Possessive s (posesif) dalam bahasa Inggris – salah satu topik tata bahasa yang sangat akrab, sering muncul dalam tes bahasa Inggris serta dalam komunikasi sehari-hari. Namun, untuk menggunakan posesif secara efektif dan benar tentu sangat sulit bagi sebagian pelajar saat ini.
Oleh karena itu, untuk membantu pelajar memecahkan kesulitan dalam proses persiapan ujian bahasa Inggris, kami telah menggabungkan pengetahuan dan latihan tentang Possessive s secara komprehensif. Baca artikel ini sekarang untuk belajar efektif di rumah!
1 – Definisi Possessive s (Posesif)
Possessive s (posesif) dalam bahasa Inggris adalah struktur gramatikal yang berbicara tentang kepemilikan atau hubungan antara dua atau lebih objek. Posesif adalah cara untuk mengekspresikan hubungan posesif kata benda satu sama lain. Possessive s dalam bahasa Inggris biasanya dilambangkan dengan “‘s” tepat setelah kata benda yang diakhiri tanpa “s” atau “es”.
Cara menulis posesif: A’s B
Arti:
1 – B milik A (Jika B adalah kata benda)
Contoh:
- That is John’s bag. (Itu adalah tas John.)
2 – B memiliki beberapa hubungan dengan A (Jika B adalah kata benda untuk seseorang)
Contoh:
- This man is Mrs Lucy’s husband. (Pria ini adalah suami ibu Lucy.)
1 – Posesif dengan kata benda tunggal ditunjukkan dengan menambahkan ‘s setelah kata benda.
Sebagai contoh:
- This dog is Tony’s pet. (Anjing ini adalah hewan peliharaan Tony.)
- Have you met Mrs Anna’s husband? (Apakah Anda bertemu dengan suami Ibu Anna?)
2 – Posesif dengan kata benda jamak yang diakhiri dengan “S” ditunjukkan dengan apostrof ‘ di akhir kata benda, tidak tambahkan s.
Sebagai contoh:
- This is my brothers’ room. (Ini kamar saudara-saudaraku.)
- They’re my relatives’ parents. (Mereka orang tua kerabat saya.)
3 – Posesif dengan kata benda jamak yang tidak diakhiri dengan “S”:
Beberapa kata benda tidak beraturan ketika diubah menjadi jamak tidak menambahkan “s”, sebaliknya, posesif ditunjukkan dengan ‘s setelah kata benda.
Sebagai contoh:
- Their children’s toys are everywhere! (Mainan anak-anak mereka ada di mana-mana!)
- Women’s shoes are on the fourth floor. (Sepatu wanita ada di lantai empat.)
Beberapa kata benda tidak beraturan yang umum ketika berubah menjadi jamak:
- Child – children: anak-anak
- Mouse – mice: tikus
- Foot – feet: kaki-kaki
- Man – men: pria
- Woman – women: wanita
- Tooth – teeth: gigi
- Goose – geese: angsa
- Ox – oxen: sapi
- Fungus – fungi: jamur
- Bacterium – bacteria: bakteri
- Fish – fish: ikan
- Deer – deer: rusa
- Person – people: orang
- Datum – data: data
- Medium – media: media
- Sheep – sheep: domba
4 – Ketika dua orang memiliki hal yang sama atau memiliki hubungan yang sama dengan seseorang, kita hanya menambahkan ‘s ke kata benda setelahnya.
Sebagai contoh:
- John and Lucy’s house is a lovely one. (Rumah John dan Lucy sangat indah.)
5 – Ketika pemiliknya adalah banyak orang dan memiliki objek yang berbeda secara terpisah, kita menempatkan ‘s setelah setiap kata benda yang menunjukkan pemiliknya.
Sebagai contoh:
- Anna’s car and Justin’s car are luxury. (Mobil Anna dan mobil Justin mewah.)
6 – Dapat menggunakan 2 posesif ‘s’ untuk kata benda yang sama dalam sebuah kalimat.
Sebagai contoh:
- They went to Justin’s grandmother’s funeral. (Mereka pergi ke pemakaman nenek Justin.)
7 – Saat menggunakan posesif, kita akan menghilangkan kata sandang (a, an, the) sebelum orang atau benda yang kesurupan.
Sebagai contoh:
The plays of Shakespeare akan diubah menjadi Shakespeare’s plays, tidak ditulis sebagai Shakespeare’s the plays.
- The 4 types of the plays of Shakespeare are tragedy plays, roman plays, history plays and comedy plays.
atau
- The 4 types of Shakespeare’s plays are tragedy plays, roman plays, history plays and comedy plays.
(Terjemahan: “4 jenis lakon Shakespeare adalah lakon tragedi, lakon roman, lakon sejarah, dan lakon komedi.”)
8 – Dengan kata benda majemuk (gabungan dua kata benda atau lebih), kita hanya menambahkan ‘s ke kata benda terakhir.
Sebagai contoh:
- That is your sister-in-law’s store. (Itu adalah toko kakak iparmu.)
Catatan:
Catatan 1 – Saat berbicara tentang tempat yang akrab bagi pembicara dan pendengar, atau kata-kata umum yang diketahui semua orang, kita dapat menghilangkan kata benda setelah ‘s. (Contoh: hospital , church, film, school, surgery, shop, …)
Sebagai contoh:
The doctor’s clinic berubah menjadi The doctor’s
The hairdresser’s salon berubah menjadi The hairdresser’s
- This is the best hairdresser’s salon in London for coloring.
atau
- This is the best hairdresser’s in London for coloring.
(Terjemahan: “Ini adalah salon penata rambut terbaik di London untuk pewarnaan”)
Catatan 2– Dalam jawaban singkat, kita dapat menghilangkan kata benda setelah ‘s jika kita merasa tidak perlu mengulanginya.
Sebagai contoh:
- Is that your laptop? – No, it’s Tony’s. (Itu laptopmu? – Tidak, ini milik Tony.)
3 – Cara menggunakan possessive s
3.1 – Tunjukkan kepemilikan
1 – Gunakan posesif untuk orang dan makhluk hidup.
Sebagai contoh:
- The dog’s lunch is on the table. (Makan siang anjing ada di atas meja.)
2 – Harus menggunakan posesif jika pemiliknya adalah nama orang.
Sebagai contoh:
- These are Justin’s shoes. (Ini sepatu Justin.)
3 – Gunakan posesif dengan tempat, benua, kota, negara, sekolah.
Sebagai contoh:
- Jakarta’s museums. (museum Jakarta)
4 – Gunakan posesif dengan waktu, durasi, jarak.
Sebagai contoh:
- Next month’s meeting will be held on Tuesday. (Pertemuan bulan depan akan diadakan pada hari Selasa.)
5 – Gunakan posesif dengan uang, nilai.
Sebagai contoh:
- 1,000,000 dollars’ worth of painting. (Lukisan senilai 1.000.000 dolar.)
6 – Gunakan posesif dengan kata ganti: anyone, anybody, one, everyone, everybody, no one, nobody, someone, somebody.
Sebagai contoh:
- Is this someone’s laptop here? (Apakah ini laptop seseorang di sini?)
7 – Gunakan posesif dengan benda-benda angkasa atau hal-hal yang unik.
Sebagai contoh:
- The world’s population. (Populasi dunia)
8 – Gunakan posesif dengan beberapa idiom.
Sebagai contoh:
- To move at a snail’s pace. (Lampat seperti siput)
9 – Untuk beberapa kata benda yang menunjukkan benda mati, ketika kata benda ini dipersonifikasikan sebagai orang, bentuk posesif dapat digunakan:
Sebagai contoh:
- Nature’s laws have a strong influence on human life. (Hukum alam memiliki pengaruh kuat pada kehidupan manusia.)
10 – Posesif untuk kata ganti yang terkait dengan perdagangan, bisnis, profesi, atau kata benda yang sering menunjukkan tempat bisnis, atau bangunan, alamat individu.
Sebagai contoh:
- Last Sunday, they had a party at John’s. (Minggu lalu, mereka mengadakan pesta di rumah John.)
11 – Gunakan posesif dengan tempat-tempat yang familiar
Sebagai contoh:
- The hairdresser’s salon. (Salon penata rambut)
3.2 – Tunjukkan hubungan
Posesif untuk menggambarkan hubungan antara orang-orang.
Sebagai contoh:
- Mrs. Lucy’s co-workers will not be coming to the office. (Rekan kerja Ibu Lucy tidak akan datang ke kantor.)
- This woman is Mr.Justin’s mom. (Wanita ini adalah ibu Mr.Justin.)
- He is Lenka’s younger brother. (Dia adalah adik laki-laki Lenka.)
Cara 1: Digunakan dengan kata benda yang tidak bernyawa seperti objek.
Sebagai contoh:
- The keys of the house. (Kunci rumah)
Cara 2: Gunakan dengan kata benda yang menunjukkan konsep dan ide.
Sebagai contoh:
- The owner of the flower shop. (Pemilik toko bunga)
Cara 3: Gunakan dengan the beginning/middle of/ end/ the front/ back/ top/bottom of, …
Sebagai contoh:
- The end of the month. (Akhir bulan)
Cara 4: Gunakan dengan kata benda seseorang ketika kata benda itu diikuti oleh frasa atau klausa.
Sebagai contoh:
- What’s the name of the woman who sits next to you? (Siapa nama wanita yang duduk di dekat anda?)
Cara 5: Gunakan dengan kata benda yang memiliki a dan an di depan.
Contoh:
- He is a fan of Michael Jackson. (Dia adalah penggemar Michael Jackson.)
Cara 6: Gunakan dengan posesif ganda: ada dua struktur ‘s dan of dalam kalimat yang sama.
Sebagai contoh:
- A son of Mr. Tony’s has opened a car wash store. (Seorang putra Bpk. Tony’s telah membuka toko cuci mobil.)
5 – Latihan
Latihan 1: Apa cara lain untuk mengatakan hal-hal ini? Gunakan ‘s
1. a name for a girl ………….
2. clothes for women ………….
3. a school for boys ………….
4. a nest for a bird ………….
5. a magazine for men ………….
Latihan 2: Tulis ulang bentuk kalimat berikut yang benar:
1. the name of that street = ……………………..
2. the party of Charles = ……………………..
3. the son of Catherine and Justin = ……………………..
4. the son of Paul = ……………………..
5. the hair of Lucy = ……………………..
Latihan 3: Tulis ulang kalimat-kalimat berikut dengan menggunakan bentuk posesif
1. The house of our neighbors is very nice. => ……………………..
2. Have you seen the car of the parents of Johnny? => ……………………..?
3. Justin has a brother, Tony. => ……………………..
4. This house has a number. => What ……………………..?
5. Our colleagues live in this house. => ……………………..
Jawaban:
Latihan 1:
1. a girl’s game
2. women’s clothes
3. a boy’s school
4. a bird’s nest
5. a men’s magazine
Latihan 2:
1. that street’s name
2. Charles’s party
3. Catherine and Justin’s son
4. Paul’s daughter
5. Lucy’s hair
Latihan 3
1. Our neighbors’ house is very nice.
2. Have you seen Johnny’s parents’ car?
3. Tony is Justin’s brother.
4. What’s the number of this house?
5. It’s our colleagues’ house.
Kesimpulan
Di atas adalah semua pengetahuan tata bahasa tentang possessive s dalam bahasa Inggris. Semoga artikel ini membantu Anda tidak lagi bingung dengan bentuk-bentuk posesif.
Tinjau dan lakukan latihan rutin untuk “mengingat” pengetahuan ini.
Kami mengucapkan selamat belajar!
-
Annis
Hal yang terasa dari kemajuan saya adalah saya sudah berani menulis chatting dalam bahasa Inggris dengan menggunakan istilah-istilah yang ada di berbagai lessons. Kepada mahasiswa dan sesama dosen, sekarang saya menggunakan bahasa Inggris
-
Agung Pramudita
Apakah mudah dipelajari? Karena saya sering bosan atau berhenti di tengah-tengah
-
Yohana
Mudah dipelajari, ada instruksi setiap hari, selangkah demi selangkah, kontennya sudah sesuai dengan topik harian, saya juga telah belajar selama satu setengah bulan, sekarang walau komunikasi blm terlalu lancar, setidaknya tidak takut berbicara bahasa Inggris lagi
-
Sitti Rahmah Umniyati
Belajar di Eng Breaking, seperti mendapat harta karun. Betapa tidak, karena bertahun-tahun sampai di usia pensiun, saya belum menemukan metode Bahasa Inggris yang dapat mengatasi masalah saya yaitu kurang percaya diri dan merasa alergi untuk berkomunikasi dengan native speaker. Ini benar-benar terapi yang jitu untuk mengatasi permasalahan saya di listening, dan speaking. Alhamdulillaahi rabbil 'aalamiin.
-
Anastasia Welerubun
Kumpulan buku Eng Breaking juga super indah + isi buku sangat bagus dan praktis, memiliki instruksi terperinci lengkap, saya sudah belajar sekitar 2 minggu dan merasakan kemajuan yang nyata
-
Dioza
Set lengkap ada apa aja?
-
Ririn
Setnya termasuk buku2, akun online, aplikasi dan bahkan lebih banyak hadiah. Sangat lengkap ^^!
-
Lokita Dewi
Buku ini sangat cocok bagi mereka yang blm memiliki dasar-dasarnya bhs Inggris seperti saya. Baru saja belajar, saya merasa mendengarkan dan pengucapan saya lebih baik, dan saya tahu lebih banyak kosakata dan pertanyaan umum dalam bhs Inggris. Buku ini sangat mudah dipelajari dan sederhana. Belilah dan memastikan bahwa anda akan melihat perbedaannya setelah menyelesaikannya. Tapi harus berusaha, berlatih keras juga ya!
-
Sitti Rahmah
Menurut saya pelajaran lumayan ok, sepertinya cocok untuk yang malas baca buku, malas hapal seperti saya, desainnya juga lumayan cantik dan mudah di pahami.
-
Vinia Sintia
Baru 2 minggu belajar, cara bicara bahasa inggrisku yg dulu kaku sekarang sudah mulai baik ..anakku juga memuji ibunya katanya cara bicaranya sdh mulai luwes dan lancar...aku senang sekali bertemu dengan Eng breaking
-
Nurhaya Beeca
Saya cukup puas dengan produknya. Barang yang dikemas dengan hati-hati, pengiriman tepat waktu, dan kualitas buku juga bagus. Sampul dan isi buku cukup berwarna dan mudah dibaca. Saya berharap mempelajari buku ini saya akan memenuhi tujuan yang telah ditetapkan..
Lucky Herawati
Lega rasanya, saya sudah dapat didukung oleh Eng Breaking. Banyak kata-kata baru yang saya peroleh. Cara yang saya gunakan, selain melakukan sesuai arahan Eng Breaking, saya juga mencatat sendiri kata-kata baru dalan buku rencana aksi. Sebelum saya memulai lesson berikutnya, saya ulang-ulang kata-kata baru tersebut. Dengan demikian saya benar-benar memahami isi cerita dari setiap lesson (banyak cerita yang lucu-lucu).