Cara Praktek Mendengar Bahasa Inggris Bagi Pemula

Cara Praktek Mendengar Bahasa Inggris Bagi Pemula

Sebagai orang yang bukan penutur asli bahasa Inggris dan tumbuh di lingkungan yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dan komunikasi, kalian mungkin akan merasa kesulitan untuk praktek mendengar bahasa Inggris (listening) dengan baik.

praktek mendengar bahasa inggris
Praktek listening sangat menyenangkan dan  menghibur

Banyak yang menganggap bahwa praktek listening ini sangatlah sulit dilakukan, terutama saat mendengarkan kepada komunikasi para penutur asli (native speaker) yang mungkin kalian anggap sangat cepat. Tidak hanya itu, mungkin kalian bisa saja kehilangan rasa percaya diri saat berusaha mencerna maksud pembicaraan bahasa Inggris yang dituturkan oleh mereka itu. Ya, intinya Pelajar bahasa Inggris mendengarkan percakapan mereka, akan terasa sulit.

Nah, pada kesempatan kali ini, akan kami bahas seputar tips-tips listening dan beberapa kesalahan yang perlu dihindari serta cara menghindarinya. Mudah-mudahan artikel ini bisa membantu kalian dalam memperbaiki kualitas listening kalian. Selamat membaca!

Latihan Mendengarkan Dan Berbicara Bahasa Inggris: 4 Langkah Untuk Melatih Refleks (SUPER CEPAT)

Tips-tips mendengar bahasa Inggris yang perlu kalian perhatikan:

Nyatanya ada sejumlah tips yang bisa kalian ikuti untuk mengembangkan kualitas listening kalian. Pelajar bahasa Inggris mendengarkan  Tips-tips ini dapat dirangkum sebagai berikut:

1.     Menyaksikan flim-film atau klip-klip video serta berita dalam bahasa Inggris

Pastinya kalian hobi banget menonton film-film Hollywood, bukan? Entah itu bergenre romantis, horror, action, sejarah dan lain sebagainya. Nah, salah satu cara memperbaiki dan meningkatkan kualitas listening adalah dengan menonton film-film favorit kalian yang diproduksi oleh industri perfilman terbesar di dunia itu. Cara ini bisa membuat listening kalian makin baik sebab selain menghibur, kalian juga bisa membiasakan telinga kalian dengan percakapan para native speaker.  

Oh iya, jangan lupa untuk mematikan sejenak subtitle bahasa Indonesianya agar kalian berusaha meraba maksud dari narasi atau percakapan yang berlangsung.

Oh iya, tidak hanya filim, kalian juga bisa melihat klip-klip video favorit kalian di Youtube, Vimeo, Dailymotion dll.  Ada banyak macam acara yang bisa dilihat secara gratis dan mudah diakses, berbekal jaringan internet dan perangkat mobile kalian saja.

Jadi selain bisa menikmati klip kesukaan kalian, listening kalian juga dijamin akan makin jago. Di samping itu, jika kalian suka dengan berita-berita berbahasa Inggris seperti BBC, CNN, Jazeera English dan banyak lagi, akan lebih baik lagi, sebab selain bisa mengetahui berita perkembangan dunia, kalian juga bisa mengasah listening bahasa Inggris kalian dengan baik dan cepat. Oh iya, kalian juga bisa mencoba mendengarkan film-film dokumenter berbahasa Inggris yang pastinya menambah wawasan dan pengetahuan kalian.

2.     Coba dengarkan lagu-lagu bahasa Inggris sesering mungkin

Kalian juga bisa mencoba tips yang satu ini yaitu mendengarkan lagu-lagu favorit kalian melalui earphone atau headset. Hampir semua genre musik bisa ditemukan dalam bahasa Inggris seperti pop, jazz, rapp, hiphop bahkan aliran rock atau country . 

Nah, kalian bisa pilih salah satunya yang merupakan kesukaan kalian. Menariknya mendengarkan musik bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja terserah keinginan kalian.   Selain pastinya menghibur, kami jamin kemampuan listening kalian akan semakin meningkat sebab kalian akan terpacu untuk memahami apa yang dinyanyikan oleh para penyanyi favorit kalian ini. 

Jika sudah faham, kalian mungkin akan terhanyut dengan lirik dari lagu-lagu Inggris yang menyihir dan mengagumkan ini.

praktek mendengar bahasa inggris
Praktek listening melalui lagu-lagu Inggris favoritmu

3.     Silahkan catat vocabulary atau kosakata yang kalian dengar

Ketika kalian menonton film atau klip dan mendengarkan musik berbahasa Inggris, terkadang kalian mendengarkan banyak kosakata yang terasa cukup susah untuk dieja. Kalian berusaha memahami apa yang diucapkan oleh para penutur asli, namun selalu gagal karena mungkin saja kalian baru pertama kali mendengarnya. Namun hal itu tidak boleh jadi penghalang kalian untuk meningkatkan kualitas listening.

Karena itulah, alangkah baiknya jika kalian mencatat kata-kata tersebut di buku catatan kalian dengan petunjuk pelafalannya, sekaligus dengan artinya dalam bahasa Indonesia. Usahakan agar kalian pilih buku catatan yang berukuran kecil saja, sebab bisa dibawa kemanapun kalian pergi.

Kalian juga bisa mencatatnya dengan ponsel pintar kalian, terserah kenyamanan kalian saja. Karena kata-kata itu sulit diucapkan, maka kalian perlu berlatih mengucapkan kata-kata itu. Nah, jika kalian sudah menguasainya dengan baik, maka nanti saat kata-kata itu terlintas pada telinga Anda, Anda dapat segera memahaminya dengan baik.

4.     Silahkan manfaatkan aplikasi listening yang bisa diunduh secara gratis

Berkat kemajuan teknologi internet, maka saat ini sudah banyak aplikasi mobile yang dibuat khusus meningkatkan kualitas listening kalian. Aplikasi-aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di Google Play dan Apple Store untuk penggunaan sistem operasi Android dan IOS. Contoh-contoh aplikasi  yang bisa kalian akses dengan mudah dan cepat adalah Learn English Daily, Buusu, Hello English, English Conversation Practice, dan banyak lagi.

Aplikasi-aplikasi ini dibuat baik oleh perusahaan luar maupun dalam negeri. Kalian bisa memilih salah satunya sesuai dengan keinginan dan keperluan listening kalian. Dengan aplikasi ini, kalian bisa menggunakannya kapanpun dan dimanapun.

 Oh iya, jika kalian mau, kalian juga bisa mencoba mengunduh beberapa aplikasi yang berbayar jika kualitas pembelajaran listening-nya dianggap lebih baik dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi mobile yang gratisan itu. Yang penting adalah kalian bisa mengasah kemampuan listening kalian dengan baik, efektif, dan efisien.

5.     Silahkan praktekkan bahasa Inggris kalian dengan penuh percaya diri

Hilangkan rasa minder kalian, dan segeralah praktek bahasa Inggris kalian dengan teman kalian yang punya hobi yang sama dengan kalian. Tujuannya apa? Saat mengobrol, kalian akan dipacu untuk memahami isi obrolan dan komunikasi teman Anda. Untuk membuat obrolan bahasa Inggris kalian semakin asyik dan tidak membosankan, disarankan untuk memilih tema-tema menarik atau topik-topik keseharian.

Oh iya, tidak hanya teman yang bisa kalian ajak untuk praktek bahasa Inggris, Anda juga bisa mempraktekkan bahasa Inggris kalian dengan saudara, kakak atau adik , atau bahkan orang tua kalian. Yang penting adalah kalian bisa mengasah kemampuan listening kalian dengan mereka.

Atau jika kalian punya teman asing baik di kehidupan sehari-hari maupun di media sosial, maka itu akan jauh lebih baik sebab mau tidak mau, kalian akan mendengarkan komunikasi mereka dan kalian perlu menanggapi ucapan mereka. Anda tidak boleh merasa malu, apalagi minder dengan mereka.

Jika ada kata-kata yang sulit kalian pahami dengan baik, kalian bisa meminta mereka untuk mengulangi pengucapan kata-kata itu secara perlahan-lahan.  Dengan mengobrol dengan mereka, tidak hanya kemampuan listening saja akan makin handal, tapi juga komunikasi Inggris kalian juga akan bertambah lancar. Percaya saja, deh!

Kesalahan-kesalahan saat praktek listening dan cara menghindarinya

Setelah kalian berusaha keras mengasah kemampuan listening kalian, namun tampak mengecewakan jika kalian melakukan sejumlah kesalahan. Dengan begitu, kalian bisa saja kehilangan motivasi belajar dan minat kalian terhadap listening mulai memudar. Sebuah studi mengungkapkan bahwa motivasi lebih besar akan mempercepat pembelajaran.

Jadi berikut ini beberapa kesalahan listening yang kerap kalian alami dan cara-cara menghindarkannya yang perlu kalian ketahui:

1.     Membiarkan kegelisahan listening menguasai diri kalian

Kegelisahan terkadang menyerang kalian yang tengah belajar listening. Semakin kalian belajar, semakin sadar bahwa kalian tidak tahu, dan kalian menemukan diri kalian merasa gugup. Jika kalian gugup bahwa kalian tidak akan memahami ucapan para penutur native saat bicara, maka hal itu akan membuat kalian secara perlahan untuk enggan belajar listening. Sebuah studi menyatakan bahwa jika Anda merasa gelisah, maka keadaan tersebut akan mempengaruhi kemampuan berbahasa Anda.

Bagaimana cara menghindarinya?

Satu cara yang layak diperhatikan adalah kalian perlu terus-menerus praktek listening dengan mendengarkan apapun yang kalian suka. Semakin banyak kalian praktek, maka semakin baik pula kalian mengatasi kegelisahan kalian.

Meskipun kalian berlatih keras praktek listening, namun mungkin saja kalian juga mengalami kegelisahan saat lawan bicara kalian adalah para penutur asli Inggris. Kalian perlu santai sebab situasi ini dianggap normal. Kalian mesti sadar bahwa kalian akan melakukan kesalahan saat berkomunikasi dengan mereka. Jika kalian sudah menyadarinya, maka saya yakin kegugupan dan kegelisahan akan segera hilang dari pikiranmu.

2.     Tidak mengenali kosa kata yang familiar

Beberapa dari kalian nampak menghafal beberapa kosa kata sebab kalian menyangka, semakin banyak kata yang kalian tahu, maka semakin banyak kalian bisa mengerti. Bukankah begitu?

Tidak juga. Nyatanya jika kalian mengetahui ribuan kosa kata, namun itu tidak berarti kalian akan mampu menggunakannya pada konteks pembicaraan. Sejumlah studi menekankan bahwa konteks dapat benar-benar mempengaruhi arti. Itu berarti bahwa  saat kalian menyadari bahwa kalian tidak bisa mengeluarkan kosa kata yang kalian ketahui sebelumnya saat komunikasi, hal itu akan membuat kalian kecewa sebab kalian telah banyak berkorban waktu dan tenaga untuk belajar listening.

Bagaimana cara menghindarinya?

Kalian tetap mengecek ekspektasi kalian. Cobalah memahami apa yang kalian bisa, tapi jika kalian melupakan satu kata saja, jangan menyerah. Kalian mungkin tidak menggunakan seluruh kosakata pertama kalinya, tapi jika kalian tetap mencoba, maka kalian akan menggunakan lebih banyak. Selain cara ini, cara lainnya adalah dengan lebih sering melakukan kegiatan listening yang kontekstual. Kalian bisa bergabung dengan salah satu layanan online yang akan memandu kalian mendalami listening secara kontekstual.

3.     Tidak mengalokasikan waktu yang cukup untuk praktek listening

Banyak dari kalian mungkin lebih banyak terfokus kepada kemampuan writing and reading saja, dengan melupakan aspek listening/speaking.  Para pelajar bahasa biasanya memiliki tujuan yaitu kefasihan dalam berbahasa, namun jika kalian melupakan aspek listening, maka kalian tidak akan mampu meraih tujuan utama kalian ini. Bahasa itu diucapkan secara besar-besaran, jadi penting mengerti apa yang mereka bicarakan.

Bagaimana cara menghindarinya?

Kalian perlu menyeimbangkan antara aspek writing dan reading kalian dengan aspek listening. Artinya, jika kalian punya semangat tinggi melatih membaca dan menulis bahasa Inggris, maka kalian juga perlu memiliki semangat yang sama untuk mengasah kemampuan listening kalian. Untungnya di luar sana,  ada banyak opsi yang bisa kalian pilih seperti program-program audio, audiobooks, dan banyak lagi yang bisa kalian gunakan untuk menggabungkan praktek listening kalian ke kegiatan rutin kalian.

4.     Tidak menikmati sumber-sumber listening yang dipilih

Bagi sebagian para pelajar pemula Inggris, praktek listening merupakan fokus utama. Tapi hal itu bisa berubah jadi mimpi buruk jika kalian tidak menemukan sumber-sumber listening yang bisa kalian nikmati yang nantinya dapat mengurangi minat kalian.

Itulah mengapa sangat penting untuk memilih beberapa sumber listening yang tepat dan efektif. Mendengarkan ke sesuatu yang kalian nikmati selama satu jam setiap harinya akan lebih mudah untuk dilakukan daripada mendengarkan kepada sesuatu yang kalian tidak sukai selama beberapa menit. Bahkan sebuah studi menyatakan bahwa memasangkan video yang tepat dengan strategi-strategi listening yang baik akan dapat memperbaiki efek dan motivasi bagi para pelajar.

Bagaimana cara menghindarinya?

Untungnya, ada berbagai opsi untuk praktek listening yang bisa kalian pilih. Jadi jika Anda tidak menikmati apa yang sedang kalian kerjakan, maka coba saja opsi yang lainnya. Sebagai contoh, jika kalian tidak suka mendengarkan percakapan-percakapan yang tak berujung, maka menonton salah satu film berbahasa Inggris terbaik di Netflix akan jadi solusi yang tepat. Saya yakin jika kalian menonton apa yang kalian sukai, maka kemampuan listening kalian akan semakin meningkat karena kalian menikmati setiap menitnya.

5.     Berharap untuk segera memahami apa yang dibicarakan oleh lawan bicara

Saat  mempelajari bahasa Inggris, kalian mungkin mengharap cepat-cepat untuk mengerti obrolan para penutur asli. Sayangnya, hal ini tidak akan terjadi secara cepat, dan pastinya akan memerlukan beberapa waktu. Alasannya penuturan asli/native tentunya akan berbeda dengan apa yang kalian dengar di kelas kalian. Omongan native biasanya lebih cepat. Bahkan para pelajar kelas lanjutan pun akan merasa kesulitan menangkap isi pembicaraan mereka.

 Bagaimana cara menghindarinya?

Salah satu solusi yang ditawarkan adalah tetaplah selalu membawa buku catatan saat kalian mendengarkan sebuah episode dari podcast favorit kalian, atau saat menyaksikan channel Youtube. Silahkan tulis rangkuman atau ringkasan apa yang kalian dengar. Silahkan lanjutkan hal ini setiap harinya dan kalian akan melihat peningkatan yang tajam pada kemampuan listening kalian.

6.     Menerjemahkan pada isi kepala kalian

Pada kenyataannya, mencoba menerjemahkan bahasa asing yang sedang dibicarakan ke dalam bahasa asli kalian sesuai apa yang kalian dengar merupakan reaksi yang alami. Itu sih ok-ok saja, tapi tetap jadi masalah. Kok bisa? Saat mendengar, menerjemahkan pada isi kepala kalian tentunya akan menghabiskan waktu banyak dan terkadang mencegah kalian dari mendengar apa kelanjutan isi pembicaraan. Karenanya kalian bisa saja memahami satu kalimat yang pertama, tapi kalian mungkin akan kehilangan kalimat yang kedua, ketiga, dan seterusnya, karena kalian masih tetap fokus menerjemahkan kalimat pertama.

Bagaimana cara menghindarinya?

Cobalah untuk fokus pada maksud ucapan/pembicaraan. Hal ini akan memerlukan kerja ekstra. Misalnya saja, silahkan tonton a sebuah video Youtube  yang menampilkan kosa kata pada sebuah universitas atau transportasi. Lalu gambarkan konteksnya pada pikiran kalian. Saat kalian mendengarkan narasi Inggrisnya, kalian bisa membayangkan atau memvisualisasikan pada di kepala kalian apa yang sedang terjadi di isi klip video tersebut. Misalnya jika seorang dosen mengajar para mahasiswanya di ruang kelas universitas, apa yang akan terjadi. Dan lain sebagainya.

Metode efektif dalam praktek mendengar bahasa Inggris

Jika kalian ingin memperbaiki kualitas listening kalian supaya makin jago, maka kalian disarankan untuk mengikuti 5 (lima) metode efektif yang dipaparkan sebagai berikut ini:

1.     Dengarkan ke audio –  Jangan membaca!

Langkah pertama pada metode ini supaya kamu menjadi pendengar yang aktif adalah dengan mendengarkan audio sendirian. Disarankan untuk tidak membaca teks sebelumnya dan tidak mengikuti teks tersebut saat kalian mendengarkan. Tujuan disini adalah supaya kalian tetap fokus mendengarkan dan menilai berapa besar kalian bisa memahami audio itu tanpa bantuan visual apapun.

Tentu saja bagi para pelajar pemula, ini cukup menyulitkan. Daripada mencoba memahami kata per kata yang disampaikan, maka akan lebih baik jika kalian fokus dengan mencoba memahami apa intisari yang diucapkan. Lalu lihatlah jika kalian dapat menggunakan beberapa kata kunci atau frasa yang akan memberikan kalian ide apa yang disampaikan audio tersebut. Untuk itu, kalian juga bisa mencatatnya. Temukan apa saja yang bisa kalian lekatkan dan bisa kalian gunakan sebagai poin mulai untuk mempelajari lebih banyak dari konteks.

2.     Ulangi dan terus ulangi!

Bukan saatnya kalian melihat teks. Sayangnya, banyak pelajar membuat kesalahan dengan melihat teks terlalu cepat. Tujuan disini adalah mempraktekkan kemampuan listening kalian dengan tetap fokus pada aspek ini.

Saat mendengar bahasa Inggris pertama kali, Anda mungkin bisa mengidentifikasi satu atau dua kata/ide kunci. Saat Anda mengulangi audio, maka dengarkan baik-baik dan lihat jika kalian bisa mengambil kata-kata atau frasa yang mungkin Anda luput. Sekarang, kalian mungkin sudah punya ide dari bagian audio ini, jadi gunakan konteksnya Jika kalian tidak bisa menggambarkan secara tepat apa yang terjadi, maka jangan khawatir! Silahkan catat kata-kata kunci yang benar-benar kalian mengerti atau kata-kata yang tampak penting.

3.     Mulai membaca teks

Sekarang saatnya  kalian untuk melihat teksnya. Silahkan baca isi teksnya secara lengkap dan kemudian cek berapa banyak  kalian sudah pahami dari listening kalian ini. Apakah kalian sudah memperoleh intisarinya atau esensi dari isi audio tersebut?

listenning english
Praktek listening dengan membaca teksnya

Saat kalian membacanya, silahkan identifikasikan kata-kata baru apapun yang terlintas. Lihatlah jika kalian bisa menebak arti kata-kata itu dari konteksnya, jika tidak, lihatlah pada kamus untuk mendapatkan terjemahan dari kata-kata tersebut. Jika ada kata-kata baru yang kalian fikir akan bisa bermanfaat buat kalian pada percakapan di waktu-waktu mendatang, maka silahkan tulislah dan tambahkanlah kata-kata tersebut pada daftar kosa kata baru untuk dipelajari.

Seperti halnya kata-kata baru yang belum pernah kalian lihat sebelumnya, kalian juga mungkin akan menemukan kata-kata pada teks yang kalian sudah tahu tapi tidak memahaminya. Beberapa kata dapat terdengar agak berbeda saat diucapkan bersama-sama dan pada kecepatan tingkat native. Silahkan perhatikan kata-kata ini dengan cermat dan pastikan kalian mendengarkannya saat kalian mengulangi audionya.

4.     Mulai mendengar bahasa Inggris dengan teks

Sesaat setelah kalian membaca teksnya beberapa kali dan melihat kata-kata yang tidak kalian mengerti, kalian harus yakin mengenai artinya. Selanjutnya, kami sarankan agar  kalian mendengar bahasa Inggris beberapa kali sambil kalian baca teksnya. Cobalah untuk menghubungkan kata-kata yang tertulis dengan suara-suara, dan perhatikan secara lebih khusus ke frasa-frasa atau kelompok kata, dan bagaimana kata-kata itu dilafalkan.

Jika terdapat banyak kata baru pada teks yang sedang kalian baca, maka cobalah kalian membagi audio ke dalam beberapa bagian sambil kalian tetap mengulanginya. Daripada mengulangi seluruh rekaman satu kali, maka kalian bisa melakukan listening melalui paragraf demi paragraf jika kalian suka. Oh iya, untuk langkah ke-4 ini, disarankan untuk mengulangi langkah ini sekurang-kurangnya 2 (dua) kali untuk membantu membangun koneksi antara kata-kata yang ditulis dengan kata-kata yang diucapkan.

5.     Silahkan dengarkan lagi tanpa teks

Akhirnya, silahkan dengarkan lagi audio itu beberapa kali tanpa menggunakan teks. Pada titik ini, kalian mesti bisa memahami hampir semuanya secara agak baik bahkan tanpa bantuan visual dari teks itu.

Pada beberapa hari kemudian, kalian disarankan untuk mendengarkan kembali audionya kapanpun kalian punya kesempatan untuk melakukan hal itu. Silahkan unduh rekaman ke ponsel pintar atau tablet mobile kalian supaya kalian bisa mendengarkannya kapanpun di waktu luang kalian untuk beberapa menit.

Dengan adanya pengulangan ini, maka tingkat kenyamanan kalian pada aspek listening ini akan naik. Sebab sekarang kalian bisa memahami kata-kata dan frasa yang kalian pelajari tanpa bantuan teks visual, maka kalian akan lebih mudah mengenal kosa kata ini saat terlintas pada percakapan atau pada rekaman audio lainnya yang kalian dengarkan. Jadi jangan ragu untuk melakukan pengulangan audio dan mendengarkannya dimana saja sesuai dengan kenyamanan kalian! 

Demikianlah paparan artikel mengenai tips-tips, sejumlah kesalahan yang bisa ditemukan saat praktek listening serta cara-cara bagaimana untuk menghindarinya. Semoga bermanfaat bagi kalian semua. Dan jangan lupa juga untuk mengaplikasikan metode efektif yang kami paparkan di atas disini supaya kemampuan listening kalian jadi lebih jago dalam hitungan minggu dan bulan.

Selamat berbahasa Inggris-ria ya!

3 Langkah praktek dengar bhs Inggris – super cepat jago keterampilan pemahaman mendengarkan hanya dengan 1 bulan !

2 thoughts on “Cara Praktek Mendengar Bahasa Inggris Bagi Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *