Belajar Menerapkan Penggunaan In On At Dengan Cara Paling Gampang

Mungkin di antara kalian masih banyak yang belum familiar dengan penggunaan in on at dalam kalimat bahasa Inggris secara benar dan tepat. Penggunaan in on at ini memang terkadang membingungkan, apalagi untuk para pelajar pemula yang baru saja memulai belajar bahasa Inggris.

Kalian bisa saja keliru menempatkan penggunaan in on at ini pada tempatnya karena dalam bahasa Indonesia akan terdengar memiliki arti yang sama.  Prepositions atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan kata depan yang berarti ‘di’ ini biasanya berguna untuk menunjukkan tempat, waktu dan juga arah.

Jadi kalian memang harus mengetahui penggunaan in on at ini secara baik supaya tidak salah. 

Oleh karena itu pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan bagaimana penggunaan in on at yang benar secara singkat dengan berbagai contoh-contoh kalimat bahasa Inggris dan artinya dalam bahasa Indonesia.  Selamat membaca hingga habis ya!

Tidak ada cara tertentu untuk mengetahui penggunaan in on at 

Penggunaan in on at pasti membuat kalian pusing, dan sebenarnya dalam tata bahasa Inggris ada banyak sekali kata depan/preposisi yang perlu kalian gunakan secara tepat dan benar selain in, on, at seperti by, with, for, of, to, under, dan banyak lagi. 

Dan kabar buruknya lagi tidak ada cara tertentu untuk mengetahui preposisi atau kata depan manakah yang mesti kalian gunakan, apakah di sini kalian harus menggunakan in, on, atau at? Nampak sungguh sulit sekali bukan?

Pada kenyataannya adalah preposisi yang berbeda-beda dapat saja digunakan pada kata-kata yang sama, tapi tentu saja dalam bahasa Inggris itu akan bisa merubah arti kalimat kalian. 

Coba bandingkan keenam kalimat ini di bawah!

1)

  • Are you in the bus now? (Apakah Anda berada di bis sekarang) 
  • Were you in the house yesterday night? ( Apakah Anda berada di rumah kemarin malam?)
  • Will she sleep in that bedroom? (Apakah dia akan tidur di kamar tidur itu?)

2)

  • Are you on the bus now? 
  • Were you on the house yesterday night? 
  • Will she sleep on that bedroom?

3)

  • Are you at the bus now? 
  • Were you at the house yesterday night? 
  • Will she sleep at that bedroom?

>>> 6 (enam) kalimat di atas apabila diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia akan memiliki arti yang sama dengan kalimat yang paling awal (Grup 1) ). 

Dan percaya atau tidak, keenam dari kalimat-kalimat ini adalah ok-ok saja, namun nampaknya pada setiap pertanyaan akan memiliki arti yang berbeda-beda jika itu menggunakan kaidah bahasa Inggris. 

Tapi jika keenam kalimat itu diterjemahkan ke bahasa Indonesia, maka kalian akan berpikir bahwa kalimat-kalimat itu mempunyai makna yang sama meskipun menggunakan preposisi yang berbeda-beda, yaitu in, on, at.

Jadi problem preposisi ini cukup membingungkan juga, ya, terutama bagi kalian yang baru saja mulai belajar bahasa Inggris dari tahap dasar  sebab tentunya tata bahasa Inggris agak berbeda dengan tata bahasa yang ada pada bahasa Indonesia.  

Dan pada kebanyakan waktu, kalian tidak bisa menebak preposisi yang paling benar untuk digunakan. Di sisi lain, kalian tidak boleh mencoba menerjemahkan kalimat-kalimat itu dengan bahasa Indonesia untuk mengetahui preposisi manakah yang paling cocok digunakan.

Oh iya, berbagai kata depan ini sebenarnya harus kalian pelajari pada potongan kata atau disebut juga dengan kolokasi (collocations) atau kelompok-kelompok kata yang sering digunakan secara bersama-sama, sebagai contohnya adalah:

  • At night (pada malam hari)
  • In the morning ( pada waktu pagi hari)
  • It depends on your effort (itu tergantung dari usaha Anda)

Belajar kata depan dengan cara ini akan dapat membantu kalian untuk memperkecil peluang melakukan kesalahan kalian saat  menggunakan preposisi-preposisi ini pada kalimat bahasa Inggris.

Dengan begitu, kalian mesti memberikan perhatian yang baik kepada cara para penutur asli (native speakers) menggunakan berbagai kata depan ini dalam kalimat.

Misalnya saja, lihatlah bagaimana mereka menggunakan in, on, at ini dalam penulisan berbagai artikel di surat kabar atau penulisan essay dan novel? Dengan preposisi yang manakah mereka gunakan?

Karena itulah disini, silahkan kalian perhatikan dengan cermat dan seksama kepada peraturan-peraturan umum yang akan kami jelaskan pada artikel yang singkat kali ini supaya kalian bisa dengan mudah dan tepat memilih preposisi yang paling tepat pada kalimat-kalimat bahasa Inggris Anda. 

penggunaan in on at
Preposisi In On At

Contoh-contoh penggunaan in on at dalam kalimat bahasa Inggris

Sebenarnya ada banyak hal yang perlu diketahui mengenai penggunaan in on at ini dalam kalimat. Untuk memudahkan pembahasan, Disini kami akan membagi topik penggunaan in on at ini ke dalam 3 (tiga) bagian sebagai berikut:

1 – Kata depan ‘IN’ 

Dalam menerapkan penggunaan in on at pada kalimat, maka pembahasan kami yang pertama adalah kata depan ‘in’.

Lalu apa artinya ‘in’ dalam bahasa Indonesia. Cara gampangnya kita terjemahkan in dalam bahasa Indonesia adalah ‘di dalam.’

Kami yakin kalian sudah pernah mendengar dan menemukan kata depan ‘in’ dalam percakapan bahasa Inggris, pada film-film yang kalian tonton, lagu-lagu yang kalian dengar, atau teks-teks bacaan bahasa Inggris.

Pasti semua teks bahasa Inggris tidak akan terlepas dari penggunaan in on at, terutama kata ‘in’. 

Maka dalam bahasa Inggris, kata ‘in’ bisa menunjukkan pada semua tempat atau lokasi atau area yang tertutup.

Tapi harap diingat, jika kata depan ‘in’ ini menunjukkan waktu, maka akan mempunyai arti dan penggunaan yang berbeda dibandingkan penggunaan kata ‘in’ yang menunjukkan tempat. 

Kata depan ‘in’ sebagai penunjuk tempat 

Pada penggunaan in on at, maka kami anggap bahwa penggunaan kata depan ‘in’ mempunyai cakupan yang lebih umum, dimana kata ‘in’ mempunyai sifat lebih umum dibandingkan dengan kedua kata depan lainnya yaitu ‘on’ dan ‘at’. Kata depan ini dipakai untuk menerangkan sebuah tempat atau area yang tidak begitu tertentu atau spesifik. 

Nah, di samping menunjukkan tempat tertutup yang apa saja yang berada ‘di dalam’, kata depan ‘in’ juga biasa dipakai untuk menunjukkan negara, ibukota negara, kota, desa, atau bahkan bangunan. 

Untuk memberikan penjelasan pada penggunaan kata depan ‘in’ ini, disini kami akan memberikan beberapa contoh yang semoga bisa dimengerti oleh kalian, ya. 

  • My little brother likes to hide in this small room.
    (Adik kecil saya suka bersembunyi di dalam ruangan yang kecil ini.)
  • There is nothing left in my cup.
    (Tidak ada yang tersisa di dalam cangkir saya.)
  • Would you take seat in the waiting room, please?
    (Maukah Anda duduk di ruang tunggu, ya?)
  • I only have $ 10 in my pocket. Do you want to have it?
    (Saya hanya punya uang $ 10 dalam saku saya. Apakah Anda ingin memilikinya?
  • I do not want to study in France anymore.
    (Saya tidak ingin belajar lagi di negara Perancis.)
  • I was able to take a picture of Prambanan temple very closely when I was visiting my friend in Yogyakarta
    (Saya  bisa mengambil foto candi Prambanan secara sangat dekat saat saya mengunjungi teman saya di Yogyakarta.)
  • I work everyday in this huge building.
    (Saya bekerja setiap hari di dalam bagunan yang besar ini.)

Memang terlihat mudah berfikir akan contoh-contoh di atas. Kita bisa menggunakan preposisi ‘in’ dengan bangunan-bangunan atau ruangan dan tempat-tempat yang bisa mengelilingi seseorang atau sebuah benda pada semua sisi. 

Contoh-contoh di atas juga memiliki batas atau pinggiran, bahkan jika batasan-batasan atau pinggiran-pinggiran ini kurang jelas atau nyata. Secara fisik, kita dapat berlokasi di dalam pinggiran-pinggiran dari ruang atau tempat. 

Selain itu, ketika berbicara mengenai sekumpulan orang, maka kalian dapat menggunakan preposisi ‘in’ .  Contoh-contohnya adalah:

  • My young sister works in the finance team.
    (Adik kecil saya bekerja pada tim keuangan.)
  • I am happy to  hear that I was selected in the Indonesian national team last week.
    (Saya merasa bahagia mendengar bahwa saya sudah diseleksi pada tim nasional Indonesia minggu yang lalu.)

Tapi tentu saja disini ada  beberapa pengecualian yang perlu kalian ketahui, misalnya untuk kelompok orang-orang yang berlevel tinggi dan penting dimana para anggotanya biasanya dipilih, maka kalian perlu menggunakan preposisi ‘on’ dan bukan ‘in’. Sebagai contoh adalah sebagai berikut:

  • I am delighted that I am on the committee.
    (Saya senang bahwa saya berada di komite.)
  • My brother is on the council.
    (Kakak laki-laki saya berada pada majelis.)

Oh ya jangan lupa juga, kalian bisa menggunakan kata depan ‘in’ dengan benda-benda yang cair atau mengandung cairan. Dan contoh-contohnya sebagai berikut:

  • There is a lot of chili in that sauce, so please be careful!
    (Ada banyak rasa pedas di saos itu, jadi tolong berhati-hatilah!)
  • I have found much sugar in this soft drink.
    (Saya sudah menemukan banyak gula pada minuman ringan ini.)

Kata depan ‘in’ sebagai penunjuk waktu 

Disebabkan kata depan ‘in’ memiliki sifat yang lebih umum dibandingkan penggunaan kata-kata depan lainnya, maka ‘in’ juga akan bersifat lebih umum dalam menunjukkan waktu, seperti dekade, abad, tahun, bulan, minggu, bahkan musim dan bagian-bagian hari seperti pagi, siang, dan malam.

Jadi dibandingkan kata depan ‘on’ , maka kata depan ‘in’ bisa dikatakan jauh lebih digunakan dalam menunjukkan waktu atau menerangkan kapan kejadian itu terjadi yang tertulis dalam kalimat yang disampaikan. 

Untuk menjelaskan penggunaan kata depan ‘in’ alangkah baiknya disini kami kemukakan penggunaannya dalam beberapa kalimat bahasa Inggris, sebagai berikut : 

  • In the 80’s, my grandfather went to Jakarta to find a good job.
    (Pada tahun 1980-an, kakek saya pergi ke Jakarta untuk menemukan sebuah pekerjaan yang bagus.)
  • My parents will have a short vacation in July 2022.
    (Orang tua saya akan berlibur sebenar pada bulan Juli 2022.)
  • I will start my giant project in a month.
    (Saya akan memulai proyek raksasa saya dalam sebulan.)
  • I recommend you to travel to Bali Island in Summer.
    (Saya menyarankan Anda untuk pergi traveling ke pulau Bali pada musim panas.)
  • My little brother sometimes goes for sleeping in the morning.
    (Adik kecil saya kadang-kadang pergi tidur pada pagi hari.)

2 – Kata depan ‘ON’ 

Pada penggunaan in on at kali ini, mari kita bahas sekarang penggunaan kata depan ‘on’ dan bagaimana cara menerapkannya dalam kalimat-kalimat bahasa Inggris secara benar dan tepat. 

Seperti dipaparkan di atas, bahwa penggunaan kata depan ‘in’ biasanya lebih umum, maka penggunaan kata depan ‘on’ biasanya akan lebih spesifik.

Pada umumnya, preposisi ini digunakan untuk menunjukkan atau menerangkan tempat yang berada di atas permukaan dari sebuah benda atau barang.

Akan tetapi kata depan ‘on’ dapat juga digunakan untuk menunjukkan waktu.

Lalu bagaimana cara membedakannya dengan penggunaan kata depan ‘in’ yang juga menunjukkan waktu? Mari kita sama-sama simak bagaimana penggunaannya serta contoh-contohnya dalam bahasa Inggris. 

Kata depan ‘on’ sebagai penunjuk tempat

Di samping menunjukkan tempat yang berada di atas permukaan, kata depan ‘on’ juga bisa menerangkan jalan raya atau nama-nama jalan yang lebih kecil, lantai sebuah bangunan, maupun saluran-saluran informasi dan komunikasi seperti penggunaan internet, telepon, televisi dan banyak lagi. 

Untuk lebih menjelaskan penggunaan kata depan ‘on’ , maka silahkan kalian perhatikan contoh-contoh kalimat berikut ini:

  • I am looking at a house lizard that is eating a little mosquito on the wall.
    (Saya sedang melihat seekor cicak yang sedang makan seekor nyamuk kecil di atas dinding.)
  • Could you write in on that piece of paper.
    (Dapatkah Anda menuliskan ini pada secarik kertas.)
  • You can sell a painting on the wall beside you.
    (Anda bisa menjual sebuah lukisan pada dinding di samping Anda.)
  • We will be on the lake as soon as possible to help you prepare our dinner.
    (Kami akan berada di danau sesegera mungkin untuk membantu Anda mempersiapkan makan malam kami.)
  • There are many people waiting on the corner of Gembira street.
    (Ada banyak orang yang sedang menunggu di sudut jalan Gembira.)
  • The swimming pool is located in the first floor of the building.
    (Kolam renang itu berlokasi di lantai pertama bangunan.) 
  • I always watch this interesting program on the television.
    (Saya selalu menonton program yang menarik ini di televisi.)
  • This book can only be found on the internet.
    (Buku ini hanya bisa ditemukan di internet.)

Kata depan ‘on’ sebagai penunjuk waktu

Selain untuk menunjukkan tempat, kata depan ‘on’ ini juga ternyata dapat digunakan untuk menunjukkan waktu, sama seperti halnya kata depan ‘in’ , namun penggunaannya dalam kalimat lebih spesifik.

Misalnya saja, saat kalian ingin menunjukkan waktu berupa nama-nama hari, hari spesial, tanggal maupun akhir pekan, maka kalian dapat menggunakan kata depan ‘on’. 

Disini kami akan mengemukakan beberapa contoh beberapa kalimat dalam bahasa Inggris dengan penggunaan kata depan ‘on’ yang menunjukkan waktu-waktu tersebut. 

  • My sister left for UK for studying on September 2nd, 2000.
    (Saudara perempuan saya telah berangkat ke Inggris untuk belajar pada tanggal 2 September 2000.)
  • My mother always gives me a special gift on my birthday.
    (Ibu saya selalu memberikan saya sebuah hadiah spesial di hari ulang tahun saya.)
  • On Saturday, I usually visit my grandfather in his beautiful village.
    (Pada hari sabtu, saya biasanya mengunjungi kakek saya di desanya yang indah.)
  • We have a plan to watch this movie together on the weekend.
    (Kami punya sebuah rencana untuk menonton film ini bersama-sama di akhir pekan.)

3 – Kata depan ‘AT’ 

Pada penggunaan in on at bagian ketiga adalah penggunaan kata depan ‘at’ dimana dibandingkan kedua kata depan lainnya yaitu in dan on, maka penggunaan kata depan ‘at’ ini biasanya paling spesifik atau lebih tepat.

Ya, kata depan ‘at’ bisa menunjukkan tempat dan juga bisa menunjukkan waktu, seperti halnya penggunaan kata depan ‘in’ dan kata depan ‘on. 

Masih bingung ya kalian bagaimana cara membedakan penggunaan kata depan ‘at’ dengan penggunaan kata depan ‘in’ dan ‘on’ ? Baiklah disini akan kami uraikan lebih lanjut. 

Kata depan ‘at’ sebagai penunjuk tempat 

Dalam tata bahasa Inggris, preposisi ini biasanya digunakan untuk menunjukkan tempat yang sudah khusus dan juga bisa digunakan untuk menjelaskan lokasi yang spesifik, alamat dan bahkan nomor jalan.

Untuk menjelaskan penggunaan kata depan ‘at’ lebih lanjut, kami disini akan memberikan sejumlah contoh sederhananya dalam kalimat bahasa Inggris sebagai berikut :

  • His brother is at the school now.
    (Saudara laki-lakinya sedang berada di sekolah sekarang.)
  • I am at my grandmother’s home right now.
    (Sekarang juga saya sedang berada di rumah nenek saya.)
  • I want to meet with you at the supermarket tomorrow morning.
    (Saya ingin bertemu dengan Anda di supermarket besok pagi.)
  • Budi wants to buy a small apartment at 5 Sudirman street.
    (Budi ingin membeli sebuah apartemen kecil di jalan Sudirman nomor 5.)
  • I am not interested to study at university.
    (Saya tidak tertarik untuk kuliah di universitas.)
  • There is a clever student at our library.
    (Ada seorang pelajar yang pintar di perpustakaan kami.)

Selain untuk tujuan di atas, kata depan ‘at’ juga bisa kalian gunakan pada event-event. Berikut ini beberapa contohnya:

  • We don’t want to meet with him at your birthday party today.
    (Kami tidak ingin ingin bertemu dengan dia pada pesta ulang tahun Anda hari ini.)
  • My brother is speaking English at a conference now.
    (Kakak laki-laki saya sedang berbicara bahasa Inggris sekarang.)

Kata depan ‘at’ sebagai penunjuk waktu

Ternyata tidak hanya untuk menunjukkan tempat, kata depan ‘at’ ini juga bisa digunakan untuk menunjukkan waktu seperti jam, menit, detik, malam hari atau bahkan waktu fajar (waktu menjelang terbit matahari). 

Untuk menerangkan lebih lanjut mengenai penggunaan kata depan ‘at’ ini, disini kami juga akan memberikan beberapa contoh penggunaan preposisi ini pada kalimat-kalimat bahasa Inggris, sebagai berikut:

  • This little bird can’t fly at night.
    (Burung kecil ini tidak dapat terbang pada malam hari.)
  • I begin to work on this project at dawn.
    (Saya mulai bekerja pada proyek ini pada waktu fajar.)
  • I will go to a book store at 2 p.m.
    (Saya akan pergi ke toko buku pada pukul 2 siang.)
  • She always finish her tasks at the last minutes.
    (Dia selalu menyelesaikan tugas-tugasnya pada menit-menit terakhir.)

Semoga dengan paparan di atas, kalian sudah bisa mengerti bagaimana cara menerapkan penggunaan in on at ini pada kalimat-kalimat bahasa Inggris secara tepat dan benar. 

Untuk merangkum penjelasan penggunaan in on at ini, maka kami disini akan menjelaskannya melalui sebuah tabel yang sederhana.

Kami harap dengan adanya tabel mengenai penggunaan in on at ini, maka pemahaman kalian mengenai 3 (tiga) kata depan ini dalam menerapkannya pada kalimat-kalimat  akan semakin baik. 

Preposition In On At
Penggunaan In On At

Silahkan perhatikan ringkasan penggunaan in on at ini pada tabel sebagai berikut!

NoKata depan/
preposisi
Penunjuk waktuPenunjuk tempat
1Ino) Abad (ratusan tahun) atau dekade (puluhan tahun) contoh: in the 2nd century, in the 50s
o) Nama-nama bulan dalam satu tahun, contoh: (in March, in July)
o) Poin-poin tahun, contoh: (in 2021, in 1980)
o) Nama-nama musim dalam 1 tahun, contoh: (Spring, Summer, Fall, Winter)
o) Periode waktu, contoh:  (in a few days, in a few months)
o) Bagian dari hari dalam 24 jam, contoh: (in the morning, in the afternoon, in the evening)
o) Nama-nama benua, contoh: (in Europe, in America)
o) Nama-nama kawasan, contoh: (in Sudirman area)
o) Nama-nama kota, contoh: (in Surabaya, in Bali)
o) Nama-nama provinsi, contoh: (in West Java, in South Sumatera)
o) Nama-nama negara, contoh: (in Indonesia, in Vietnam)
o) Di dalam, contoh: (in the room, in the house)
2Ono) Nama-nama hari dalam seminggu, contoh: (on Sunday, on Monday, on Tuesday, on Wednesday…)
o) Akhir minggu, contoh: (on the weekend)
o) Nama-nama hari yang spesial dimana pada kata kedua dalam bahasa Inggris adalah “day”, contoh : (Christmas Day)
o) Poin tanggal, contoh: (On August 22nd)
o) Nama jalan yang lebih spesifik dibandingkan dengan penggunaan ‘in’, contoh: (on the corner of 7th Street)
o) Tingkatan lantai dalam bangunan dll (on the first floor, on the second floor…)
o) Saluran informasi dan komunikasi (on the phone, on the internet..)
o) Di atas permukaan sebuah benda atau barang, contoh: (on the floor, on the desk, on the table…)
3Ato) Poin jam, contoh: (at 8 am, at 12 pm, at 4 o’clock)
o) Menit, contoh: (at 10 minutes past 11)
o) Detik, contoh: (at the second)
o) Momen (at this moment, at moment)
o) Malam hari, waktu-waktu senja dan fajar, contoh: (at dawn, at dusk, at night)
o) Nama-nama hari spesial yang tidak diikuti oleh kata ‘day’ contoh: (at Easter)
o) Alamat paling lengkap jika dibandingkan dengan penggunaan in dan on, contoh: (at 18th Wahid Hasyim Street)
o) Tempat atau lokasi yang spesifik, contoh: (at your home, at your side,…)

Kami yakin kalian sudah sangat paham dengan penerapan penggunaan in on at ini dalam kalimat-kalimat bahasa Inggris, bukan?

Berikutnya adalah kalian harus mempraktekkan sendiri penggunaan in on at ini secara mandiri dengan mengikuti berbagai strategi belajar dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, misalnya dengan banyak menulis dan membaca teks-teks apa saja dalam bahasa Inggris.

Kalian juga bisa mencoba menerapkan penggunaan in on at ini saat kalian berkomunikasi dengan kawan kalian dalam bahasa Inggris dengan penuh percaya diri. 

Semoga bermanfaat ya paparan pada artikel kali ini dan semoga sukses selalu!

Jangan lewatkan:

Dengan Eng Breaking, kami percaya bahwa: hanya latihan mendengarkan, berbicara, dan menggabungkan mendengarkan - berbicara menjadi refleks. Anda akan percaya diri berbahasa Inggris hanya setelah 3 bulan belajar mandiri..

Cari tahu sekarang metode belajar mandiri Eng Breaking Lancar berkomunikasi bahasa Inggris hanya setelah 3 bulan belajar mandiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *