20 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Dari Yang Terburuk ke Terbaik

Sebuah aplikasi belajar bahasa Inggris sangat berguna untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris para pelajar seperti kalian. Aplikasi belajar bahasa Inggris ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan, apakah untuk meningkatkan keahlian dalam hal speaking, listening, writing dan reading.

Jadi  terserah kepada kalian aplikasi manakah yang ingin kalian download dan install.

Menariknya saat ini ada banyak sekali aplikasi belajar bahasa Inggris yang dapat diunduh secara gratis dan mudah untuk penggunaan Android pada Google Play Store dan penggunaan IOS pada Apple Store. Kalian mungkin merasa bingung, aplikasi manakah yang paling cocok dan paling baik untuk dimiliki. 

Karena itulah pada kesempatan kali ini, kami akan menyajikan 20 (dua puluh) aplikasi belajar bahasa Inggris yang bisa didownload untuk keperluan peningkatan bahasa Inggris, dari yang paling buruk hingga yang paling baik.

Mau tahu apa saja aplikasi-aplikasi belajar bahasa Inggris yang perlu kalian ketahui dan pertimbangkan? Yuk, silahkan simak daftar berikut ini!

Daftar aplikasi-aplikasi belajar bahasa Inggris yang bisa kalian pilih dan unduh dari yang terburuk hingga yang terbaik

20 – WLingua

Menurut penilaian kami, Wlingua bisa dikategorikan sebagai aplikasi belajar bahasa Inggris paling buruk saat ini. Alasannya cukup sederhana, Wlingua memiliki tampilan mobile yang kurang menarik seolah-olah bukan sebuah aplikasi yang dibuat secara profesional.

Lebih buruknya lagi, aplikasi ini tampak belum selesai. Jika kalian membelinya dengan harga Rp 180.000 untuk versi berbayarnya, maka kemungkinan kalian akan menyesal. 

Nah, pada versi gratisnya, kalian akan memperoleh gambar-gambar dengan kata-kata bahasa Inggris di bawahnya dan beberapa daftar frasa untuk didengarkan yang tujuannya adalah menambah kosa kata bahasa Inggris kalian. Itu saja! Setidaknya pada bagian frasa, kalian akan punya pilihan apakah dengan akses Inggris atau aksen Amerika.

Nampaknya pada versi berbayar, ditambahkan pula bagian tata bahasa dan mencakup konten berbasis web juga. Tapi tetap saja, kalian tidak akan memperoleh sesuatu yang lebih dari ini. 

Download untuk Android

Download untuk iOS 

19 – Mosa Lingua

Jika kalian mencoba aplikasi belajar bahasa Inggris yang satu ini, maka bersiaplah untuk menjadi jengkel. Sebabnya apa? Pada layar pembuka aplikasi akan selalu ditampilkan klip video iklan-iklan yang tidak ada hubungannya dengan pelajaran bahasa Inggris.

Aplikasi Mosa Lingua ini juga memiliki kualitas audio yang sangat buruk dan bahkan mempunyai navigasi yang kurang bagus. 

Lalu dengan harga yang lebih murah dari aplikasi Wlingua seharga kurang lebih Rp 70.000 ini menjadikan Anda merasa puas dengan performanya? Ya tidak juga, sebab masalahnya kualitas audio yang ada pada aplikasi ini dianggap buruk, hingga bahkan diragukan apakah ini merupakan suara manusia atau bukan?

Akibatnya sangat fatal, tujuan belajar bahasa Inggris melalui aplikasi ini tidak akan tercapai yang membuat kalian harus memiliki opsi aplikasi lainnya yang lebih baik. 

Oh iya, kalian juga bisa mencoba versi gratisnya untuk mengetahui segala kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh aplikasi Mosa Lingua  ini. 

Download untuk Android

Download untuk iOS

18 – Learn English Grammar

Apakah aplikasi belajar bahasa Inggris yang bernama Learn English Grammar ini diperkenalkan oleh British Council yang merupakan organisasi resmi dari negara Inggris yang bertujuan untuk memperkenalkan budaya dan bahasa Inggris ke seluruh dunia? Kami rasa tidak mungkin. Alasannya sederhana, aplikasi ini sangat buruk dalam segi performa. 

Konten aplikasi secara keseluruhan nampak membosankan yang hanya diisi latihan-latihan dimana kalian akan diminta untuk mengisi kolom kosong atau menyusun kembali kata-kata untuk membentuk kalimat. Masalahnya adalah aplikasi ini hanya menyediakan sedikit cara penjelasan.

Lebih menyedihkan lagi, kalian akan merasa terganggu dengan adanya tanda waspada yang terus-menerus tampil di layar aplikasi yang sedikit memaksa kalian untuk meng upgrade aplikasi ini ke versi premium dengan harga sekitar Rp 200.000 per bulannya untuk berlangganan. Oh iya, aplikasi ini bisa diunduh di Google Play Store dan Apple Store ya!

Download untuk Android

Download untuk iOS 

17 – Lingualia

Salah satu aplikasi belajar bahasa Inggris yang kurang direkomendasikan saat ini adalah aplikasi bernama Lingua.

Memang, pada saat kita melihat tampilannya sebentar, Lingua terlihat berkesan dengan sebuah karakter robot kecil yang berjanji akan memandu kalian saat menggunakan aplikasi ini. Tapi, jika kalian mencobanya lebih dalam, maka akan segera terlihat sejumlah ketidaksempurnaan dan kekurangan dari aplikasi ini. 

Dengan aplikasi ini, kalian akan diajarkan banyak kosa kata melalui tampilan foto dan kemudian diuji untuk menebak foto-foto ini dengan cara yang interaktif. Memang ini kelihatan ide yang bagus, tapi latihan-latihan yang disediakan memiliki struktur yang kurang baik dimana pertanyaan-pertanyaan akan diseleksi secara acak.

Selain itu, konten aplikasi ini juga menampilkan sejumlah topik yang kurang relevan dengan level penjelasan dan definisi yang kurang lengkap. Karena itulah, kami setuju jika aplikasi ini tidak cocok untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kalian.

Oh iya, aplikasi ini bisa diunduh pada Google Play Store untuk Android dan Apple Store untuk IOS dimana hingga saat ini, hanya terdapat versi gratis dengan fungsi-fungsi yang terbatas. 

Download untuk Android 

Download untuk iOS  

16 – Speak English Fluently

Seperti namanya, aplikasi belajar bahasa Inggris yang bernama Speak English Fluently ini sangat cocok bagi kalian yang fokus untuk meningkatkan kemahiran speaking.

Menariknya, aplikasi ini akan menyediakan topik-topik percakapan yang berganti-ganti untuk menambah pengetahuan kalian akan kosakata baru.

Oh iya, tidak hanya speaking, kalian juga bisa belajar praktek listening. Ada bot aplikasi yang akan menjadi teman ngobrol kalian. 

Tapi sayangnya, aplikasi ini hanya menyediakan aksen Amerika saja, dan kalian juga tidak bisa berbicara secara langsung dengan para penutur asli. Aplikasi ini gratis dan bisa diunduh pada  Google Play Store, sementara belum tersedia untuk Apple Store.

Download untuk Android

Download untuk iOS  
( belum tersedia)

15 – English Speaking Practice

Salah satu aplikasi belajar bahasa Inggris yang cukup baik adalah English Speaking Practice, dimana sesuai namanya aplikasi ini bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan speaking kalian dengan berbagai aksen yang ada, tidak hanya aksen Amerika.

Hanya saja sejumlah kekurangan aplikasi ini perlu diperhatikan seperti hanya menyediakan percakapan sehari-hari saja, dan tidak menyediakan praktek frasa-frasa yang diperlukan dan materi untuk belajar reading. 

Aplikasi ini sangat cocok bagi kalian yang punya rencana pergi ke luar negeri, apakah untuk tujuan kerja atau sekolah yang bisa kalian dapatkan di Google Play Store dan Apple Store dengan harga gratis. 

Download untuk Android

Download untuk iOS

14 – Lingbe

Bagi kalian yang ingin melancarkan kemahiran speaking, maka aplikasi ini layak dipertimbangkan. Alasannya adalah dengan aplikasi ini, kalian bisa melakukan obrolan langsung dengan para penutur asli dari luar negeri dan tidak dibebankan biaya apapun.

Tidak hanya itu, jika kalian mahir dalam bahasa Inggris, kalian juga bisa menjadi guru bahasa Inggris dan akan memperoleh satu koin Lingbe jika ada seorang pengguna yang menggunakan jasa kalian. Menarik juga ya?

Tapi aplikasi ini dibuat sangat sederhana, fitur-fitur yang kurang lengkap, dan hanya menyediakan layanan telepon biasa saja, dan tidak tersedia layanan video call.

Mungkin karena itulah, aplikasi ini digratiskan oleh para pengembangnya. Meskipun demikian, kalian bisa menggunakan aplikasi Lingbee untuk meningkatkan kemahiran speaking kalian. 

Download untuk Android

Download untuk iOS

13 – Improve English

Aplikasi Improve English sangat populer sebagai aplikasi belajar bahasa Inggris terutama jika kalian memiliki fokus untuk menambah dan menguasai kosa kata secara cepat.

Aplikasi ini menampilkan sebuah fitur algoritma ilmiah yang akan membantu kalian memperbaiki bahasa Inggris dengan cara yang paling efektif dan efisien. 

Pada aplikasi, tersedia berbagai game yang berisikan kata-kata baru, tata bahasa, pelafalan yang tepat, dan frase-frase.

Improve English memang didesain bagi kalian yang ingin melancarkan kemahiran bahasa Inggris kalian dalam 4 (empat) aspek, yaitu writing, reading, speaking dan listening. 

Aplikasi Improve English bisa diperoleh secara gratis dan bisa diunduh pada Google Play Store atau Apple Store. 

Download untuk Android

Download untuk iOS

12 – Hello English

Hello English dianggap sebagai salah satu aplikasi yang boleh direkomendasikan kepada kalian yang ingin belajar bahasa Inggris secara lengkap, dari mulai reading, speaking, writing hingga listening.

Menurut sebuah laporan, aplikasi yang dikembangkan oleh Culture Alley ini sudah digunakan oleh lebih dari 20 juta pengguna di seluruh dunia. 

Aplikasi ini menyediakan sebuah kamus mini yang berisi lebih dari 10.000 kosa kata dan lebih dari 500 materi pembelajaran interaktif untuk memudahkan kalian menguasai bahasa Inggris secara lebih cepat.

Kalian bisa berlangganan aplikasi ini dengan membayar sekitar Rp 300.000 saja per 3 bulan yang bisa diunduh pada Google Play Store dan Apple Store.

Download untuk Android

Download untuk iOS

11 – English Grammar in Use

Salah satu aplikasi belajar bahasa Inggris yang cukup baik adalah English Grammar in Use. Para pengembang aplikasi mencoba untuk membuat buku-buku teks menjadi versi aplikasi.

Konten-konten yang disediakan hampir sama persis dengan versi buku yang menjelaskan konsep-konsep tata bahasa secara jelas dan sederhana dengan penggunaan gambar-gambar yang lumayan efektif. Jadi kami fikir aplikasi English Grammar in Use ini cukup baik bagi para pelajar pemula. 

Tapi sayangnya, aplikasi ini tidak terlepas dari kekurangannya, salah satunya adalah soal-soal latihan yang terlihat kaku dan canggung, dengan sebuah antarmuka yang terlalu sederhana jika dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi sejenis lainnya.

Mungkin lambat laun kalian akan merasa bosan menggunakan aplikasi ini. Anda merasa penasaran untuk mencobanya? Silahkan saja untuk mendownloadnya secara gratis pada Google Play Store atau Apple Store tanpa dipungut biaya sepeser pun. 

Download untuk Android

Download untuk iOS

10 – Memrise

Aplikasi belajar bahasa Inggris Memrise ini sangat cocok bagi kalian yang ingin mempelajari kata-kata bahasa Inggris yang baru dengan cara-cara yang menghibur dan kreatif untuk memudahkan hafalan kata-kata tersebut sehingga kalian tidak cepat lupa.

Aplikasi ini juga sungguh unik sebab kursus-kursus yang tersedia, sebenarnya didesain oleh para penggunanya sendiri. 

Ada sekitar lebih dari 13 halaman kursus, dari yang mudah seperti mengenal kata kerja yang tidak beraturan (English irregular Verbs) hingga yang lebih sulit seperti cerita-cerita populer.

Meskipun kurang banyak memiliki fitur-fitur yang menarik, namun aplikasi ini cocok bagi kalian untuk menambah berbagai kosa kata yang baru yang mungkin saja belum terpikirkan oleh kalian. 

Aplikasi ini ternyata disediakan gratis dan kalian bisa mengunduhnya baik di Google Play Store maupun Apple Store. 

Download untuk Android

Download untuk iOS

9 – MindSnacks

Dianggap lebih baik daripada Memrise, aplikasi MindSnacks ini sangat populer sebab cukup menghibur dan memiliki antarmuka yang gampang untuk digunakan.

Dengan aplikasi ini, kalian bisa mempelajari berbagai kosakata yang sering digunakan pada SAT, yaitu ujian yang diambil oleh para pelajar SMA di Amerika sebelum mereka masuk ke universitas. MindSnacks mencoba mengajarkan kosa kata ini dengan cara yang menyenangkan sehingga kalian tidak akan pernah bosan. 

Misalnya tersedia 9 game mini yang masing-masing didesain untuk membantu kalian menguasai kata-kata bahasa Inggris dengan cara tertentu. Contohnya, ada sebuah game dengan banyak balon, yang berwarna merah dan biru yang berisi kata-kata yang memiliki persamaan arti.

Ada juga game dimana kalian mesti mengisi titik-titik di antara dua kata. Game-game ini akan selalu diperbaharui secara berkala supaya kalian menjadi lebih tertantang untuk bermain permainan kosa kata yang lebih banyak. 

Dengan harga berlangganan sekitar Rp 70.000 per bulannya, aplikasi ini cocok bagi mereka yang ingin melanjutkan sekolah ke AS, atau bagi kalian yang ingin melakukan perjalanan singkat dan panjang ke negara-negara penutur bahasa Inggris.  Tapi sayangnya, aplikasi ini hanya tersedia untuk penggunaan  iOS saja.  

Download untuk Android 
(belum tersedia)

Download untuk iOS

8 – Mondly

Satu lagi aplikasi belajar bahasa Inggris yang cukup baik adalah aplikasi bernama Mondly, dimana para pengembang aplikasi mengklaim bahwa versi aplikasinya yang paling baru telah diperbaiki secara baik. Aplikasi ini memang terlihat menarik dengan desain grafis yang memukau.

Selain itu, aplikasi ini juga diisi dengan bagian kosa kata yang dipenuhi dengan gambar-gambar dan audio, soal-soal latihan interaktif dan ‘alert’ pelajaran sehari-hari yang muncul pada perangkat mobile kalian. 

Tidak hanya itu, ada bagian percakapan pada masing-masing unit yang akan membuat kalian terkesan sebab dilengkapi dengan praktek listening yang banyak diperlukan. Bagaimanapun juga sayangnya, contoh-contoh percakapan terdengar kaku dan terkesan dibuat-buat, dan terkadang ada sejumlah masalah teknis pada bagian ini.

Dengan harga langganan yang sekitar Rp 80.000 per bulannya, kami fikir aplikasi ini perlu peningkatan kualitas di masa depan. Saat ini, aplikasi Mondly juga tersedia dan bisa diunduh pada Google Play Store dan Apple Store dengan mudah. 

Download untuk Android

Download untuk iOS

7 – Gymglish

Salah satu aplikasi belajar bahasa Inggris yang cukup menarik perhatian para penggunanya adalah Gymglish. Aplikasi ini tergolong sebagai aplikasi belajar bahasa Inggris yang paling komplit dengan menyajikan soal-soal latihan untuk reading dan listening.

Selain itu unit-unit yang tersedia, terstruktur secara rapi dengan konten-konten yang bermanfaat yang ditulis oleh  para pakar bahasa Inggris. 

Namun sayangnya, ada beberapa hal yang bisa jadi adalah kekurangan dari aplikasi Gymglish ini, termasuk navigasinya yang kurang baik, soal-soal latihan yang sangat tidak ramah pengguna, dan kalian juga harus menunggu beberapa detik sebelum jawaban-jawaban kalian pada latihan diproses.

Terkesan sangat membosankan, bukan? Namun bagaimanapun juga, feedback yang akan diterima oleh para pengguna ini cukup memuaskan dengan sejumlah koreksi atas kesalahan bahasa Inggris.

Dengan biaya langganan setiap bulannya yang cukup mahal, sekitar Rp 250.000, mungkin aplikasi ini bisa jadi opsi yang cukup menarik bagi kalian. 

Download untuk Android

Download untuk iOS

6 – ABA

Nah satu aplikasi belajar bahasa Inggris yang bisa dijadikan sebagai opsi yang baik untuk kalian adalah aplikasi yang bernama cukup simpel, ABA.

Berdasarkan pengalaman dari para penggunanya, aplikasi ABA ini memiliki tampilan layar yang cukup berkesan dan komplit, dengan penyajian berbagai klip video yang pendek namun diambil dengan baik.

Tapi sayangnya, dialog yang terjadi pada beberapa video klip terkesan canggung, kikuk dan kaku, serta agak kurang alami. Soal-soal latihan yang dihadirkan sebenarnya cukup baik namun terlihat sedikit membosankan dengan terlalu banyak pengulangan. 

Dengan kekurangan-kekurangan inilah, kami merasa heran mengapa biaya berlangganan per bulannya begitu mahal, sekitar Rp 350.000.

Kalau kalian merasa penasaran dengan apa yang kami katakan barusan, silahkan saja buktikan sendiri dengan mengunduhnya pada Google Play Store dan Apple Store secara gratis. 

Download untuk Android

Download untuk iOS

5 – Busuu

Aplikasi belajar bahasa Inggris yang cukup banyak dipilih oleh para pengguna di seluruh dunia adalah Buusu yang sebelumnya versi web sebelum berubah menjadi versi aplikasi mobile seperti sekarang ini.

Aplikasi ini menyajikan pelajaran-pelajaran dengan struktur yang baik pada kursus-kursus yang diperuntukkan bagi para pemula dan intermediate.

Sama seperti dengan aplikasi-aplikasi pesaingnya, Bussu juga menghadirkan berbagai gambar untuk membantu mempelajari kosa kata, yang diikuti oleh berbagai soal-soal latihan yang perlu kalian selesaikan secara tepat. 

Satu hal yang paling menarik dari aplikasi yang satu ini adalah jawaban-jawaban kalian nantinya akan dikirim ke komunitas Busuu untuk dikoreksi oleh para penutur asli bahasa Inggris.

Ini pastinya sangat membantu sekali, terutama untuk aspek writing dan tata bahasa kalian. Tak hanya itu, aplikasi Buusu juga dilengkapi dengan bagian tata bahasa yang dinilai lebih lengkap dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi sejenis. 

Oh iya jika kalian ingin mengakses konten-kontennya secara lengkap, maka kalian bisa berlangganan setiap bulannya dengan harga sekitar Rp 90.000 saja dimana aplikasi ini bisa diunduh secara gratis pada Google Play Store dan Apple Store seperti biasanya. 

Download untuk Android

Download untuk iOS

4 – Babbel

Satu lagi aplikasi belajar bahasa Inggris yang cukup disarankan adalah Babbel. Sebelum menjadi versi aplikasi mobile, Babble dahulu merupakan platform belajar digital versi web.

Aplikasi ini dirancang secara profesional dengan tampilan yang memikat serta gampang digunakan dan diarahkan. Aplikasi yang berbasis di Jerman ini menyajikan berbagai soal latihan yang cukup serius dan pastinya bermanfaat bagi kalian dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris.

Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan kalian untuk mengoreksi jawaban salah kalian pada soal-soal tersebut. 

Menariknya disini, aplikasi Babbel sudah sinkron dengan sejumlah media sosial populer seperti Facebook dan Twitter dan juga memungkinkan kalian untuk melakukan interaksi dengan komunitas Babbel di seluruh dunia.

Tapi bagaimanapun juga, kami masih belum yakin apakah fungsi-fungsi sosial media ini bisa bekerja pada Babble dalam versi aplikasi mobilenya.

Jika tertarik, kalian bisa memperolehnya dengan harga yang cukup terjangkau, sekitar Rp 90.000 saja tiap bulan untuk berlangganan yang bisa kalian unduh baik di Google Play Store maupun Apple Store.   

Download untuk Android

Download untuk iOS

3 – Rosetta Stone

Bisa dibilang Rosetta Stone merupakan metode paling populer untuk mempelajari bahasa Inggris secara sistematis. Jika kalian menggunakan aplikasi ini, maka dijamin penguasaan bahasa Inggris kalian akan semakin meningkat dengan cepat sebab aplikasi ini menjelaskan bahasa Inggris dengan bahasa Inggris pula.

Iya betul sekali, aplikasi yang unik ini dibekali dengan berbagai soal-soal latihan yang didesain untuk membantu kalian untuk mempelajari kata-kata dasar, sebelum dibentuk menjadi frasa dan kalimat yang lebih panjang. 

Dengan cara ini, maka aplikasi ini nampak berhasil mengajari kalian dengan banyak kosa kata dan frasa-frasa yang baru tanpa menggunakan bahasa asli kalian yaitu Indonesia.

Karena itulah, aplikasi ini akan cocok bagi kalian yang lebih suka diajarkan bahasa Inggris dengan bahasa Inggris lagi. Oh iya, harga langganan aplikasi Rosetta Stone per bulannya adalah sekitar Rp 700.000 per 3 bulan ya. 

Download untuk Android

Download untuk iOS

2 – FluentU

Di antara aplikasi belajar bahasa Inggris yang benar-benar direkomendasikan bagi kalian adalah FluentU. Aplikasi unik ini menyajikan pendekatan yang alami untuk memudahkan kalian mempelajari bahasa Inggris dan budayanya dimana dihadirkan berbagai konten yang menarik termasuk talk show, klip-klip dokumenter alam, iklan-iklan lucu dan lain sebagainya. 

Bagian paling baik dari aplikasi FluentU ini adalah aplikasi ini ternyata dapat menjaga jejak kosa kata yang sudah kalian pelajari dan menawarkan kepada kalian praktek ekstra dengan pilihan kata-kata yang lebih sulit.

Aplikasi ini sangat cocok bagi kalian yang suka belajar bahasa Inggris melalui audio visual dan yang ingin belajar bahasa Inggris dengan konten yang menghibur.

Dengan biaya berlangganan sekitar Rp 400.000 per bulannya, kami merasa aplikasi ini bisa dijadikan pilihan yang tepat bagi kalian yang suka memperoleh pengalaman baru yang menyenangkan. 

Download untuk Android

Download untuk iOS

1 – Duolingo

Bisa dikatakan, Duolinggo merupakan aplikasi belajar bahasa Inggris yang paling baik dan paling favorit di kalangan pelajar bahasa Inggris dari seluruh dunia hingga saat ini. Aplikasi ini menawarkan sebuah pengalaman belajar yang menyenangkan dengan soal-soal latihan yang interaktif.

Selain itu, aplikasi ini memiliki fitur-fitur yang cukup berguna untuk meningkatkan 4 (empat) aspek kemahiran berbahasa Inggris seperti tersedianya berbagai format pertanyaan yang beraneka ragam, penyusunan kembali kata-kata, serta soal-soal latihan untuk belajar menulis/writing dan berbicara/speaking.

Disini kalian akan kehilangan nyawa saat kalian melakukan kesalahan dan juga dapat memenangkan ‘lingots’ saat kalian berhasil menyelesaikan pelajaran-pelajaran dengan baik. 

Misalnya saja kosa kata diajarkan dengan menggunakan slide gambar. Soal-soal latihan nampaknya dibuat secara terstruktur dan profesional sehingga para pengguna seperti kalian akan memahami konsep-konsep tata bahasa dan kosa kata dengan baik tanpa penjelasan yang membosankan.

Berdasarkan pengalaman dari para penggunanya, aplikasi ini mudah digunakan dengan navigasi yang simpel yang akan menambah pengalaman kalian lebih menyenangkan. 

Download untuk Android

Download untuk iOS

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah kalian perlu memilih salah satu dari 20 aplikasi belajar bahasa Inggris yang sudah dijelaskan di atas sesuai dengan kebutuhan kalian akan penguasaan bahasa Inggris. Misalnya jika kalian lebih suka meningkatkan kemampuan speaking kalian, maka kalian bisa memilih satu aplikasi yang memiliki lebih banyak fokus kepada peningkatan kemahiran speaking, atau jika kalian ingin mengasah kemampuan kosa kata kalian, maka pilihlah sebuah aplikasi yang menitikberatkan konten untuk penguatan kosakata kalian secara menyenangkan dan pastinya menghibur.

Jangan lewatkan:

Dengan Eng Breaking, kami percaya bahwa: hanya latihan mendengarkan, berbicara, dan menggabungkan mendengarkan - berbicara menjadi refleks. Anda akan percaya diri berbahasa Inggris hanya setelah 3 bulan belajar mandiri..

Cari tahu sekarang metode belajar mandiri Eng Breaking Lancar berkomunikasi bahasa Inggris hanya setelah 3 bulan belajar mandiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *