Kiat Belajar Yang Super Pintar Untuk Seorang Gadis Yang Awam Berbahasa Inggris

Jangan belajar IELTS sebelum Anda menguasai rahasia ini

Dari Ribka- Gadis “yang buta bahasa Inggris” yang mendapat skor IELTS 7,0 hanya dengan belajar sendiri berbagi tipsnya untuk menaklukkan bahasa Inggris untuk orang-orang yang awam berbahasa Inggris.

Mendapat nilai E Bahasa Inggris- buah pahit pertama dalam hidupnya

Memasuki perguruan tinggi, dengan pola pikir nyaman-nyaman selama semester pertama, saya tidak banyak belajar, sehingga nilai sekolah saya hanya cukup untuk lulus mata pelajaran. Hanya bahasa Inggris “yang Hebat”, saya dapat nilai “E” besar. Dan “E” berarti belajar kembali, tanpa tes ulang.

Sifat untuk menjadi “wajah cantik” cukup tinggi sehingga saya tidak bisa benar-benar menjadi “wajah tebal” dan meminta uang kepada orang tua saya dengan alasan “saya belajar kembali”. Jadi, saya harus “memeras” uang yang mereka berikan sejak awal bulan untuk membayar uang sekolah. Dan setengah bulan kemudian, saya hanya makan nasi dengan tahu, tempe atau mie instan.

Setelah semester itu, saya bertekad untuk belajar dengan sikap serius,karena di kampus ini, belajar dengan sikap tidak serius berarti kehilangan uang dengan mudah. Pada tahun pertama, saya belajar kursus umum dengan santai, tetapi ada 1 MK, itu adalah Bahasa Inggris, mata pelajaran yang “paling menyedihkan” yang saya tidak tahu bagaimana mengelolanya.

Pola pikir baik tetapi kinerja buruk

Saat itulah semester kedua dimulai, teman-teman saya buru-buru bekerja paruh waktu, beberapa meminta pekerjaan di beberapa restoran cepat saji dengan gaji Rp 5rb / jam, beberapa bekerja sebagai guru les dengan gaji Rp 50 rb per hari. Pulang bekerja, wajah mereka semua lelah dan tidak bisa belajar lagi. Mereka juga mengatakan kepada saya untuk bekerja paruh waktu demi mendapatkan uang untuk membeli beberapa pakaian bagus, tetapi saya masih bertanya-tanya …

Saya berpikir dalam hati, bekerja buru-buru seperti mereka hanya memperoleh 1-1,5 juta rupiah per bulan dan juga mengabaikan belajar, kemudian harus belajar kembali dengan mudah, maka semoga upah paruh waktu cukup untuk membayar biaya kuliah ulang.

Pada waktu itu, saya berteman dengan seorang kakak perempuan yang baru saja lulus dari universitas, dan dia berbagi, “Kamu tidak usah menginginkan uang dari pekerjaan paruh waktu masih kuliah, fokuslah belajar bahasa Inggris sebagai gantinya. Kemudian, Kamu akan bekerja dengan santai dengan gajinya tinggi. ” Diperkuat dengan pola pikir itu, bonus nilai “E”, saya memutuskan untuk “meminta bantuan” dari orang tua saya untuk mendaftar kursus di pusat bahasa Inggris untuk mempelajari bahasa Inggris dengan serius.

Saya mendaftarkan 2 kursus, 1 kursus pelafalan dan 1 kursus komunikasi dasar di pusat bimbel yang cukup terkenal (anonim). Jadi setelah 6 bulan, pelafalan saya sedikit lebih baik, tetapi saya masih tidak bisa berkomunikasi dengan bahasa Inggris.

Selain itu, saya buruk dalam berbicara bahasa Inggris, semua orang tertawa ketika mendengarkannya … Jadi itu menjadi ketakutan untuk berbicara bahasa Inggris di depan banyak orang. Saya merasa kecil hati. Tetapi orang tua saya terus memanggil saya untuk bertanya tentang situasi saya belajar bahasa Inggris, saya harus berbohong “Saya pikir saya mendapat beberapa kemajuan”.

Tidak ada resiko, tidak ada yang didapat

Saya masih menyesal bahwa saya telah menghabiskan banyak uang untuk belajar bahasa Inggris di bimbel tetapi “kehilangan segalanya”, mempikir saja sudah sangat tidak baik, jadi saya bertekad “tidak perlu bimbel, biarkan saya belajar sendiri”. Kemudian saya belajar sendiri selama 1 bulan, dan “gagal”. Ini terlalu sulit, saya tidak tahu harus mulai dari mana; juga dengan “otak gampang lupa ” saya, saya selalu lupa apa yang saya pelajari.

Saya menuliskan apa yang saya pelajari setiap waktu, “menutupi dinding dengan catatan”, tetapi saya hanya dapat menghafalnya selama … paling lama 3 hari kemudian melupakan semuanya.

Tata bahasanya diingat seperti tabel perkalian tapi saya tidak tahu bagaimana cara menerapkannya. Teman-teman saya menggelengkan kepala dengan “buruk”, “Kamu benar-benar tak punya harapan”!

Putus asa, tidak tahu arah mana yang harus pergi, hampir “risau”, saya bertekad untuk mengirim “surat dari hati” melalui email ke dosen bahasa Inggris saya di kampus, “mengakui” penderitaan saya dalam menaklukkan bahasa Inggris “yang menjengkelkan” ini. Jadi dia menyarankan saya untuk belajar sendiri dengan metode pembelajaran Eng Breaking, bersama dengan pengingat: “Bukan berarti Anda tidak memiliki bakat untuk belajar bahasa Inggris, tetapi Anda belum menemukan metode yang tepat. Berjuanglah ! ”

Belajar Bahasa Inggris 12 Tahun dikemas dalam Belajar Mandiri 3 Bulan

Dibimbing oleh dosen saya, saya online untuk mencari informasi segera tentang kursus Eng Breaking, membaca cerita para senior, ada juga yang berusia 78 tahun yang masih belajar bahasa Inggris berkat metode ini, mendapati diri mereka “bersemangat” untuk belajar Bahasa Inggris lagi.

Tetapi kali ini, saya benar-benar tidak mengizinkan diri saya untuk meminta uang lagi dari orang tua saya, untuk memasukkan uang ke dalam saku saya untuk mendaftar untuk kursus belajar mandiri ini. Ternyata biaya 6 bulan belajar dengan metode baru ini sama dengan biaya belajar bahasa Inggris sekali dari kampus. Kalau begitu, saya harus mengambil risiko, kehilangan uang satu kali lebih baik daripada belajar kembali untuk setiap semester. Jadi keputusan saya sudah bulat!

Saya segera memesan satu set Eng Breaking kemudian mulai “menyerap sedikit-demi sedikit” pelajarannya. Urutan pelajaran diatur dalam satu minggu:

● Senin: Mendengarkan secara mendalam

● Selasa:Susul ketertinggalan (2 kecepatan – lambat lalu lebih cepat)

● Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu: Respon cepat

● Minggu: Bebas

Awalnya saya merasa itu tidak terlalu akrab, karena mengejar ketinggalan itu sulit (Lidah saya menjadi sulit karena saya tidak terbiasa berbicara bahasa Inggris)😀. Tetapi semakin banyak pelajaran yang saya pelajari, semakin saya suka Mengenjar Ketertinggalan karena pengucapan dan intonasi saya membaik dengan jelas, kadang-kadang saya bahkan tidak menyadari suara saya sendiri berbicara bahasa Inggris dalam rekaman. Saya sangat menikmatinya.

Mendengarkan secara mendalam itu sederhana. Saya menyalin audio ke telepon saya, sehingga saya bisa mendengarkan bahasa Inggris sedikit sebelum tidur, selama istirahat di kampus, atau bahkan ketika mandi =)))

Untuk  Respon cepat, saya mempraktikkan kemampuan menanggapi bahasa Inggris secepatnya. Biasanya ketika saya mendengar apa yang dikatakan oleh orang Barat, otak saya harus “memuat” untuk sementara waktu sebelum memahaminya dan kemudian mengambil beberapa detik lagi untuk memikirkan jawabannya. Mempraktikkan respons cepat ini akan membantu kalian mengungkapkan jawabannya segera setelah mendengar pertanyaan, tanpa harus “memuat lagi” .

Belajar seperti ini tidak membutuhkan banyak buku, setiap kali saya belajar kata-kata baru, saya juga tidak harus menuliskannya, sehingga sangat cocok untuk orang yang malas seperti saya. Cukup salin audio ke laptop atau HP dan pasang di earphone, kemudian belajar dengan santai.

Saya sudah berbahasa Inggris dengan orang asing dengan percaya diri.

Durasi pastinya 3 bulan untuk mencapai hasil terbaik, tetapi saya “berlama-lama” selama lebih dari 4 bulan untuk menyelesaikan pembelajaran. Namun, pencapaian saya setelah 4 bulan “mengasah kemampuan” tidaklah kecil-kecil amat:

● Berbicara dengan traveler Barat dengan lancar dengan aksen Amerika standar

● Keterampilan mendengarkan jauh lebih baik (saya terkadang memeriksa keterampilan mendengarkan saya dengan Ted-ed dan mengerti 70-80%.

● Reaksi saya dalam  mendengarkan-berbicara juga sangat meningkat.

Dan tentu saja skor bahasa Inggris saya di sekolah juga meningkat secara signifikan. Skor “cantik” A menggantikan skor “jelek” E di masa lalu. Merasa hidup saya seperti “membalikkan halaman baru”!

Mengubah hidup saya …

Melihat kemampuan bahasa Inggris saya meningkat secara signifikan, guru saya mendorong saya berusaha lebih keras untuk mendapatkan sertifikat IELTS dan kemudian mendapatkan beasiswa untuk belajar di luar negeri. Pada saat itu 2 kata “belajar di luar negeri” sangat “mewah” bagi saya, saya tidak pernah berani memikirkannya! Tapi tidak apa-apa, saya akan mencobanya, mungkin hasilnya akan baik.

Jadi saya belajar IELTS sendiri (Karena biaya bimbel terlalu mahal), saya mencari bahan belajar mandiri di internet. Terutama untuk meningkatkan 2 keterampilan Menulis dengan Membaca. Untuk Mendengarkan dan Berbicara, saya cukup percaya diri berkat telah selesai belajar Eng Breaking, saya hanya perlu memperkaya bahasa Inggris saya dengan mengumpulkan beberapa tips dan kosakata lagi.

Saya sebagai pemandu wisata untuk orang asing.

Belajar mandiri IELTS untuk sementara waktu, saya mendaftar untuk ujian. Skor Keseluruhan saya: 7.0 (Mendengarkan: 7.0, Menulis: 6.0, Berbicara: 7.5, Membaca: 6.5). Bagus!

Untuk seseorang yang hampir “buta” dalam bahasa Inggris dan “otak gampang lupa ” seperti saya, saya masih bisa belajar, saya percaya, semua orang bisa pandai berbahasa Inggris dengan Eng Breaking. Hanya perlu sedikit keyakinan, sedikit kerja keras, biarkan Eng Breaking mengurus sisanya. Saya bersumpah!

Dengan Eng Breaking, kami percaya bahwa: hanya latihan mendengarkan, berbicara, dan menggabungkan mendengarkan - berbicara menjadi refleks. Anda akan percaya diri berbahasa Inggris hanya setelah 3 bulan belajar mandiri..

Cari tahu sekarang metode belajar mandiri Eng Breaking Lancar berkomunikasi bahasa Inggris hanya setelah 3 bulan belajar mandiri

183 thoughts on “Kiat Belajar Yang Super Pintar Untuk Seorang Gadis Yang Awam Berbahasa Inggris

  1. Asep sutarman says:

    Hallo kak salam. Kenal
    Saya ingin bisa mahir bahasa Inggris dari sejak sekolah sy ga bisa2 tapi hati pengen banget pinter berbahasa Inggris tersebut apa mungkin bisa sesusia sy sudah usia diatas 50an gmn caranya ya

    • Eng Breaking Team says:

      Hello Kak Firman, terima kasih telah tertarik dengan Eng Breaking. Pembelajaran dengan program Eng Breaking dilakukan secara online ya Kak. Silakan Anda bergabung dengan Eng Program Breaking melalui: http://engbreaking.id/ supaya cepat bisa menguasai Bahasa inggris ya Kak. Terima kasih🥰🙏

    • Eng Breaking Team says:

      Hello Kak Gita, terima kasih telah tertarik dengan Eng Breaking. Untuk bergabung dengan Program Eng Breaking, silakan Anda bergabung melalui: http://engbreaking.id/ Selamat belajar dan semoga sukses! Terima kasih 🥰🙏

  2. Alvin says:

    Halo kak, apakah di eng breaking ada pendampingan selama pembelajaran ? Bagaimana mengetahui kalau pengucapannya sudah benar atau belum ?

    • Eng Breaking Team says:

      Hello Kak Alvin, kami menyediakan Tim Akademik yang akan siap membantu setiap kendala yang dihadapi oleh peserta dalam proses pembelajaran ya Kak. Selamat belajar dan semoga suskes, Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *