Cara Menulis CV Bahasa Inggris agar Mengesankan dan Spektakuler (Disertai Contoh)

Kamu ingin melihat contoh CV bahasa Inggris? Atau ingin tahu bagaimana cara menulis CV dalam bahasa Inggris?

Tanpa CV yang menarik perhatian, kamu mungkin tidak akan dihubungi untuk proses rekrutmen lebih lanjut walaupun secara skill dan pengalaman kamu lebih unggul daripada kandidat lain.

Eits, jangan pesimis dulu! Sebab, kali ini kami akan menyajikan artikel tentang bagaimana cara membuat CV dalam bahasa Inggris agar mengesankan dan spektakuler. 

Yuk, intip terus artikel ini agar kamu gak kalah saing dengan pelamar yang lainnya!

1 – Apa itu CV?

Kepanjangan dari CV itu sendiri, Curriculum Vitae. Kalau bahasa Indonesianya mungkin bisa kita sebut sebagai daftar riwayat hidup.

Daftar riwayat hidup ini berisi daftar tentang latar belakang kamu berupa informasi pribadi, riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan, kemampuan, dan lain-lain yang dibahas secara rinci namun singkat, jelas dan padat.

Khusus di Amerika, orang-orang menyebutnya resume. Ada beberapa sumber yang mengatakan bahwa CV dan resume adalah dua hal yang berbeda, tetapi kenyataannya dua hal tersebut kurang lebih adalah satu hal yang sama saja.

CV dan resume itu ibarat di Indonesia kita bilang ‘pisang goreng’ sedangkan beberapa orang lain bilang ‘goreng pisang’. 

Misalnya, jika kamu mengirimkan lamaran pekerjaan untuk orang Inggris maka kamu harus membuat CV, namun jika kamu mengirimkan lamaran ke orang Amerika maka kamu harus membuat resume.

Tapi ingat yah, CV bukan surat lamaran pekerjaan. Sebagaimana perbedaan antara CV dan surat lamaran pekerjaan sudah kami bahasa sebelumnya. Kamu bisa lihat perbedaannya disini.

2 – Tips struktur CV bahasa Inggris

CV yang kamu buat nantinya akan menjadi awal pertama yang menghubungkan kamu dengan calon pemberi kerja. Jadi, sangat penting untuk dapat membuatnya ringkas, mudah dibaca, serta dibagi-bagi dalam beberapa bagian yang membangun struktur suatu CV dalam bahasa Inggris.

CV bahasa Inggris biasanya mengandung 8 unsur informasi yang disajikan di dalamnya

2.1 – Foto profil (foto formal)

Satu gambar dapat membahasakan banyak makna. Saat menambahkan foto diri sendiri untuk melamar kerja, tentu foto tersebut harus tampak professional. 

CV dengan gambar akan memberikan kesan yang lebih menarik daripada hanya tulisan dan tulisan.

Akan tetapi, mungkin kamu adalah jenis orang yang tidak suka memamerkan foto diri sendir, maka tidak ada paksaan untuk harus menambahkan gambar diri dalam CV.

2.2 – Informasi pribadi 

Informasi yang paling pertama untuk disajikan dalam CV tentu saja informasi diri atau data pribadi. 

Tiga informasi di bawah ini wajib dituliskan. Untuk detail kontak kamu dapat mempertimbangkan apa saja yang sebaiknya untuk dicantumkan:

  • Nama lengkap sesuai akta lahir
  • Alamat rumah tempat tinggal kamu
  • Detail kontak (nomor HP, alamat email, link LinkedIn, social media, website, dll)

2.3 – Perkenalan diri singkat

Pada bagian ini, kamu harus meringkas dan memfokuskan apa yang bisa kamu tawarkan kepada calon pemberi kerja.

Fokus kepada karir menonjol yang dapat menarik perhatian untuk apa yang telah kamu capai. 

Jangan sampai keluar jalur, bagian ini harus sesuai dengan peran yang kamu lamar agar kamu lebih stand out daripada pelamar lain.

Bagian ini bisa kamu tuliskan dalam bentuk narasi dua sampai tiga kalimat.

2.4 – Latar belakang pendidikan 

Latar belakang pendidikan atau pendidikan yang telah ditempuh baik formal atau informal akan jadi pertimbangan besar bagi perekrut. Itulah mengapa pendidikan penting jika kamu berencana membangun karir di satu perusahaan.

Agar mudah untuk dibaca oleh perekrut, usahakan ditulis dengan jelas dan singkat. Kamu bisa menuliskannya per poin.

2.5 – Pengalaman kerja atau kemampuan terkait

Pengalaman kerja bagi yang sudah pernah bekerja sebelumnya sangat penting untuk dituliskan di CV bahasa Inggris.

Bagian ini harus mencakup riwayat pekerjaan yang telah kamu lakukan terkait dengan pekerjaan yang kamu lamar. Bisa jadi pekerjaan yang dibayar maupun yang berupa kerja sukarela.

Pengalaman kerja merupakan kunci yang menunjukkan bahwa kamu mampu mengemban tanggung jawab atas peran yang kamu lamar jika keduanya adalah peran yang sama.

Kamu bisa isi bagian ini dengan: nama jabatan, nama perusahaan tempat kamu bekerja, kapan pekerjaannya kamu lakukan, dan beberapa poin penting untuk deskripsi pekerjaan tersebut.

Atau jika kamu belum memiliki pengalaman kerja karena belum pernah bekerja sebelumnya, kamu bisa mengisinya dengan kemampuan terkait.

Misalnya, banyak pekerjaan sekarang membutuhkan mereka dengan kemampuan tertentu tentang komputer, kamu bisa memasukan informasi tertentu terkait ini.

Contoh kemampuan yang dimiliki; Microsoft Office, Java Script, SEO, dan lain sebagainya.

2.6 – Pencapaian atau prestasi

Siapa yang tidak bangga dengan suatu pencapaian dalam hidupnya. 

Manfaatkan prestasi yang kamu miliki untuk memberikan kamu nilai lebih sehingga mengapa kamu adalah kandidat yang cocok untuk jabatan tersebut.

Pencapaian adalah sesuatu yang terukur sejauh mana titik-titik keberhasilan yang mampu kamu raih.

Biasanya, jika kamu pernah mengikuti suatu kompetisi atau event apa pun, kamu akan mendapatkan sertifikat pencapaian atas program atau lomba yang telah kamu ikuti.

Kamu bisa membuat daftar pencapaian terkait dengan pekerjaan yang akan kamu lamar ini.

2.7 – Hobi dan minat

Terkadang kita memiliki banyak hal yang ingin kita lakukan dalam hidup dan sama sekali tidak ada hubungannya dengan pekerjaan.

Hobi dan minat adalah bentuk ekspresi diri yang dapat kamu sorot untuk menggambarkan kepribadianmu.

Tapi, jika kamu rasa bagian ini tidak terlalu penting untuk diutarakan dalam CV bahasa Inggris maka lebih baik hilangkan saja daripada nantinya menjadi duri dalam daging.

2.8 – Referensi

Jika kamu memutuskan untuk menambahkan bagian ini maka akan sangat baik. 

Referensi ini merupakan orang-orang yang dapat berbicara tentang pengalaman kerja, sifat, keterampilan yang kamu miliki dari sudut orang ketiga. 

Agar bagian ini jelas, kamu mungkin perlu mencantumkan nama orang yang dapat dihubungi oleh calon pemberi kerja untuk menggali informasi tentang kamu terkait pekerjaan yang kamu lamar.

Unsur tersebut di atas merupakan urutan yang biasanya terdapat pada CV pada umumnya. Tetapi tidak menutup kemungkinan jika satu CV dengan CV yang lainnya memiliki format berbeda karena memang tidak ada peraturan mutlak yang mengharuskan begini dan begitu.

Bisa saja kamu tidak ingin menyebutkan beberapa hal untuk diketahui oleh tim perekrut. Selain itu juga, kamu mungkin tidak ingin kreativitasmu menjadi terbatas dengan mengikuti struktur yang ada. Jadi buat urutan CV berdasarkan dengan keputusan kamu sendiri.

Apalagi jika kamu fresh graduate atau mahasiswa tingkat akhir yang sedang mencari pekerjaan. Otomatis kamu tidak punya apa-apa untuk diisikan di bagian pengalaman kerja, bukan? Maka kamu bisa ganti dengan sorotan untuk kemampuan yang kamu punya.

Tapi jangan salah, mereka yang usianya sudah cukup dewasa atau mungkin sudah lama lulus dari universitas bisa jadi belum pernah bekerja karena beberapa alasan. Misalnya beberapa wanita yang memilih untuk menjadi ibu rumah tangga sehingga tidak bisa bekerja dan lain sebagainya.

Terlepas dari struktur, ada banyak sekali format-format CV yang bisa kamu gunakan agar terlihat fantastis dan eye-catchy

3 – Tips format CV dalam bahasa Inggris keren

Format keren ini bagian yang cukup krusial untuk digarisbawahi. 

Bayangkan jika kamu melamar satu pekerjaan yang diidamkan oleh banyak orang, bisa jadi puluhan, ratusan, bahkan ribuan peserta yang ingin mendapatkan posisi tersebut. 

Kamu sudah tahu informasi bahwa pesaingmu sangat banyak, anggap saja misalnya ada 150 orang.

Nah, sekarang bayangkan jika kamu adalah orang yang bertugas untuk melihat semua CV bahasa Inggris tersebut. Apakah yakin kamu akan melihatnya satu persatu? Tentu tidak, bukan?

Perekrut tentu tidak akan mau menghabiskan waktu berjam-jam untuk meninjau CV para peserta pelamar pekerjaan. Mereka mungkin hanya menghabiskan waktu sekitar beberapa detik untuk melihat setiap CV.

Jadi, first impression atau kesan pertama sangat penting dalam hal ini. 

Jika kamu mengirimkan CV dalam bahasa Inggris yang keren, disusun dengan rapi, dan menarik, tentu perekrut akan menghabiskan waktu lebih banyak untuk melihat CV bahasa Inggris milikmu lebih jauh.

Format yang jelek sudah pasti akan langsung disingkirkannya dari pandangan. Jika ada yang lebih bagus kenapa harus memilih yang jelek, ya kan?

Jangankan untuk membacanya lebih lama, jika tampilan CV-mu jelek, bisa-bisa langsung dilempar ke tempat lain saat itu juga.

Unsur-unsur yang umumnya ada pada CV bahasa Inggris sudah disebutkan di atas. 

Berikut tips untuk menentukan format tulisan agar CV kamu lebih menonjol.

Pilih font yang jelas dan mudah terbaca

Pilih font yang standar untuk CV bahasa Inggris. 

Beberapa bentuk font yang bisa kamu jadikan referensi bagus agar CV mudah terbaca ialah Arial, Times New Roman, Tahoma, Bookman Old Style, sans-serif atau Helvetica. Kamu bisa memilih salah satu dari font tersebut yang kamu suka.

Atur ukuran font 11 hingga 12 pt dengan spasi tunggal untuk isi CV. 

Sedangkan untuk judul atau sub-judul, gunakan font yang lebih besar, yaitu 14 hingga 16 pt. 

Tata letak harus konsisten

Pastikan pengaturan letak isi CV presisi dan konsisten.

Kamu bisa atur margin untuk tiap sisi menjadi satu inci.

Pastikan judul CV yang kamu buat seragam dengan ukuran font lebih besar serta dicetak tebal.

Jangan buang-buang space untuk gambar yang tidak penting

Sederhana itu justru lebih baik. Dengan membiarkan beberapa space tetap kosong memungkinkan perekrut untuk beristirahat sejenak.

Seluruh informasi yang tertuang di kertas putih akan dicetak dengan tinta hitam. Terlalu banyak grafik mungkin membuatnya tidak terbaca.

Buat CV relevan dan tidak bertele-tele

Jangan terjerat dengan gaya-gaya CV dari tahun 70-an yang berpikir harus memasukkan segalanya dengan sangat terperinci tentang hidup mereka di CV.

Buat CV bahasa Inggris kamu sebagai generasi Z tanpa basa basi. Cukup tuangkan informasi yang paling relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar.

4 – Tips untuk penulisan CV dalam bahasa Inggris 

Sekarang kamu sudah tahu struktur dan bagaimana menentukan format CV dalam bahasa Inggris milikmu. Jadi apa lagi yang harus kamu ketahui untuk membuat CV bahasa inggris yang spektakuler.

Hal yang ingin kamu tekankan kepada perekrut adalah menunjukkan bahwa kamu adalah calon karyawan yang fantastis. Ikuti beberapa tips berikut ini untuk memastikan kamu mengurangi kesalahan tata bahasa sebanyak mungkin.

Berikut adalah tips yang akan kami berikan untuk penulisan CV bahasa Inggris.

Gunakan kata kerja yang berkesan lebih kuat

Kata kerja mampu menggambarkan suatu aktivitas yang bersifat dinamis dan mudah dibayangkan otak. Jadi, menggunakan kata kerja akan lebih mudah bagi perekrut untuk membayangkan pekerjaan yang kamu lakukan di masa lalu.

Misalnya begini, hindari kata-kata yang tidak menyertakan kata kerja untuk mendeskripsikan pencapaianmu. Pencapaianmu mungkin biasa saja, akan tetapi jika menggunakan kata kerja yang tepat maka akan berefek lebih kuat.

Bandingkan dua kalimat tentang pencapaian berikut ini!

Kalimat 1

I am responsible as the head of the marketing team who managed to achieve all the marketing targets.

Saya bertanggung jawab sebagai ketua tim pemasaran yang berhasil mencapai semua target pemasaran.

Kalimat 2

I coached and directed the marketing team so that my team is able to exceed their targets.

Saya melatih dan mengarahkan tim pemasaran sehingga tim saya mampu melampaui target mereka.

Kedua kalimat di atas sama-sama hendak menunjukkan pencapaian. Namun, keduanya memiliki kesan yang berbeda karena penggunaan kata kerja yang tepat.

Kalimat pertama merupakan pencapaian yang mengesankan, tetapi bahasa yang digunakan tidak begitu menunjukkannya. Sedangkan kalimat kedua dengan kata kerja yang tepat terdengar jauh lebih baik dan berkesan lebih kuat.

Gunakan angka

Mengapa banyak penelitian pasti mencantumkan angka-angka tertentu di dalamnya? Itu karena angka menjelaskan fakta yang tidak terbantahkan.

Dengan memberikan angka pasti pada CV-mu, calon pemberi kerja akan tahu dengan pasti seberapa besar atau sejauh mana perjalananmu saat ini.

Bandingkan kedua kalimat di bawah ini!

Kalimat 1

I am responsible as the head of the marketing team who managed to achieve all the marketing targets.

Saya bertanggung jawab sebagai ketua tim pemasaran yang berhasil mencapai semua target pemasaran.

Kalimat 2

I coached and directed the marketing team so they were able to exceed their target by 170%.

Saya melatih dan mengarahkan tim pemasaran sehingga mereka  mampu melampaui target mereka hingga 170%.

Ukuran kalimat pertama tidak begitu dapat dipastikan sedangkan kalimat kedua dengan angka jelas menunjukkan besaran pencapaian yang telah berhasil kamu raih.

Hindari penggunaan kata ganti

Penggunaan kata ganti bukanlah hal yang tepat untuk digunakan dalam CV bahasa Inggris karena dapat memengaruhi kalimat yang kamu tulis.

Hal ini mungkin agak membingungkan bagi kita orang Indonesia yang mungkin sangat jarang menulis CV dalam bahasa Inggris.

Ingat bahwa tanpa kata ganti kalimat yang kamu tulis akan lebih langsung to the point.

Buat lebih spesifik

Tidak semua pekerjaan yang kamu lakukan dimasa lalu akan sesuai dengan pekerjaan yang kamu lamar saat ini. Kamu perlu menyesuaikan CV bahasa Inggris kamu agar tidak melenceng dari jenis pekerjaan yang kamu lamar.

Walaupun kamu memiliki banyak pengalaman di luar bidang yang lain, akan lebih baik jika kamu tidak memasukkannya di CV.

Tiga CV bahasa Inggris yang spesifik akan lebih baik daripada puluhan CV yang tidak spesifik.

Gunakan tenses yang sesuai

Kebanyakan kata dan kalimat yang akan kamu pakai dalam CV bahasa Inggris adalah past tense.

Jika kamu sedang bekerja di tempat atau perusahaan lain saat mengirimkan CV, kamu dapat menulisnya dengan present tense.

Jangan lupa edit dan revisi

Tip terakhir mungkin tampak remeh, tetapi calon pemberi kerja tentu tidak suka melihat kesalahan dalam CV bahasa Inggris yang kamu buat.

Agar tidak terdapat satu kesalahan pun dalam CV kamu, maka baca dan baca lagi CV kamu hingga kamu yakin 100% tidak ada kesalahan. Pastikan tidak ada typo ataupun kesalahan tata bahasa.

Jika memungkinkan, kamu juga bisa meminta teman kamu yang jago bahasa Inggris atau penutur asli bahasa Inggris untuk memeriksa CV yang sudah kamu buat.

5 – Tips agar CV dalam bahasa Inggris lebih menonjol

Banyak penelitian menunjukkan bahwa perekrut hanya akan melihat CV pelamar dalam beberapa detik sebelum memutuskan apakah pelamar cocok untuk pekerjaan yang mereka buka.

Kesan pertama merupakan hal yang paling penting untuk menonjolkan diri daripada peserta lainnya. 

Jadi beberapa tips berikut ini bertujuan agar CV bahasa Inggris kamu lebih menonjol.

Mulai dengan meyakinkan

Awali CV bahasa Inggris dengan ringkasan keterampilan dan pencapaian utama yang kamu miliki. Hal ini akan menarik perhatian perekrut saat detik pertama mereka membaca CV-mu.

Bagian awal profil diri memberitahu perekrut siapa kamu sebenarnya. Jadi mulai dengan sangat meyakinkan jika kamu ingin membuat kesan pertama yang tepat sasaran.

Lebih banyak menunjukkan hasil daripada tanggung jawab

Tanggung jawab juga bagian dari pekerjaan yang patut diperhitungkan. Akan tetapi, dalam hal membuat CV akan lebih baik menunjukkan hasil.

Buat CV dalam bahasa Inggris-mu lebih menonjolkan dengan fakta keberhasilan yang telah kamu raih dalam pekerjaan.

Hal ini akan memberikan perekrut ukuran pasti dalam menentukan posisi kamu dalam pekerjaan terkait.

Sesuaikan CV bahasa Inggris dengan pekerjaan yang kamu inginkan

Saat membuka lowongan pekerjaan, tentu perekrut menuliskan deskripsi pekerjaan yang akan dilakukan. 

Berikan tanggapan langsung terhadap deskripsi pekerjaan tersebut dan jelaskan mengapa kamu adalah kandidat terbaik untuk posisi tersebut. Kamu bisa menghubungkan pencapaianmu dengan job description. 

Perekrut tentu ingin pelamar memahami peran yang mereka lamar. Semakin kamu dapat menunjukkan pemahamanmu terhadap deskripsi kerja yang mereka berikan, maka CV-mu akan semakin menonjol.

Kamu mungkin waktu butuh yang lebih lama untuk menulis CV, apalagi jika posisi yang kamu lamar itu merupakan peran yang besar. 

Namun, proses tentu tidak akan menghianati hasil, bisa jadi waktu yang lebih kamu habiskan untuk itu akan menemukan posisi yang sempurna untukmu.

Sorot perjalanan karir dengan perubahan dan pertumbuhan

Tip berikutnya agar CV bahasa Inggris menonjol adalah kamu harus fokus pada pengembangan pribadi.

Tunjukkan bagaimana waktu telah merubah dan membuatmu terus berkembang hingga menempatkanmu pada pencapaian saat ini. 

Dengan menunjukkan perkembangan seiring waktu, perekrut akan belajar banyak dari posisi kamu sebelumnya. Serta meyakinkan bahwa kamu memiliki komitmen untuk terus belajar dan meningkatkan keahlianmu.

Tampilkan wawasan tentang pekerjaan terkait

Sebagaimana ilmu itu dinamis. Wawasan akan pekerjaan yang kamu lamar menunjukkan kepada perekrut bahwa kamu memiliki kemampuan untuk tetap mengikuti tren.

Kamu akan jauh lebih menarik perhatian perekrut jika kamu mampu menunjukkan pengetahuan tentang bidang yang mereka geluti.

Pastikan kamu selalu update mengikuti perubahan dan perkembangan terkini.

6 – Contoh CV bahasa Inggris mengesankan dan spektakuler

Contoh CV bahasa Inggris mengesankan dan spektakuler

Contoh CV bahasa Inggris di atas merupakan contoh CV yang mengesankan dan spektakuler. 

Selain tata letak yang rapi, CV tersebut juga mudah untuk dilihat. Jadi, meskipun perekrut hanya melihatnya beberapa detik tentu akan langsung menangkap poin penting dari CV tersebut.

Pemilihan warna yang sedap dipandang mata juga memberikan kekuatan sendiri, bukan?

7 – Contoh CV bahasa Inggris bagi mahasiswa dan Fresh Graduate

Contoh CV bahasa Inggris bagi mahasiswa dan Fresh Graduate

Contoh CV bahasa Inggris di atas sangat cocok untuk mahasiswa dan fresh graduate yang notabene memiliki sedikit pengalaman kerja untuk diekspos. 

Walaupun demikian, jangan berkecil hati. Biasanya perekrut juga akan mempertimbangkan potensi yang kamu miliki melalui pengalaman organisasi dan kegiatan lainnya.

Format CV bahasa Inggris bagi mahasiswa biasanya tidak melulu untuk mencari pekerjaan yah. Bisa juga CV bahasa Inggris diperuntukkan bagi mahasiswa yang sedang mengejar beasiswa. 

Walaupun kamu tentu tidak akan memasukkan pengalaman kerja dalam CV untuk beasiswa, kamu bisa menuliskan poin lainnya, misalnya latar belakang pendidikan atau education background

Atau juga bisa lebih fokus pada keterampilan atau skill, pengalaman organisasi, dan sertifikat penghargaan.

Jika kamu seorang fresh graduate, biasanya kamu sudah memiliki pengalaman magang sebelumnya melalui program dari universitas. Kamu harus bisa menunjukkan bahwa pengalaman magang yang kamu punya cocok dengan pekerjaan yang kamu lamar.

8 – Contoh CV bahasa Inggris professional

Contoh CV bahasa Inggris professional

Contoh CV bahasa Inggris di atas dikatakan sebagai contoh CV untuk profesional karena sangat menekankan pada pengalaman kerja yang tidak sedikit. 

Persaingan ketat para pekerja profesional di dunia internasional tentu harus mampu menyajikan CV dalam bahasa Inggris yang terbaik dari yang terbaik.

Walaupun seorang profesional memiliki deretan pengalaman kerja yang tidak sedikit, bukan berarti memasukkan semua pengalaman kerjanya yah. Jangan lupa untuk membuatnya simple dan memiliki space kosong.

Jika kamu seorang profesional, kamu bisa mengikuti contoh CV bahasa Inggris tersebut sebagai inspirasi tanpa harus melupakan kreatifitas yang kamu miliki yah.

Epilog

Demikian cara menulis CV bahasa Inggris agar mengesankan dan spektakuler disertai dengan contohnya. 

Ingat untuk membuat CV dalam bahasa Inggris dengan singkat, jelas, dan padat serta menarik untuk dilihat.

Kalau sudah mengikuti tips di atas dan CV selesai dibuat, jangan lupa untuk menyertakan surat lamaran sebagai pengantar. Mudah-mudahan kesempatan untuk direkrut semakin besar.

Siap-siap untuk panggilan interview!

Semoga sukses selalu dan segera mendapatkan pekerjaan impian.

Jika kamu memiliki kritik atau saran, jangan ragu untuk menuangkannya dalam kolom komentar di bawah ini ya! Sampai jumpa!

Jangan lewatkan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *