25 rekomendasi film untuk belajar bahasa Inggris yang paling menarik

25 rekomendasi film untuk belajar bahasa Inggris yang paling menarik

25 film untuk belajar bahasa Inggris yang akan dibagikan di bawah ini akan membantu pembelajaran bahasa Inggris tidak lagi membosankan tetapi semakin menarik.

Film untuk belajar bahasa Inggris adalah sumber materi pembelajaran bahasa asing yang tak ada habisnya dan sangat menghibur.

Apakah Anda seorang pemula untuk belajar bahasa Inggris? Masih bingung dalam memilih metode pembelajaran yang efektif, ekonomis dan menghibur untuk diri sendiri?

Belajar bahasa Inggris melalui film merupakan salah satu metode pembelajaran yang memenuhi ketiga kriteria tersebut dan lebih dari situ. Tidak hanya hemat waktu, metode pembelajaran ini juga sepenuhnya gratis.

Artikel ini Eng Breaking akan memperkenalkan 25 film untuk belajar bahasa Inggris yang paling menarik. Saatnya mencoba metode pembelajaran yang sangat baru ini, temukan sekarang!

Belajar bahasa Inggris melalui seri film

Film untuk belajar bahasa Inggris: Friends

“Friends” adalah serial komedi Amerika yang sangat populer dengan 10 musim disiarkan dari tahun 1994 sampai 2004.

Film ini digunakan sebagai material pengajaran untuk membantu meningkatkan keterampilan mendengarkan dan berbicara di sebagian besar pusat pengajaran bahasa Inggris untuk siswa asing di Amerika Serikat.

“Friends” berkisah tentang kehidupan sehari-hari sekelompok 6 teman Rachel, Monica, Phoebe, Ross, Joey dan Chandler. Film ini mencerminkan secara jujur ​​dan akurat tentang masyarakat Amerika, cara hidup dan perilakunya.

Dengan konten yang dekat, kosakata sederhana, “Friends” adalah sebuah film untuk belajar bahasa Inggris yang sangat cocok untuk pemula.

Extra

Serial “Extra English” terdiri dari 30 episode. Ini adalah film untuk belajar bahasa Inggris yang dicintai oleh banyak orang di seluruh dunia.

Ditayang setelah seri film Friends sebelumnya, “Extra” lebih unggul dalam hal pembelajaran komunikasi bahasa Inggris, terutama untuk pemula.

Belajar bahasa Inggris melalui film “Extra” membantu pemula mengasah kemampuan pengucapan bahasa Inggris mereka dengan beberapa kalimat komunikasi sederhana yang disusun dengan cermat dalam film.

Film untuk belajar bahasa Inggris: How I met your mother?

“How I met your mother?” adalah seri 9 bagian dengan 208 episode. Sesuai dengan judul filmnya, film tersebut adalah kisah dari tokoh utama – Ted Mosby yang menceritakan kepada kedua anaknya tentang kisah cinta orang tua mereka.

Saat berusia 27 tahun, Ted merasa ingin menikah setelah melihat teman sekamarnya – Marshall bertunangan dengan sahabatnya semasa kuliah setelah 9 tahun berpacaran.

Ted memulai pencarian untuk menemukan belahan jiwanya dengan bantuan “pakar cinta” Barney. Seperti Friends dan Extra, film untuk belajar bahasa Inggris ini sangat lucu dan merupakan sumber bahan pembelajaran yang efektif, terutama bagi Anda yang menyukai film bertema cinta dan keluarga.

The Big Bang Theory

“The Big Bang Theory” adalah komedi 11 bagian dengan 255 episode. Judul film “The Big Bang theory” memang mudah membuat orang berpikir tentang film sains, tapi sebenarnya film ini berkisah tentang kehidupan sehari-hari dengan banyak detail lucu dan kocak dari sekelompok teman.

Berawal dari 4 anak laki-laki kutu buku, berkomunikasi yang buruk dan tidak tahu bagaimana berteman. Namun, semuanya berubah ketika tetangga cantik Penny pindah rumah dan tinggal di dekat mereka.

Film ini hanya berkisah tentang situasi sehari-hari dengan dialog yang sederhana dan jelas, yang sangat cocok untuk pembelajaran bahasa Inggris hingga level menengah.

Film untuk belajar bahasa Inggris: Home Alone

“Home Alone” adalah kisah seorang bocah lelaki berusia 8 tahun, Kevin, yang secara tidak sengaja tinggal di rumah sendirian selama liburan Natal.

Sebelum itu, seluruh keluarganya awalnya bermaksud untuk terbang ke Paris bersama untuk merayakan hari Natal. Namun, pada jam sibuk, bergegas untuk naik ke pesawat, semua orang meninggalkannya di rumah.

Saat menikmati kebebasan sendirian di rumah, dia diancam oleh dua pencuri, Harry dan Marv. Namun, bocah Kevin tidak takut tetapi juga memainkan trik dan memasang jebakan yang membuat kedua pencuri menghadapi banyak situasi yang sulit.

Karena Kevin masih anak-anak, dialognya relatif lambat dan jelas yang mudah didengar. Di samping itu, dengan banyak situasi lucu, “Home Alone” adalah film yang sangat cocok untuk Anda belajar bahasa Inggris sambil bersenang-senang.

Glee

“Glee” adalah drama musikal yang berlatar di sekolah menengah Amerika.

Film ini menceritakan kisah siswa “eksentrik” yang sering diganggu. Mereka bergabung dalam klub musik Glee Club untuk menemukan jati diri mereka sendiri, menghilangkan frustrasi batin dan mengejar impian mereka.

“Glee” adalah sebuah film yang ringan dengan masing-masing karakter memiliki cerita yang berbeda. Dialognya mudah dipahami, sederhana tapi mendalam dan emosional. “Glee” mampu membawa penonton terbuai dalam suasana yang menyenangkan dari pesta musik yang penuh warna.

“Glee” terkenal karena mengaransemen dan mengcover lagu-lagu klasik yang disukai banyak anak muda.

Ini pasti akan menjadi film yang ideal untuk berlatih mendengarkan bahasa Inggris yang tidak dapat Anda abaikan.

Film untuk belajar bahasa Inggris: Harry Potter

“Harry Potter” adalah sebuah film yang sangat populer bagi penggemar novel dan film. Film ini menceritakan petualangan anak ajaib Harry dan teman-temannya Ron Weasley dan Hermione Granger,  melawan kekuatan kegelapan.

Sebagai film multi-genre (horor, fiksi, petualangan, dan banyak lagi), “Harry Potter” sudah menjadi ikon budaya pop selama dua dekade dengan pelajaran yang luar biasa.

Karena tema khusus, “Harry Potter” akan menjadi film latihan mendengarkan bahasa Inggris yang cocok untuk penonton tingkat lanjut.

Karakter dalam film memiliki pengucapan yang cukup standar, namun karakteristik pengucapan bahasa Inggris-Inggris akan menyulitkan penonton, terutama bagi mereka yang terbiasa mendengarkan bahasa Amerika-Inggris.

Banyak istilah yang muncul di “Harry Potter” telah dimasukkan dalam kamus Oxford. Anda dapat menonton film sekali dengan subtitle Indonesia untuk memahami isinya, lalu menontonnya lagi dengan subtitle bahasa Inggris.

Belajar bahasa Inggris melalui film animasi

Coco

“Coco” berlatar di Meksiko, dan berkisah tentang karakter Miguel, seorang anak laki-laki yang kecintaannya pada musik selalu dilarang oleh keluarganya, yang membenci para musisi.

Tetap saja, Miguel bertekad untuk tidak menyerah pada mimpinya.

Selama Día de Muertos (hari peringatan bagi orang-orang yang telah meninggal), Miguel secara tidak sengaja memasuki ke tanah roh, di mana dia menemukan sejarah keluarganya dan mengerti mengapa semua orang di keluarga sangat membenci musik?

Dengan naskah yang sempurna, cara menyampaikan pesan kehidupan sangat halus dan mendalam. 

Film ini secara alami menyampaikan dua pesan yang sangat bermakna “Seize your moment” (Manfaatkan momen Anda) dan “Family comes first” (Keluarga adalah yang utama).

Dengan konten yang disiapkan dengan seksama, Coco sudah memenangkan Oscar untuk nominasi “Film Animasi Terbaik” pada tahun 2018.

Isi filmnya dekat, soundtracknya atraktif dengan melodi khas Meksiko, dialog karakternya sederhana, lambat, dan jelas. Menonton “Coco”, Anda tidak hanya belajar bahasa Inggris, tetapi juga belajar banyak pelajaran bermakna tentang keluarga dan kehidupan.

Film animasi untuk belajar bahasa Inggris: Finding Nemo

Sesuai dengan judul filmnya, “Finding Nemo” menceritakan tentang perjalanan menemukan anak kecil yang hilang Nemo dari ikan badut Marlin, mememani bersama ikan Dory.

Film ini menggambarkan petualangan yang mengasyikkan, bercampur dengan situasi lucu, cerdas dan banyak pelajaran berharga, terutama tentang harapan dan ketekunan.

Saat kita dalam kesulitan, jangan berkecil hati, “Just keep swimming” (Tetaplah berenang) seperti yang dikatakan Dory. Kosakata film ini sederhana, dan dialognya juga lambat dan jelas. Inilah salah satu film untuk belajar bahasa Inggris yang sangat cocok untuk pemula.

Shrek

Shrek adalah film animasi 3D yang dirilis oleh DreamWorks Animation pada tahun 2001, berdasarkan buku komik dongeng bernama Shrek! 1990 yang ditulis oleh William Steig.

Shrek adalah film pertama yang memenangkan Oscar sebagai Film Animasi Terbaik, kategori penghargaan baru yang diperkenalkan pada tahun 2001.

Tagline film dalam bahasa Inggris adalah The greatest fairy tale never said, diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sebagai Dongeng keren tidak pernah diungkap.

Shrek menceritakan tentang elf berkulit hijau yang penampilannya garang dan jelek. Shrek tinggal sendirian di rawa sampai suatu hari panglima perang yang ambisius – Farquaad, mengubah tanah kecil Shrek menjadi pengasingan karakter dongeng.

Kehidupan Shrek yang tenang benar-benar terbalik dan dia sangat kesal. Farquaad berjanji untuk memulihkan kedamaian rawa dari kehadiran “tamu tak diundang” jika Shrek menyelamatkan Putri Fiona yang sedang tinggal di kastil dijaga oleh naga berapi-api.

Farquaad juga ingin Shrek meyakinkan Fiona untuk menerima pernikahan dengan dia. Maka dimulailah petualangan Shrek.

Film ini banyak dipuji sebagai film animasi yang menghibur untuk orang dewasa, dengan banyak lelucon dan lagu dewasa tetapi tetap dengan alur cerita yang cukup sederhana untuk anak-anak.

Ini adalah film untuk belajar bahasa Inggris yang cocok ditonton bersama keluarga dan teman di akhir pekan.

Film animasi untuk belajar bahasa Inggris: Monster, Inc.

“Monster, Inc.” adalah film animasi terkenal berlatar dunia monster Monstropolis, di mana energinya berasal dari jeritan ketakutan anak-anak.

Oleh karena itu, perusahaan Monsters, Inc. lahir dan mengkhususkan diri dalam mengirim monster melalui pintu kamar anak-anak untuk menakut-nakuti mereka. Di sini, monster Sulley adalah karyawan terbaik, paling menakutkan dengan anak-anak.

Tapi kemudian semuanya berubah ketika Sulley secara tidak sengaja membawa bayi Boo ke dunia monster. Dari sini, pandangannya tentang anak-anak serta pekerjaannya berangsur-angsur berubah.

Film ini tidak hanya lucu dan jenaka tetapi juga mengandung pelajaran yang mendalam.

Coraline

“Coraline” adalah film animasi tentang seorang gadis pintar Coraline, suka menjelajahi segala sesuatu dan tidak pernah tenggelam dalam kemarahan. Namun, satu hal yang sangat mengganggunya adalah bahwa tidak ada orang yang memanggil nama gadis itu benar, kecuali orang tuanya dan beberapa tikus.

Pindah kembali ke rumah lamanya dengan orang tuanya, Coraline menemukan ruang bawah tanah rahasia. Di sini ada segalanya persis seperti dunia tempat dia tinggal, hanya semua mimpi yang akan menjadi kenyataan di sini.

Film animasi untuk belajar bahasa Inggris: Frozen

“Frozen” adalah film animasi yang menjadi tren secara global. Film ini berkisah tentang karakter putri Elsa, yang membawa kutukan dingin.

Dia selalu harus berjuang antara kekuatan dan cinta. Kemudian memilih untuk menjauh dari semua orang di sekitar untuk melindungi mereka.

Selain itu, ada Anna, adik perempuan Elsa. Dia adalah putri yang tangguh, ingin menemukan kakak perempuannya untuk menyelamatkan kerajaannya.

Membangun citra dua putri independen dan mandiri yang menyelesaikan masalah mereka sendiri tanpa seorang pangeran telah membantu “Frozen” menjadi sebuah fenomena.

Frozen memiliki kosakata sederhana, dialog lambat. Selain itu, film juga memperkenalkan banyak lagu dan melodi yang mudah diingat seperti “Let it go”, “Do you want to build a snowman?”. Sebenarnya, Frozen adalah film animasi yang sayang untuk dilewatkan untuk belajar bahasa Inggris sekaligus bersantai.

Up

Up bercerita tentang petualangan Carl ke Paradise Falls untuk memenuhi mimpi yang belum selesai dari mendiang istrinya, Ellie.

Selama perjalanannya, dia belajar banyak pelajaran hidup yang berharga, hal-hal yang tidak dapat dia sadari sebelumnya karena rasa sakit kehilangan istri tercinta.

Film ini tidak hanya menghibur, tetapi juga mengandung pesan yang sangat manusiawi tentang cinta, kebahagiaan, dan kasih sayang.

Dengan kosakata film yang sederhana, dialog yang jelas dan lambat, Up adalah film untuk belajar bahasa Inggris yang tidak boleh Anda lewatkan.

Film animasi untuk belajar bahasa Inggris: Toy Story

Film animasi ini menceritakan petualangan penuh air mata dan tawa dari dua mainan favorit Andy (Woody dan Buzz Lightyear).

Target penontonnya adalah anak-anak, sehingga bahasa Inggris yang digunakan dalam film tidak rumit. Anda dapat melihat dan memahami semua konten dengan cepat.

Film ini tidak hanya cocok untuk anak-anak, tetapi juga memiliki situasi yang lebih lucu, menarik bagi penonton dewasa. Oleh karena itu, jangan takut konten filmnya yang membosankan dan kekanak-kanakan.

Akhir pekan ini, coba pilih 1 film animasi di atas untuk ditonton dan kembali ke masa kecil Anda.

Belajar bahasa Inggris melalui film romantis

Breakfast at Tiffany’s

“Breakfast at Tiffany’s” adalah film klasik tentang Holly, seorang gadis desa cantik yang ingin menikah dengan suami kaya untuk mengubah hidupnya.

Namun, semuanya berubah ketika Holly bertemu dan jatuh cinta dengan penulis muda malang Paul Varjak. Konsep hidup dan harga diri Holly berangsur-angsur berubah.

Film ini menarik penonton dengan alur cerita humanistik, kepribadian unik dari protagonis wanita dan terutama oleh akting hebat dari aktris legendaris Audrey Hepburn.

Citra Audrey Hepburn dalam gaun hitam ikonik adalah asal mula film ini. Suara Audrey Hepburn yang indah dan pengucapan yang jelas sangat cocok bagi pemula untuk belajar bahasa Inggris.

Film romantis untuk belajar bahasa Inggris: Titanic

“Titanic” adalah film romantis yang telah memenangkan 11 Oscar. Film ini adalah kisah cinta romantis antara Jack dan Rose, dua orang dari dua kelas sosial yang berbeda.

Seorang pelukis miskin yang tidak punya uang dan seorang wanita dari keluarga bangsawan. Mereka berbeda di kelas sosial tetapi menemukan kesamaan, harmoni, koneksi dan mereka jatuh cinta.

Tapi kemudian keduanya tidak bisa bersatu karena kapal karam yang bersejarah. Akhir yang menyedihkan dari “Titanic” dianggap membuat pria menangis.

Bagi Anda yang menyukai tema cinta dan romansa, “Titanic” adalah film yang layak ditonton dan dipelajari bahasa Inggris.

10 Things I Hate About You

“10 Things I Hate About You” menceritakan kisah cinta Kat, seorang gadis kutu buku, serius, kaku yang sama sekali tidak peduli dengan kencan, dan Patrick.

Kisah cinta antara dua orang dengan kepribadian yang berbeda digambarkan melalui sudut pandang yang lucu namun sama romantisnya. Selain itu, konteks sekolah yang dialami setiap orang membangun hubungan yang lebih erat.

Dialog film ini relatif lambat dan jelas, sangat cocok untuk pembelajaran bahasa Inggris, terutama bagi remaja yang menyukai topik cinta sekolah.

Film romantis untuk belajar bahasa Inggris: When Harry Met Sally

Harry dan Sally bertemu satu sama lain di bus ke kota New York. Mereka bertukar banyak pandangan tentang persahabatan dan cinta. Kemudian mereka mengucapkan selamat tinggal dan tidak tetap berhubungan, seperti orang yang tidak dikenal.

Reuni berikutnya mereka semua sangat kebetulan. Setiap kali mereka bertemu adalah tahap lain dalam hidup mereka, dan mereka membicarakannya bersama-sama.

Pengulangan pertemuan akan membuat percakapan yang berulang, hanya pada interval yang berbeda.

Itu memungkinkan kita untuk mendengar lebih banyak. Mendengarkan banyak kata, kalimat, dan struktur kalimat berulang-ulang, sehingga membuat belajar bahasa Inggris lebih mudah.

Plot filmnya atraktif dan menarik, membuat Anda ingin mengikutinya dari awal hingga akhir tanpa pernah berpikir untuk berhenti filmnya.

Gone with the Wind

“Gone with the Wind” bercerita tentang kehidupan Scarlett O’Hara (Vivien Leigh), seorang wanita bangsawan yang berjuang untuk bertahan dari Perang Saudara dan Rekonstruksi.

Scarlett jatuh cinta dengan Ashley (Leslie Howard), seorang bangsawan aneh dengan banyak cita-cita. Tapi dia menikahi Melanie (Olivia de Havilland) sebagai istrinya.

Scarlett tidak menyerah, masih menemukan cara untuk mengejar Ashley, tetapi secara bertahap dia menjadi terjebak dalam hubungan cinta dengan Rhett Butler (Clark Gable), seorang pria sembrono tapi tulus.

Film ini diangkat dari novel terkenal dengan judul yang sama. Menonton film adalah cara agar Anda lebih mudah menghafal novel, memvisualisasikan semua kata dalam novel untuk menghafalnya lebih cepat dan lebih mudah.

Cara akting yang sederhana tanpa efek suara khusus membuat penonton lebih mudah mengikuti situasi film.

Semua aktor tidak hanya berakting sangat baik tetapi juga berbicara bahasa Inggris dengan jelas, Anda dapat memahami semua konten film.

Film romantis untuk belajar bahasa Inggris: 500 Days of Summer

“500 Days of Summer” menceritakan kisah cinta Tom Hansen dan Summer Finn.

Ini bukan drama cinta biasa, tetapi juga memiliki banyak situasi romantis, tak terduga, menarik, mengarahkan Anda untuk menonton dengan penuh perhatian dari awal hingga akhir filmnya.

Bahasa Inggris yang digunakan dalam film ini sangat sederhana dan mudah dipelajari.

Di atas adalah rekomendasi film untuk belajar bahasa Inggris, sangat cocok untuk Anda yang menyukai film romantis yang penuh dengan warna cinta.

Belajar bahasa Inggris melalui film komedi

The Hangover

“The Hangover” adalah film komedi tentang petualangan 3 pria lajang Stu, Phil dan Alan. Ketiga pria itu mengadakan pesta bujangan untuk sahabat mereka Doug Billings sebelum dia menikah.

Pesta itu benar-benar “berkesan,” tetapi dengan makna yang buruk. Setelah bersuka ria dalam pesta, Doug tidak ditemukan, gigi Stu hilang. Lebih dari situ, ada seekor harimau di kamar mandi, seorang bayi di dalam lemari.

Mereka bertiga tidak dapat menghubungi Doug dan tidak dapat mengingat apa yang terjadi. Dari sini, perjalanan untuk menemukan kebenaran dari ketiga orang tersebut dimulai dengan serangkaian situasi tragis dan lucu yang terjadi.

Nonton film “The Hangover”, Anda dapat memperbarui pengetahuan tentang kata gaul, kalimat komunikasi praktis, tetapi dialog karakter relatif cepat, sehingga perlu juga Anda pertimbangkan.

Film komedi untuk belajar bahasa Inggris: Mean girls

“Mean Girls” adalah serial komedi remaja Amerika yang populer. Karakter utama film ini adalah gadis Cady Heron. Dia adalah siswa pindahan baru ke Amerika Serikat dari Afrika yang jauh. Dia mulai terbiasa dengan kehidupan di sekolah menengah dengan kepolosan dan kejutan.

Semuanya berubah setelah Cady bergabung dengan “The Plastics”, sekelompok gadis paling mewah dan bergaya di sekolah. Pada saat yang sama, dia mulai diam-diam naksir Aaron, mantan pacar Regina yang memimpin trio The Plastics.

Regina, setelah mengetahuinya, sengaja kembali ke Aaron untuk mengganggu Cady. Dari naif, lugu, Cady menjadi “mean girl” yang cukup berkomplot untuk memisahkan Regina dan Aaron.

Film ini sudah menjadi film klasik dengan anak muda berkat refleksi jujur ​​dari masalah di sekolah-sekolah Amerika. Inilah film untuk belajar bahasa Inggris sangat cocok untuk pemula dengan dialog relatif jelas, tidak terlalu cepat.

There’s Something About Mary

“There’s Something About Mary” bukan hanya salah satu komedi terbaik, tetapi juga menjadi sukses box office, terlaris lebih dari $ 379 juta di seluruh dunia.

Dengan kehadiran aktor Ben Stiller dan gaya aktingnya yang semakin natural, aktor ini membawa penonton untuk fokus pada karakternya.

Ini adalah pria yang pergi berkencan dengan kekasih impiannya, diperankan oleh aktris menawan Cameron Diaz.

Film ini memiliki banyak situasi yang lucu dan menarik, ditambahi penanganan yang tidak terduga dari dua karakter utama, yang telah membuat banyak penonton tertawa.

Ini benar-benar sebuah komedi romantis klasik yang perlu Anda tonton. Di samping itu, melalui “There’s Something About Mary”, Anda juga bisa menambah banyak pengetahuan tentang kosakata, bahasa gaul dalam sumber kosakata bahasa Inggris Anda.

Film komedi untuk belajar bahasa Inggris: The Parent Trap

“The Parent Trap” adalah komedi romantis untuk keluarga. Film ini tentang saudara kembar Annie dan Hallie.

Kedua gadis itu tidak saling mengenal sampai mereka bertemu satu sama lain di perkemahan musim panas dan mengetahui bahwa mereka kembar. Annie dan Hallie berpisah karena orang tuanya bercerai bertahun-tahun yang lalu.

Dari sini, dua gadis bersama-sama membuat jebakan untuk menyatukan kembali orang tua mereka. Dengan banyak situasi yang lucu dan kocak, dialog karakter yang relatif lambat dan jelas, “The Parent Trap” adalah film yang menarik bagi Anda yang baru mulai belajar bahasa Inggris.

Di atas adalah 24 film yang disarankan untuk belajar bahasa Inggris yang menyenangkan dan bermanfaat dibagikan oleh Eng Breaking.

Anda dapat memilih film yang sesuai dengan minat dan tingkat bahasa Inggris Anda saat ini untuk ditonton.

Dari sana, tingkat bahasa Inggris Anda akan jauh lebih baik, terutama dalam keterampilan mendengarkan dan memahami bahasa Inggris dari penutur asli.

Belajar bahasa Inggris melalui film adalah metode yang sangat efektif untuk membantu Anda meningkatkan tingkat bahasa Inggris Anda dalam waktu singkat.

Namun, hanya menonton film untuk belajar bahasa Inggris tidak cukup untuk pengembangan yang komprehensif.

Anda dapat melihat lebih banyak artikel instruksional tentang rute pembelajaran bahasa Inggris atau materi pembelajaran bahasa Inggris bermanfaat lainnya yang telah dibagikan oleh Eng Breaking.

Semoga Anda segera mendapatkan hasil yang diinginkan!


Eng Breaking - Lancar Bahasa Inggris dalam 3 bulan - klik sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *