Bubuhan kalimat tanya cukup sering ditemui baik dalam lisan maupun tulisan saat belajar bahasa Inggris. Dengan menggunakan bubuhan kalimat tanya, kalian akan terdengar lebih natural.
Yuk simak artikel ini agar kalian bisa memahami dan menggunakan bubuhan kalimat tanya saat berbahasa Inggris.
1 – Apa itu bubuhan kalimat tanya?
Bubuhan kalimat tanya, atau bentuk kalimat tanya akhir merupakan salah satu bentuk tanya dalam bahasa Inggris.
Biasanya kalimat tanya menggunakan kata seperti where, when, who, what, which, dan how di awal kalimat. Namun, dengan bubuhan kalimat tanya, penempatan kalimat tanya berada di akhir.
Biasanya kalimat utama dengan bubuhan kalimat tanya akan terpisah dengan tanda koma.
Misalnya saja seperti :
He is so smart, isn’t he?
(Dia sangat pintar, bukan?)
You are going now, are you?
(Kamu pergi sekarang, kan?)
Catatan:
- Selalu gunakan kata ganti subjek seperti I, He, They, it, dan lainnya
- Jangan gunakan kata ganti objek seperti them, us , him , her, dan lainnya
- Jangan gunakan nama seseorang dalam bubuhan kalimat tanya
2 – Cara menggunakan bubuhan kalimat tanya
- Saat ingin mengkonfirmasi lawan bicara
Saat kita ingin mendapatkan afirmasi dari lawan bicara, maka kita bisa menggunakan bubuhan kalimat tanya. Biasanya intonasi bicarapun akan berubah saat mengucapkan bubuhan kalimat tanya diakhir.
Contohnya saja seperti:
That bag is so expensive, isn’t it?
(Tas itu mahal, kan?)
Yes, it is
(Ya, ini mahal)
Catatan:
Bubuhan kalimat tanya bahasa Indonesia memang berbeda dengan bahasa Inggris. Jika dalam bahasa Inggris, kita menemukan is it, isn’t it, isn’t she, dan sebagainya. Namun hal ini jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia tidak serta merta di terjemahkan satu persatu.
Biasanya bubuhan kalimat tanya bentuknya seperti ya kan, benar kan, benar bukan? Dan sebagainya.
- Mendapatkan Informasi
Seperti kalimat tanya pada umumnya, bubuhan kalimat tanya juga digunakan untuk mendapatkan informasi dari lawan bicara.
Contohnya seperti:
You have math class today, aren’t you?
(Kamu punya kelas matematika hari ini, bukan?)
Yes, I have math class today
(Ya, aku punya kelas matematika hari ini)
Baca juga:
16 Tenses Bahasa Inggris dan Cara Menguasainya [2023]
3 – Formula bubuhan kalimat tanya
3.1 – Struktur bubuhan kalimat tanya
S + V + O, kata kerja bantu + kata ganti?
Kata kerja bantu akan ditentukan oleh klausa kalimat pertama, maka dari itu kalian harus memperhatikan kalimat utamanya dalam menentukan bubuhan kalimat tanya.
Jika klausa utama merupakan bentuk kata negatif, maka bubuhan kalimat tanyanya berbentuk afirmasi positif.
Begitupun sebaliknya, jika klausa utama merupakan bentuk kata positif, maka bubuhan kalimat tanyanya berbentuk negatif.
Contohnya saja seperti:
He isn’t a nice person, is he?
(Ia bukan orang yang baik, benar kan?)
She is your wife, isn’t she?
(Dia adalah istrimu, benar tidak?)
3.2 – Formula bubuhan kalimat tanya dalam tenses bahasa Inggris
- Bubuhan kalimat tanya dengan present tense
Verb to be | Regular Verbs |
Klausa utama, am/is/are (+Not) + Subjek? | Klausa utama, do (+not) + subjek? |
She is your girlfriend, isn’t she?(Dia adalah pacarmu, benar bukan?) They aren’t your family, are they?(Mereka bukanlah keluargamu, benar kan?) | She went to the library, did she?(Ia pergi ke perpustakaan, benar kan?) Your parents don’t know about this, do they?(Orang tuamu tidak tahu tentang ini, benar kan?) |
- Bubuhan kalimat tanya dengan past tenses
Verb to be | Regular Verbs |
Klausa utama, was/were (+Not) + Subjek | Klausa utama, did (+not) + subjek? |
She was an athlete, wasn’t she?(Ia adalah seorang atlet, benar bukan?) He wasn’t the smartest, was he?(Ia bukanlah yang terpintar, benar kan?) | Your sister didn’t go to school, did she?(Kakak perempuanmu tidak pergi ke sekolah, benar kan?) You didn’t have to come, did you?(Kamu tidak harus datang, benar bukan?) |
- Bubuhan kalimat tanya dengan perfect tense
Klausa Utama, has/have/had (+not) + subjek? |
you haven’t eaten yet, have you?(Kamu belum makan, benar kan?) The bus has just left, has it?(Bisnya sudah berangkat, benar kan?) |
- Bubuhan kalimat tanya dengan future tense
Klausa utama, will (+not) + Subjek? |
You will go to school today, will you?(Kamu akan pergi ke sekolah, benar kan?) She won’t let anyone leave, will she?(Ia tidak akan membiarkan siapapun pergi, benar bukan?) |
4 – Bubuhan kalimat tanya dengan akhiran spesial
4.1 – Bubuhan kalimat tanya dengan “Have to”
Bentuk have/has/had merupakan kata kerja modal. Saat membentuk bubuhan kalimat tanya dengan kata kerja ini, kalian bisa menggunakan kata kerja bantu seperti do/does/did. Contohnya seperti:
She had to go to the office yesterday, did she?
(Ia harus pergi ke kantor kemarin, benar kan?)
You have to go to the library, do you?
(Kamu harus pergi ke perpustakaan, benar kan?)
4.2 – Bubuhan kalimat tanya dengan “ there’s”
Bentuk there is, there are, atau it is merupakan kata subjek semu. Oleh karena itu, kalian dapat menggunakan there atau it sebagai kata ganti sepergi biasanya. Contohnya seperti:
There are apples in the fridge, aren’t there?
(Terdapat buah apel di dalam kulkas, benar bukan?)
There isn’t any money left in my wallet, is there?
(Tidak ada uang tersisa di dompetku, benar kan?)
4.3 – Bubuhan kalimat tanya dengan “let’s”
Let di awalan kalimat memiliki beberapa arti. Kalian harus memperhatikan arti dari kata let dalam kalimat untuk menentukan kata kerja yang tepat. Contohnya seperti:
Let’s go to the mountain, shall we?
(Ayo kita ke gunung, ayo?)
Let’s go to the bar tonight, shall we?
(Ayo kita pergi ke bar malam ini, ayo?)
Ketika Let memiliki arti meminta ijin untuk melakukan sesuatu, maka kalimatnya akan seperti:
Let me use your pencil, will you?
(Biarkan aku menggunakan pensilmu, boleh kan?)
Let us watch youtube, will you?
(Biarkan kamu menonton youtube, boleh kan?)
Sedangkan Let yang digunakan untuk meminta sesuatu, maka contohnya seperti:
Let me help you, may I?
(Biarkan aku menolongmu, boleh kan?)
Baca juga:
Struktur dari kata “Last Time” : Penggunaan dan contohnya
4.4 – Bubuhan kalimat tanya dengan kalimat imperatif
Kalimat imperatif digunakan jika kalian menginginkan seseorang mendengarkan kalian. Jika ingin mengajak seseorang, kalian bisa membuat kalimat seperti:
Have some noodles, won’t you?
(Apa kamu mau mie?)
Jika ingin meminta tolong sesuatu kalian bisa gunakan kalimat:
Bring the box, will you?
(Bawakan kotaknya untukku?)
4.5 – Bubuhan kalimat tanya dengan kata kerja modal
Affirmation |
Klausa utama, kata kerja modal + not + will? |
Kalimat negatif |
Klausa utama, kata kerja modal + subjek? |
Contoh kalimatnya seperti:
He should go to the office, shouldn’t he?
(Ia seharusnya pergi ke kantor kan?)
She cannot walk, can she?
(Ia tidak bisa berjalan kan?)
4.6 – Bubuhan kalimat tanya dengan must
Ketika kata must merujuk pada konteks kebutuhan, kalian harus menggunakan needn’t dalam kalimatnya. Contohnya seperti:
They must work hard, needn’t they?
(Mereka harus bekerja dengan keras, benar bukan?)
Ketika must digunakan merujuk pada konteks melarang, kalian menggunakan must pada bubuhan kalimatnya. Contohnya seperti:
You mustn’t come to the office late, must you?
(Kamu tidak boleh telat ke kantor, benar kan?)
Ketika must digunakan untuk mengekspresikan konteks di masa lampau, kalian menggunakan have/has. Contohnya seperti:
You must have broken my heart, haven’t you?
(Kamu menghancurkan hatiku, benar bukan?)
4.7- Bubuhan kalimat tanya dengan kata ganti orang tidak terbatas
Jika subjek dalam kalimat utama mengandung kata ganti orang tidak terbatas seperti someone, somebody, everybody, anyone, nobody, dan lainnya, maka kalian harus menggunakan “they” dalam bubuhan kalimat utama.
Contohnya seperti:
Somebody was yelling from the lower floor, wasn’t they?
(Seseorang telah berteriak dari lantai bawah, benar bukan?)
4.8 – Bubuhan kalimat tanya dengan kata ganti benda tidak terbatas
Saat subjek dalam kalimat merupakan kata ganti benda tidak terbatas misalnya seperti something, everything, maka bubuhan kalimat yang kalian gunakan adalah “it”. Contohnya seperti:
Something has fallen, has it?
(Sesuatu telah jatuh, benarkan?)
4.9 – Bubuhan kalimat tanya dengan kata negatif
Jika klausa utama mengandung kata negatif seperti never, seldom, ever, barely, dan lainnya. Maka bentuk kalimatnya berupa bentuk afirmatif. Contohnya seperti:
Nana never leaves the house, does she?
(Nana tidak pernah meninggalkan rumah, benar kan?)
4.10 – Bubuhan kalimat tanya dengan seruan
Jika klausa utama berbentuk kalimat seruan, maka kalian harus mengubah kata benda menjadi kata ganti dan menggunakan am, is atau are. Misalnya saja seperti:
What a cold day, isn’t it?
(Hari yang dingin, benar bukan?)
4.11 – Kalimat dengan subjek “one”
Jika dalam klausa utama subjeknya menggunakan kata “one” dengan arti yang general, kalian harus menggunakan “you” atau “one” dalam bubuhan kalimat tanya di belakang. Contohnya saja seperti:
Sometimes one can be so nice, can’t you?
(Terkadang seseorang bisa menjadi sangat baik, benar kan?)
4.12 Bubuhan kalimat dengan “Used to”
Jika dalam klausa utama terdapat used to,maka konteksnya adalah mengatakan mengenai kebiasaan atau tindakan secara berulang di masa lampau.
Dalam bentuk kalimat ini, kalian dapat menggunakan did sebagai bubuhan kalimat tanya. Contohnya saja seperti:
He used to love you, did he?
(Ia dulu mencintaimu, benar kan?)
4.13 – Bubuhan kalimat dengan “had better”
Jika dalam klausa utama terdapat had better, kalian dapat menggunakan had dalam bubuhan kalimat tanyanya. Contohnya seperti:
He had better do something, hadn’t he?
(Ia sebaiknya melakukan sesuatu,benar bukan?)
4.14 – Struktur kalimat dengan “would rather”
Dengan struktur kalimat would rather, kalian dapat menggunakan would dalam bubuhan kalimat tanyanya. Contohnya seperti:
You would rather go, wouldn’t you?
(Kamu ingin pergi?)
4.15 – Struktur kalimat “I think”
Ketika klausa utamanya merupakan pendapat dari satu perspektif, maka bubuhan kalimatnya bergantung pada kata di depannya. Misalnya saja seperti:
I think she will come, won’t she?
(Menurutku ia akan datang, benar bukan?)
4.16 – Struktur kalimat dengan “wish”
Jika klausa utamanya merupakan bentuk keinginan , bubuhan kalimatnya adalah may. Contohnya seperti:
I wish to meet your parents, may I?
(Aku ingin bertemu orang tuamu, bolehkan?)
4.17 – Klausa gerund
Jika klausa utama gerund maka bubuhan kalimatnya adalah It. Contohnya seperti:
What you have said is not true, is it?
(Apa yang kamu katan bukanlah kebenerannya, benar kan?)
4.18 – Struktur kalimat dengan this atau that
Jika dalam klausa utama menggunakan this atau that, maka bubuhan kalimat tanyanya berupa it. Contohnya seperti:
That is your wife, isn’t it?
(Itu adalah istrimu, benar kan?)
4.19 – Struktur dengan “am”
Jika di klausa utama terdapat subjek I dan diikuti oleh am. Maka bubuhan kalimatnya adalah aren’t I. Contohnya seperti:
I am your fiance, aren’t I?
(Aku adalah tunanganmu, benarkan?)
4.20 – struktur It seems that
Jika dalam klausa utama terdapat it seems that, maka bubuhan kalimatnya bergantung pada klausa utamanya. Contohnya seperti:
It seems that you have a problem with me, don’t you?
(Kelihatannya kamu punya masalah denganku, benar bukan?)
5 – Soal Latihan
Latihan 1 : Tulis bubuhan kalimat yang paling tepat untuk kalimat dibawah ini
1. She’s from a small town in China, ______?
2. They aren’t on their way already, _____?
3. We’re late again,_____?
4. I’m not the person with the tickets, _____?
5. Julie isn’t an accountant,_____?
6. The weather is really bad today, _____?
7. He’s very handsome, _____?
8. They aren’t in Mumbai at the moment, _____?
9. You aren’t from Brazil,_____?
10. John’s a very good student,_____?
Jawaban Latihan 1
- isn’t she
- are they
- aren’t we
- am I
- is she
- isn’t it
- isn’t he
- are they
- are you
- isn’t he
Latihan 2 : Pilih jawaban yang paling tepat
1. He’s still sleeping, ________
A. is not he?
B. isn’t he?
C. wasn’t he?
2. You do go to school, ________
A. Do you?
B. aren’t you?
C. don’t you?
3. Let’s go for a walk, ________
A. shall we?
B. shan’t we?
C. will we?
4. We won’t be late, ________
A. won’t we?
B. will we?
C. are we?
5. Nobody called, ________
A. do they?
B. didn’t they?
C. did they?
6. They will wash the car, ________
A. will it?
B. won’t they?
C. wouldn’t they?
7. We must lock the doors, ________
A. mustn’t they?
B. shouldn’t we?
C. mustn’t we?
8. I’m right, ________
A. amn’t I?
B. am not I?
C. aren’t I?
9. So you bought a car, ________
A. did you?
B. haven’t you?
C. weren’t you?
10. You wouldn’t like to invite my Dad, ________
A.did you?
B. would you?
C. won’t you?
11. Peter loves his cat, ______?
A. doesn’t he
B. does he
C. isn’t he
12. Your children don’t go out alone, ____?
A. can’t they
B. can they
C. do they?
13. Dad’s taken my bag, ____?
A. isn’t he?
B. hasn’t he?
C. is he?
14. I’m not invited to the wedding, ___?
A. are I
B. am I
C. aren’t I
15. We looked everywhere, ____?
A. didn’t we
B. weren’t we
C. haven’t we
16. You know the answer, _____?
A. don’t you?
B. do you?
C. aren’t you?
17. It’s time to go, ______?
A. isn’t it?
B.doesn’t it
C. is it?
18. We are not going to be late, _______ ?
A. they are
B. I am
C. are we
19. You are Sandy, ____________?
A. are they
B. aren’t you
C. they are
20. The dogs don’t bite,________?
A. did they
B. do they
C. does they
Jawaban Latihan 2
- B
- C
- A
- B
- C
- B
- C
- C
- A
- B
- A
- C
- B
- B
- A
- A
- A
- C
- B
- B
6 – Penutup
Tidak hanya mengetahui secara teori namun kalian sebaiknya terus berlatih agar semakin lancar dalam menggunakan bubuhan kalimat tanya.
Jika kalian merasa artikel ini membantu kalian dalam belajar bahasa Inggris, silahkan likes dan share agar dapat membantu kerabat dan teman lainnya dalam belajar berbahasa Inggris
Semangat belajarnya kawan!
-
Annis
Hal yang terasa dari kemajuan saya adalah saya sudah berani menulis chatting dalam bahasa Inggris dengan menggunakan istilah-istilah yang ada di berbagai lessons. Kepada mahasiswa dan sesama dosen, sekarang saya menggunakan bahasa Inggris
-
Agung Pramudita
Apakah mudah dipelajari? Karena saya sering bosan atau berhenti di tengah-tengah
-
Yohana
Mudah dipelajari, ada instruksi setiap hari, selangkah demi selangkah, kontennya sudah sesuai dengan topik harian, saya juga telah belajar selama satu setengah bulan, sekarang walau komunikasi blm terlalu lancar, setidaknya tidak takut berbicara bahasa Inggris lagi
-
Sitti Rahmah Umniyati
Belajar di Eng Breaking, seperti mendapat harta karun. Betapa tidak, karena bertahun-tahun sampai di usia pensiun, saya belum menemukan metode Bahasa Inggris yang dapat mengatasi masalah saya yaitu kurang percaya diri dan merasa alergi untuk berkomunikasi dengan native speaker. Ini benar-benar terapi yang jitu untuk mengatasi permasalahan saya di listening, dan speaking. Alhamdulillaahi rabbil 'aalamiin.
-
Anastasia Welerubun
Kumpulan buku Eng Breaking juga super indah + isi buku sangat bagus dan praktis, memiliki instruksi terperinci lengkap, saya sudah belajar sekitar 2 minggu dan merasakan kemajuan yang nyata
-
Dioza
Set lengkap ada apa aja?
-
Ririn
Setnya termasuk buku2, akun online, aplikasi dan bahkan lebih banyak hadiah. Sangat lengkap ^^!
-
Lokita Dewi
Buku ini sangat cocok bagi mereka yang blm memiliki dasar-dasarnya bhs Inggris seperti saya. Baru saja belajar, saya merasa mendengarkan dan pengucapan saya lebih baik, dan saya tahu lebih banyak kosakata dan pertanyaan umum dalam bhs Inggris. Buku ini sangat mudah dipelajari dan sederhana. Belilah dan memastikan bahwa anda akan melihat perbedaannya setelah menyelesaikannya. Tapi harus berusaha, berlatih keras juga ya!
-
Sitti Rahmah
Menurut saya pelajaran lumayan ok, sepertinya cocok untuk yang malas baca buku, malas hapal seperti saya, desainnya juga lumayan cantik dan mudah di pahami.
-
Vinia Sintia
Baru 2 minggu belajar, cara bicara bahasa inggrisku yg dulu kaku sekarang sudah mulai baik ..anakku juga memuji ibunya katanya cara bicaranya sdh mulai luwes dan lancar...aku senang sekali bertemu dengan Eng breaking
-
Nurhaya Beeca
Saya cukup puas dengan produknya. Barang yang dikemas dengan hati-hati, pengiriman tepat waktu, dan kualitas buku juga bagus. Sampul dan isi buku cukup berwarna dan mudah dibaca. Saya berharap mempelajari buku ini saya akan memenuhi tujuan yang telah ditetapkan..
Lucky Herawati
Lega rasanya, saya sudah dapat didukung oleh Eng Breaking. Banyak kata-kata baru yang saya peroleh. Cara yang saya gunakan, selain melakukan sesuai arahan Eng Breaking, saya juga mencatat sendiri kata-kata baru dalan buku rencana aksi. Sebelum saya memulai lesson berikutnya, saya ulang-ulang kata-kata baru tersebut. Dengan demikian saya benar-benar memahami isi cerita dari setiap lesson (banyak cerita yang lucu-lucu).