian target pencapaian mungkin butuh waktu beberapa hari untuk dicapai. Sebagian yang lain mungkin butuh waktu hingga tiga sampai enam bulan.

Jangan khawatir! Ada banyak sumber untuk membantu kemampuan bahasa Inggrismu meningkat. 

3 – Hafal kosakata belajar bahasa Inggris bagi pemula

Langkah pertama yang bisa kamu mulai dan bisa kamu lakukan sendiri adalah menghafal. Ada banyak kumpulan kosakata yang sudah tersedia dan tinggal kamu hafal dari berbagai sumber. 

Untuk pemula, kamu bisa setidaknya hafal kurang lebih tiga ribu kata. Kamu bisa menghafal kosakata untuk pemula lengkap dengan cara mengucapkannya sesuai topik disini

3000 adalah kata yang banyak dan jika IQ-mu rata-rata seperti saya, sehari tidak cukup untuk menghafal. Jadi kamu bisa mulai menghafal satu topik per hari. 

Jika hafalanmu berupa kata benda konkret seperti apel, meja, baju dan lain-lain. Kamu juga bisa belajar dengan mencari gambar yang mudah diingat untuk setiap benda. 

  • Dapatkan list kosakata yang ingin kamu hafal hari itu dan hafalkan satu kali saja.
  • Buka bagian gambar di google.
  • Ketik kosakata tertentu maka gambar terkait akan muncul sambil ingat-ingat gambar tersebut dalam bahasa Inggris.
  • Pilih gambar dan masukkan ke dokumen.
  • Setelah semua, lihat gambar dan sebutkan dalam bahasa Inggris gambar apa itu satu per satu.

Cara ini mungkin bisa bekerja untukmu. Hal terbaiknya adalah sekarang kamu punya materi sendiri untuk belajar kapan saja. Siapa tahu suatu hari ada saudara, teman atau tetangga yang bisa memanfaatkan gambar yang sudah kamu kumpulkan untuk belajar bahasa Inggris. 

4 – Baca tulisan atau buku belajar bahasa Inggris bagi pemula

Seringkali dikatakan orang Indonesia itu malas membaca. Buktikan kalau itu salah. 

Membaca memang terkadang membosankan. Tetapi jika sering dilakukan maka membaca akan jadi kebiasaan yang menyenangkan. 

Dengan banyak membaca, kita tidak hanya mendapatkan informasi yang kita butuhkan, tetapi juga kemampuan membaca itu sendiri. Kita akan dengan mudah mendapatkan inti dari bacaan atau justru kecepatan membaca kita juga meningkat. 

Tentu saja tidak semua tulisan berbahasa Inggris bisa kita baca begitu saja. Sebagai pemula tentu kita perlu bahasa yang ringan dan mudah agar sesuai dengan kemampuan kita. 

Saran terbaik untuk membaca tulisan berbahasa Inggris adalah membaca cerita anak-anak.

Biasanya cerita anak-anak tidak hanya menampilkan kata-kata, tetapi juga gambar. Cerita dengan gambar akan jauh lebih menarik dan lebih mudah dipahami saat dibaca. Gambar yang berwarna-warni memanjakan mata dan kita jadi lebih termotivasi untuk membaca.

Ada tiga sumber paling umum yang bisa kamu dapatkan dengan gratis. 

Pertama, membaca di perpustakaan umum. Kedua, membaca di toko buku. Ketiga, membaca di internet.

Internet mungkin mudah dijangkau dimana saja, sedangkan perpustakaan dan toko buku membutuhkan waktu untuk sampai kesana. Tetapi perpustakaan dan toko buku memiliki suasana yang berbeda. 

Silahkan coba pergi ke perpustakaan dan toko buku terdekat. Bedakan perasaan yang terjadi saat membaca melalui internet dirumah dengan membaca di perpustakaan dan di toko buku. 

Mana yang lebih nyaman untuk kamu jadikan sumber untuk belajar dengan gratis?

5 – Menuliskan kata sebagai salah satu cara belajar bahasa Inggris bagi pemula

Jika sudah membaca, maka sekarang giliran untuk menulis. 

Berbeda dengan membaca yang bisa kita lupakan kapan saja, menulis memberikan kenangan yang membekas untuk kita tinjau berulang kali. 

Jika kamu saat ini sedang menghafal kosa kata, maka menulis juga bisa jadi satu caramu untuk menghafal. 

Tuliskan kembali kosa kata yang sedang kamu hafal di buku catatan. Buku catatan akan lebih mudah diakses ketika tidak ada internet. 

Buat buku dan pena atau pensil mudah untuk dibawa kemana saja. Hal ini akan membantu ketika ada satu kata baru yang ingin kamu tambahkan ke catatanmu. 

Selain itu, kamu juga bisa menuliskan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang sederhana. Selain meningkatkan kemampuan menulis, kamu juga punya journal pribadi seputar kegiatan sehari-hari yang kamu lakukan. 

Journal itu penting untuk dimiliki karena kita tidak bisa senantiasa mengingat apa yang terjadi di masa lalu. Journal membantu membukakan kenangan lama yang ingin kita ingat kembali. Seringkali masa lalu menjadikan kita lebih baik untuk melangkah ke masa depan.

Disisi lain, rajin menulis dengan tangan membuat otot motorik kita terlatih. Dengan demikian otak pun ikut terasah. Memori otak orang yang sering menulis dengan tangan jauh lebih baik daripada yang tidak. 

Tidak hanya menulis dengan tangan. HP dan laptop atau komputer juga bisa jadi alat untuk menulis. Memang kesan yang didapat berbeda dengan menulis tangan, tetapi informasi yang sudah kamu ketik di HP atau laptop bisa kamu cetak jika dibutuhkan. 

6 – Dengarkan percakapan belajar bahasa Inggris bagi pemula

Ada banyak materi percakapan bahasa Inggris yang bisa kamu dengarkan sebagai pemula. Materi tersebut dapat berupa materi pembelajaran formal atau informal. 

Biasanya, sebagian besar materi mendengarkan pembelajaran formal dapat kamu akses setelah membayar sejumlah uang. Namun ada juga yang gratis. Baik gratis maupun berbayar, kamu bisa memilih sesuai kebutuhan, tentu juga sesuai kantongmu.

Sejauh ini, percakapan gratis yang paling direkomendasikan oleh Eng Breaking untuk didengarkan adalah Podcast. 

Mendengarkan podcast berarti kita fokus hanya mendengarkan suara dari pembicara. 

Berbeda dengan menonton yang melibatkan visual. Selain itu satu tontonan seperti film juga seringkali memperdengarkan kata-kata yang sulit ditangkap daripada Podcast. Hal ini karena film melibatkan perasaan aktor atau aktris yang terkadang ada suara berdehem, mendesah, menangis dan lain sebagainya. 

Untuk mendapat panduan lebih lengkap tentang mendengarkan. Kamu bisa baca artikel ini

7 – Berbicara sebagai salah satu cara belajar bahasa Inggris untuk pemula

Selain membaca, menulis dan mendengar, hal penting lain dalam belajar bahasa adalah berbicara. 

Berbicara menjadi bagian terpenting untuk menyampaikan pikiran dengan cepat. 

Ada banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk memudahkan kamu belajar bahasa Inggris sebagai pemula. Kamu bisa pilih beberapa metode di bawah ini untuk meningkatkan kemampuan berbicara.

  • Berbicara sendiri atau self monologue di depan cermin.
  • Merekam perkataan menjadi file audio.
  • Menceritakan kembali bacaan atau pengalaman.
  • Meniru perkataan penutur asli yang pernah kamu dengar.
  • Berdialog dengan orang lain baik yang sama-sama belajar bahasa Inggris atau penutur asli.
  • Dan lain-lain

Untuk lebih lengkap, kamu bisa baca artikel 14 cara sederhana dan efektif untuk berbicara bahasa Inggris. 

8 – Belajar tata bahasa Inggris yang baik dan benar sesuai kaidah yang berlaku

Bagi pemula yang memiliki tujuan untuk menguasai bahasa Inggris secara informal, sesungguhnya tata bahasa tidak terlalu penting. Tetapi tetap harus tahu.

Tata bahasa yang baik dan benar sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki tujuan untuk mengikuti tes formal seperti TOEFL, IELTS dan lain-lain. 

Jadi belajar tata bahasa yang baik dan benar tetap diperlukan baik untuk keperluan formal maupun tidak formal. Kan lucu juga jadinya kalau kamu belajar bahasa Inggris sesuai dengan tata bahasa Indonesia. Yang ada rangkaian katanya akan aneh dan membingungkan.

Tata bahasa yang paling mendasar untuk dipelajari adalah tenses. Ada tiga variasi tenses yang wajib kamu tahu yaitu, present tenses, future tenses, dan past tenses

Dari tiga tenses yang ada tersebut terdapat enam belas tenses. 

  • Present tenses : simple present, present continuous, present perfect, dan present perfect continuous.
  • Future tenses : simple past, past continuous, past future, fast perfect, past perfect continuous, past future perfect, past future continuous, dan past future perfect continuous.
  • Past tenses : simple future, future continuous, future perfect, dan future perfect continuous.

9 – Cari partner mengobrol yang juga belajar bahasa Inggris untuk pemula

Hal yang juga penting dalam pembelajaran bahasa Inggris adalah praktek. Sebagaimana mestinya, bahasa Inggris yang kamu pelajari tentu untuk berinteraksi dalam dunia nyata. Oleh karena itu kamu perlu lawan bicara untuk mengasah kemampuan bahasa Inggrismu.

Jika kamu belum percaya diri untuk melakukan percakapan dengan penutur asli, maka kamu bisa mencari teman seperjalanan.

Dimana kamu bisa mendapatkan teman untuk belajar bahasa Inggris sebagai pemula? Kamu bisa menghubungi beberapa teman terdekatmu. Tanyakan apakah mereka ingin belajar bahasa Inggris bersama.

Kamu bisa belajar secara mandiri. Tetapi untuk praktek, seorang lawan bicara dan membentuk percakapan akan sangat membantu meningkatkan kemampuan.

Dengan lawan bicara kamu bisa tahu seberapa cepat respon yang bisa kamu berikan kepada lawan bicara.

Tetap berinteraksi baik melalui pesan di media sosial maupun melakukan percakapan baik secara virtual atau bertemu langsung.

10 – Cari jalan untuk langsung berinteraksi dengan penutur asli

Tahap selanjutnya yang lebih menantang daripada hanya berinteraksi dengan sesama teman yang belajar bahasa Inggris adalah interaksi langsung dengan penutur asli. 

Dengan kehadiran internet saat ini, kamu bisa mendapatkan akses lebih cepat untuk mendapatkan teman penutur bahasa Inggris dari lahir. Gunakan media sosial untuk mencari teman asing.

Selain media sosial, kamu juga dapat menemukan teman untuk chat melalui game internasional. Percakapan yang akan kamu bicarakan mungkin hanya seputar game. Tetapi ini bisa jadi dasar bagimu untuk melangkah lebih jauh.

Cari kesempatan untuk berbicara langsung dengan penutur asli. 

Kesempatan untuk bertemu dengan penutur asli di Indonesia tergolong sangat sedikit. Tapi tidak menutup kemungkinan kamu bisa bertemu orang asing di tempat-tempat wisata. 

Jangan menutup diri, mulai percakapan dengan penutur asli dan bicara dengan percaya diri demi mengasah kemampuan bahasa Inggrismu. Kamu bisa mulai dengan menyapa, kemudian coba katakan beberapa kata yang ingin kamu utarakan. 

Lihat bagaimana reaksi dari penutur asli. Apakah mereka mengerti dengan apa yang kamu katakan?

Jangan malu untuk berbicara walaupun mungkin aksen orang Indonesia masih kental saat bicara bahasa Inggris. Jika sudah kepepet sekalipun biasanya kita masih punya bantuan berupa bahasa tubuh. 

Salah pasti terjadi tetapi setelahnya lupakan saja dan lanjutkan perjalanan. 

11 – Dengarkan radio berbahasa Inggris

Radio mungkin terdengar tidak begitu populer di telinga, sudah kuno dan ketinggalan zaman. Tapi jangan salah, sama halnya dengan podcast, radio memiliki kualitas lebih baik untuk meningkatkan kemampuan mendengar dibandingkan video.

Kamu tidak perlu memiliki radio yang biasa dengan dua antena di atasnya. Saat ini, banyak sekali siaran radio yang bisa kamu akses secara online melalui internet. 

Kamu bisa memilih radio yang disiarkan dari mana saja di seluruh dunia. Kemudahan memilih siaran berdasarkan tempat ini juga menguntungkan jika kamu ingin belajar aksen tertentu dari suatu tempat.

Perlu digaris bawahi bahwa aksen beberapa negara tertentu berbeda dengan beberapa negara lainnya. 

Beberapa aksen bahasa Inggris yang paling umum digunakan adalah aksen Amerika, aksen Inggris, aksen Australia dan aksen Kanada.

Jika kamu ingin mendengarkan setiap aksen dan mengetahui perbedaannya, kamu bisa buka stasiun radio berdasarkan demografinya. Buka stasiun radio yang ada di Amerika untuk mendengarkan bahasa Inggris dengan aksen Amerika. Begitu juga dengan aksen bahasa Inggris lainnya. 

12 – Menonton film berbahasa Inggris dengan subtitle

Siapa yang tidak suka menonton film? Sontak semuanya langsung angkat tangan. Termasuk saya. 

Banyak film seru berbahasa Inggris yang bisa kamu tonton. 

Ada berbagai genre yang bisa kamu pilih seperti, film aksi, horor atau romantis. Genre mana yang kamu suka? Mulai cari film dan tingkatkan kemampuan bahasa Inggrismu dengan cara yang menyenangkan.

Jika kamu suka film kartun kamu bisa tonton film-film dari Disney. Asli, recommended, dan kualitas filmnya tidak diragukan lagi. Pasti bagus dan seru.

Dengarkan film dengan audio bahasa Inggris. Kemudian jika kamu sudah percaya diri, mulailah menonton film berbahasa inggris tanpa mengaktifkan subtitle. Hal ini akan meningkatkan kemampuan listening dalam bahasa Inggris.

Menonton film tanpa subtitle juga bisa jadi alat untuk mengetes apakah kamu membutuhkan pelajaran lebih lanjut untuk meningkatkan kemampuanmu.

13 – Cari program televisi populer berbahasa Inggris

Beberapa negara berbahasa Inggris seperti Amerika, Inggris dan Kanada terkenal dengan TV show mereka. Beberapa acara menarik yang bisa kamu cari adalah tayangan berupa sitcoms (komedi situasi), drama atau reality show

Kamu bisa memanfaatkan waktu senggang untuk mencari tayangan yang kamu inginkan. Nyalakan televisi dan mulai menonton. Sembari menonton kamu bisa mengasah kemampuan mendengarkan aksen yang berbeda dan menguji kemampuan mendengarmu.

Pilih program televisi yang paling cocok untukmu.

14 – Tonton berita dalam bahasa Inggris

Nah, selain podcast dan radio, berita di televisi juga salah satu yang memperdengarkan bahasa Inggris yang pelan dan jelas. 

Nilai plus dari menonton berita di televisi adalah kamu bisa melihatnya. Berbeda dari podcast dan radio yang hanya didengar. Berita di televisi memiliki kepuasan tersendiri karena bisa kita lihat dengan mata secara langsung.

Pengucapan dari pembawa berita yang tidak terlalu cepat dan jelas dapat mempertajam kemampuan pengucapan. Kemampuan pronunciation yang tepat tentu jadi tolak ukur seseorang untuk menilai dimana level bahasa Inggrismu.

Selain itu, informasi yang disampaikan oleh berita juga menambah wawasan. Bahkan kamu bisa lebih tahu mengenai peristiwa, budaya lokal dan informasi terkini yang up to date. Ini sangat menguntungkan, terlebih lagi jika kamu ingin berkunjung ke negara tersebut.

15 – Atur waktu belajar bahasa Inggris untuk pemula

Belajar tentu perlu waktu. 

Menurut FSI (The Foreign Service Institute), kamu setidaknya membutuhkan 575 jam hingga 2.200 jam untuk dapat menguasai bahasa asing. 

Semakin banyak waktu yang kamu miliki untuk belajar bahasa Inggris, semakin cepat kamu akan menguasainya. Tetapi tentu jangan mengabaikan waktu tidurmu hanya demi cepat menguasai bahasa Inggris. 

Kamu harus tahu berapa lama kamu bisa fokus untuk belajar dalam satu hari. Belajar dalam fokus yang tinggi jauh lebih efektif dan efisien. 

Waktu yang kami rekomendasikan untuk belajar bahasa Inggris khususnya berupa hafalan adalah di pagi hari segera setelah bangun tidur. Waktu ini tepat untuk menghafal karena otak sedang dalam kondisi fresh dan siap merekam dengan baik apa yang ingin kamu pelajari.

Selain itu, tips lainnya adalah membagi pembelajaran dengan segmen waktu. Misalkan hari ini kamu memiliki waktu untuk belajar bahasa Inggris selama 2 jam. Jangan habiskan tenaga dan pikiranmu untuk belajar selama 2 jam penuh.

Kamu bisa membaginya menjadi beberapa segmen kecil. Misalnya, belajar 25 menit kemudian istirahat 5 menit untuk menyegarkan pikiran. Dengan begitu kamu punya 4x waktu untuk fokus dan 3 kali waktu untuk istirahat di tengah-tengah segmen.

Kembali lagi, kamu bisa menyesuaikan waktumu sendiri.

16 – Jadikan hobimu jadi bagian dalam belajar bahasa Inggris bagi pemula

Bahasa Inggris mungkin bukan sesuatu yang kamu minati tetapi mengharuskan kamu belajar. Tanpa minat tentu belajar akan terus membosankan setiap kali kamu berhubungan dengan bahasa Inggris. Oleh karena itu, agar tetap termotivasi untuk belajar bahasa Inggris, kaitkan dengan hobimu. 

Jika kamu suka bermain game, kamu bisa mulai membaca artikel tentang game yang sedang kamu mainkan dalam bahasa Inggris. Hal ini jauh lebih menarik karena ini adalah hobimu, sesuatu yang kamu senangi.

Jika kamu siap, kamu mungkin ingin bergabung ke dalam kelompok diskusi dengan anggota yang memiliki hobi yang sama denganmu. 

Jadi, hobi yang kamu miliki juga bisa jadi alat untuk tetap belajar bahasa Inggris meskipun kamu tidak suka bahasa Inggris. Yah setidaknya hobimu membawa manfaat lain yang juga berguna.

17 – Bikin caption atau status di media sosial dengan bahasa Inggris

Metode ini sebenarnya adalah jalan yang sangat mudah untuk dilakukan semua orang. Berapa kali kamu membuat postingan dalam sehari di media sosial?

Membuat postingan di media sosial tidak perlu basa basi. Kamu bisa langsung membuatnya dengan cepat. 

Selama ini, kamu mungkin sering membuat postingan dengan bahasa Indonesia. Dengan kata lain kamu sudah memiliki ide untuk postingan dalam bahasa Indonesia. Jika demikian maka kamu hanya perlu satu langkah lagi.

Menuangkan ide yang tadinya dalam bahasa Indonesia menjadi bahasa Inggris. Jika kamu tidak tahu kata-kata tertentu, jangan malas untuk membuka google translate. Semua beres, yang penting update.

Jika kamu belum punya ide juga tidak masalah. Cari inspirasi quote dengan kata-kata keren di internet sembari cari tahu artinya apa.

Jika sehari kamu update status atau membuat postingan sebanyak tiga kali sehari, maka kurang lebih ada 80 praktek bahasa Inggris yang sudah kamu lakukan.

18 – Bernyanyi lagu bahasa Inggris favorit

Kamu bisa mulai belajar dari nol dengan materi pelajaran bahasa Inggris untuk usia anak-anak. Kembali menjadi seperti anak-anak untuk belajar bahasa Inggris. Tentu belajar akan sangat mudah.

Seperti pada umumnya, anak-anak lebih senang belajar melalui materi yang berisikan irama atau lagu. Hal ini dikarenakan, lantunan nada lebih mudah melekat di otak kita.

Hal yang paling umum yang bisa kamu lakukan adalah menyanyikan lagu anak-anak karena kata-kata yang terkandung di dalamnya sangat sederhana. 

Jika kamu sudah yakin bisa melewati tahap ini, kamu bisa lanjut ke materi dengan level yang lebih tinggi. 

Dari menyanyikan lagu anak-anak hingga menyanyikan lagu bahasa Inggris favorit. Jangan ragu untuk menyanyikan keduanya. 

Meskipun terkadang kamu tidak yakin dengan arti lirik yang dinyanyikan. Tetap ucapkan dengan percaya diri. Kamu selalu bisa meluangkan waktu untuk mencari arti lirik lagu yang kamu nyanyikan di internet. 

19 – Pesan paket lengkap belajar bahasa Inggris bersama Eng Breaking

Belajar secara mandiri terkadang tidak cukup. Kamu sering kali berhenti di tengah jalan. Jadi kenapa tidak mempertimbangkan untuk jadi bagian dari Eng Breaking. 

Kamu bisa pesan paket lengkap Eng Breaking sekarang. 

Apa saja yang bisa kamu dapatkan di Paket Lengkap Eng Breaking?

  • Akun Pembelajaran Online
  • File pembelajaran offline
  • Buku Pembelajaran Berwarna
  • Buku Pegangan Rencana Aktivitas
  • Pengingat-dukungan email setiap hari
  • Tim Akademik menyertai selama seluruh waktu pembelajaran
  • Lembar Tujuan Pembelajaran

Selain itu ada juga satu set hadiah keren senilai Rp 690.000 menanti!

  • Aplikasi belajar Eng Breaking
  • 36 topik percakapan tingkat lanjut
  • Ebook 509 frasa percakapan umum
  • Flashcard online pembelajaran kosakata

Jadi, tunggu apa lagi? Pesan paket belajar bahasa Eng Breaking sekarang juga!


Sekian 19 metode paling mudah untuk belajar bahasa Inggris bagi pemula. Sekali lagi, ada banyak jalan menuju Roma. Temukan jalan yang tepat dan cocok untuk dirimu sendiri.

P.s: Jika kamu memiliki kesulitan atau memiliki saran berharga untuk artikel ini, silahkan beri komentar dibawah artikel ini.

Jangan lewatkan:

2 thoughts on “19 Metode Paling Mudah Belajar Bahasa Inggris bagi Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *