16 Tenses Bahasa Inggris dan Cara Menguasainya

Belajar bahasa Inggris tidak pernah lepas dari yang namanya tenses. Dalam bahasa Inggris sendiri, ada 16 tenses bahasa Inggris. Oleh karena itu, bagi kita yang bukan penutur asli bahasa Inggris, memang ke-16 tenses bahasa Inggris dapat menjadi hal yang sulit atau membingungkan, bahkan cenderung menakutkan bagi sebagian orang untuk dipahami. Mengapa begitu? Jawabannya akan berbeda bagi setiap orang. Namun, penyebab umunya adalah banyaknya peraturan dan juga pengecualian dalam tenses bahasa Inggris.  Tenses sendiri adalah sebuah konsep yang menerangkan waktu kejadian dari sebuah pernyataan. Terdapat 16 tenses bahasa Inggris utama yang bisa Anda pelajari. Berikut adalah rangkuman dari ke-16 tenses bahasa Inggris dan tips belajar bahasa Inggris untuk memahaminya lebih baik lagi. Pada dasarnya, untuk dapat menguasai bahasa Inggris, modal utama yang harus kita kuasai adalah mencakup masalah tenses. Mengapa demikian? Menurut berbagai macam sumber, apabila kita dapat menguasai tenses yang tersedia di dalam ilmu bahasa Inggris, berarti kita sudah menguasai 60% kemampuan berbahasa Inggris.

Menarik bukan? 

Setelah itu, kita perlu mengembangkan 40% sisanya dengan belajar materi-materi lain dalam ilmu bahasa Inggris.

Alasan mengapa kita harus bisa menguasai tenses adalah karena dalam aktivitas berbahasa Inggris seperti speaking atau writing, kita tentu akan menggunakan tenses dalam penerapannya agar orang lain mengerti apa yang kita maksud dan hendak sampaikan.

Pada penerapannya, ketika kita tidak menggunakan rumus dari tenses bahasa Inggris dalam membuat suatu susunan kalimat, hampir dapat dipastikan bahwa kita akan disalahkan atas kalimat-kalimat yang dibuat. Oleh karena itu, pemahaman akan tenses bahasa Inggris sangat penting karena  tenses bahasa Inggris merupakan dasar dari belajar bahasa Inggris yang penting dimiliki agar kita dapat berinteraksi ataupun memahami kalimat yang orang utarakan baik dalam percakapan maupun secara tertulis.

Keuntungan lain dari menguasai tenses bahasa Inggris adalah kita hampir dapat dipastikan dapat mengerti semua tata bahasa ataupun grammar yang ada di dalam bahasa Inggris. Pasalnya, semua tata bahasa yang kita pelajari di dalam bahasa Inggris itu tidak terlepas dari susunan kata, yang mana itu semua terangkum dalam 16 tenses yang tersedia dalam bahasa Inggris.

Sampai di sini, Anda sudah lebih paham bukan alasannya mengapa tenses bahasa Inggris sangat penting untuk dipelajari?

Setelah membaca pengantar di atas, Anda tidak perlu khawatir lagi soal tenses bahasa Inggris karena takut kebingungan ataupun kurang pemahaman yang baik akibat kerumitannya. Oleh karena itu, kami akan menjabarkan tentang 16 tenses bahasa Inggris dan juga akan membantu Anda dalam mempelajari 16 tenses bahasa Inggris tersebut.

Jadi, tanpa perlu berlama-lama lagi, mari kita belajar 16 tenses bahasa Inggris yang akan dirangkum secara detail di bawah ini:

Tenses Bahasa Inggris

Sesuai dengan apa yang sudah dijabarkan di atas, apabila kita ingin bisa menguasai bahasa Inggris secara baik, tentu kita harus bisa mengerti akan 16 tenses bahasa Inggris. Namun, anggapan pesimis tentu akan menyelimuti mengingat kondisi kita yang notabenenya bukanlah penutur asli bahasa Inggris, untuk menguasai 16 tenses bahasa Inggris jelas merupakan hal yang terlihat sulit.

Selain itu, ada banyak rumus dan peraturan-peraturan dalam penerapannya yang mana hal itu terkadang membuat orang-orang enggan atau takut untuk mempelajarinya. Meski begitu, tenses bahasa Inggris akan lebih cepat dipahami jika Anda memilih untuk mengikuti kursus bahasa Inggris. Langsung saja, akan dijabarkan apa saja 16 tenses bahasa Inggris tersebut:

tenses bahasa inggris

Tenses bahasa Inggris

1. Simple Present Tense

Pada dasarnya, simple present tense merupakan salah satu tenses bahasa Inggris yang sering digunakan dalam penyusunan kalimat bahasa Inggris. Pasalnya, simple present tense ini dalam penggunaannya dapat berfungsi untuk menyatakan fakta (termasuk fakta ilmiah), kebiasaan atau rutinitas, dan juga kejadian-kejadian yang terjadi pada saat sekarang ini.

Adapun rumus tenses bahasa Inggris yang digunakan untuk membentuk kalimat simple present tense ini relatif sederhana, yaitu:

Subject + Verb 1 (Base/Present Form)

Kata Sinyal

always, every, never, normally, often, sometimes, usually, seldom.

Kalimat Positif

Mario works in a plumbing company.

Mario always works very hard in the company.

Mario walks to work every day.

Kalimat Negatif

Mario does not work very hard in the company.

Mario does not come on time very often.

Kalimat Tanya

“Does he work very hard in the company?”

Dijawab dengan “Yes, he does.” Atau “No, he does not.”

2. Present Continuous/Progressive Tense

Dalam pengertiannya, present continuous tense atau yang sering kali disebut present progressive tense ini adalah tenses bahasa Inggris yang digunakan untuk menunjukkan sebuah tindakan atau kejadian yang sedang terjadi pada saat pembicaraan sedang berlangsung. Selain itu, present continuous tense ini pun juga bisa digunakan untuk membuat suatu rencana atau janji di masa depan.

Rumus tenses bahasa Inggris yang digunakan untuk membentuk kalimat present continuous tense/present progressive tense ini adalah:

Subject + Am / Is / Are + Verb –ing (Continuous Form)

Kata Sinyal

at the moment, just now, now, right now, Listen!, Look!

Kalimat Positif

Look! He is talking with his classmates.

The teachers are having a meeting at the moment.

Kalimat Negatif

He is not playing computer games now.

Listen! He is not laughing anymore.

Kalimat Tanya

Is he playing computer games at the moment?

Dijawab dengan “Yes, he is.” Atau “No, he is not.”

3. Present Perfect Tense

Present perfect tense ini dapat dikatakan tenses bahasa Inggris yang fungsinya adalah untuk menunjukkan suatu hasil. Pasalnya, tense yang satu ini dapat digunakan untuk menjabarkan suatu aktivitas ataupun situasi yang telah dimulai di masa lalu, dan telah selesai di masa lalu juga atau masih berlanjut sampai sekarang.

Intinya, present perfect tense ini berfungsi untuk menunjukkan tindakan yang masih berlangsung sejak dimulai atau baru saja selesai.

Rumus tenses bahasa Inggris yang digunakan untuk membentuk kalimat present perfect tense adalah sebagai berikut:

Subject + Has / Have + Verb 3 (Past Participle)

Kata Sinyal

already, ever, just, never, not yet, so far, till now, up to now.

Kalimat Positif

He has already finished his homework.

She has done her chores.

Kalimat Negatif

He has not been to Australia so far.

She has not completed her assignments.

Kalimat Tanya

Has he completed the arrangement for the coming event up to now?

Dijawab dengan “Yes, he has.” Atau “No, he has not.”

4. Present Perfect Continuous Tense

Present perfect contiunous tense atau yang juga sering disebut present perfect progressive tense adalah salah satu tenses bahasa Inggris yang pada penggunaannya memiliki fungsi untuk menjabarkan suatu tindakan yang telah selesai di masa lampau atau juga bisa untuk menjabarkan suatu tindakan yang telah dimulai di masa lalu dan masih terus berlangsung hingga sekarang.

Biasanya, tindakan-tindakan yang terjabar pada pembentukan kalimat dengan menggunakan present perfect continuous tense ini memiliki durasi waktu tertentu dan mempunyai relevansi dengan kondisi yang ada sekarang.

Rumus tenses bahasa Inggris yang digunakan untuk membentuk kalimat present perfect continuous tense/present perfect progressive tense adalah sebagai berikut :

Subject + Has / Have + Been + Verb –ing (Continuous Form)

Kata Sinyal

for the past 5 years, how long …?, the whole week, since xxxx.

Kalimat Positif

He has been working here since 1996.

They have been waiting in the house since 2 PM.

Kalimat Negatif

He has not been speaking for the last 3 hours.

They have not been sleeping for days.

Kalimat Tanya

Has he been playing the computer game all day?

Dijawab dengan “Yes, he has.” Atau “No, he has not.”

5. Simple Past Tense

Simple past tense ini adalah kebalikan dari simple present tense, yang mana tenses bahasa Inggris ini memiliki fungsi untuk menjabarkan suatu kejadian yang telah terjadi di masa lampau. Karakteristik tenses bahasa Inggris ini adalah adanya time specifier atau waktu kejadian yang jelas Jadi, ketika kita hendak membuat cerita masa lalu, kebanyakan kalimat harus disusun dengan menggunakan tenses bahasa Inggris yang satu ini.

Rumus tenses bahasa Inggris yang digunakan untuk membentuk kalimat simple past tense ini adalah sebagai berikut:

Subject + Verb 2

Kata Sinyal

yesterday, 2 minutes ago, in 1996, last Thursday, this morning, last night.

Kalimat Positif

Last year, he always worked until night.

In 1945, Indonesia declared independence.

I just talked to Mike 2 minutes ago.

Kalimat Negatif

He did not go to school this morning.

They did not eat their dinner last night.

Kalimat Tanya

Did he pay the bill yesterday?

Dijawab dengan “Yes, he has.” Atau “No, he has not.”

6. Past Continuous Tense

Tenses bahasa Inggris yang satu ini sering digunakan untuk menjabarkan bahwa suatu kejadian atau tindakan sedang terjadi pada waktu tertentu di masa lalu. Apabila kita sering membaca sebuah cerita, di situ biasanya ada dua atau lebih kejadian berbeda di masa lampau dan satu kejadian yang sedang menginterupsi kejadian yang lain. Nah, kejadian yang sedang diinterupsi itulah yang mengunakan past continuous tense atau juga yang dikenal sebagai past progressive tense.

Rumus tenses bahasa Inggris yang digunakan untuk membentuk kalimat past continuous tense/past progressive tense ini adalah sebagai berikut:

Subject + Was / Were + Verb –ing (Continuous Form)

Kata Sinyal

when, while, as long as, at this time yesterday.

Kalimat Positif

He was speaking when I entered in room.

She was sleeping when the alarm went off.

They were hiking when it started raining.

Kalimat Negatif

He was not doing his homework at this time yesterday.

She was not listening when the teacher called her name.

Kalimat Tanya

Was he writing the letter to his parents when I was out last Tuesday?

Dijawab dengan “Yes, he was.” Atau “No, he was not.”

7. Past Perfect Tense

Past perfect tense ini adalah tenses bahasa Inggris yang digunakan untuk menunjukkan suatu kejadian yang terjadi sebelum waktu tertentu di masa lampau. Pada dasarnya, past perfect tense ini lebih menekankan fakta ketimbang durasi. Jadi intinya, past perfect tense ini pada penggunaannya lebih untuk menyatakan bahwa suatu tindakan telah selesai di masa lalu, sebelum tindakan lainnya terjadi di masa lalu juga.

Rumus tenses bahasa Inggris yang digunakan untuk membentuk past perfect tense ini adalah sebagai berikut:

Subject + Had + Verb 3 (Past Participle)

Kata Sinyal

before yesterday, till three days ago, already, until that day.

Kalimat Positif

He had finished his designs before he went to work yesterday.

Kalimat Negatif

He had not been a high school student until last year.

Kalimat Tanya

Had he entered the company before he achieved his master’s degree in 1990?

Dijawab dengan “Yes, he had.” Atau “No, he had not.”

8. Past Perfect Continuous Tense

Sama seperti past perfect tense, penggunaan past perfect continuous tense, atau juga dikenal sebagai past perfect progressive tense ini memiliki maksud untuk mengungkapkan sebuah tindakan yang terjadi di masa lalu, dan telah selesai pada suatu titik tertentu di masa lalu pula. Hanya saja, tenses bahasa Inggris ini lebih menekankan pada durasi kejadian tersebut.

Rumus tenses bahasa Inggris yang digunakan untuk membentuk past perfect continuous tense/ past perfect progressive tense ini adalah sebagai berikut:

Subject + Had + Been + Verb –ing (Continuous Form)

Kata Sinyal

for, since, the whole day, all day

Kalimat Positif

He said that he had been working here for ten years.

Kalimat Negatif

He was told that his teacher had been waiting for him since 2 PM yesterday.

Kalimat Tanya

Had he been speaking for the whole class before I entered?

Dijawab dengan “Yes, he had.” Atau “No, he had not.”

9. Simple Future Tense

Pada dasarnya, simple future tense ini adalah tenses bahasa Inggris yang memiliki fungsi untuk menjabarkan suatu tindakan di masa yang akan datang dan tidak dapat dipengaruhi oleh tindakan-tindakan yang lain. Selain itu, simple future tense ini juga bisa digunakan untuk membuat keputusan/janji di masa depan secara spontan ataupun asumsi/prediksi yang berhubungan dengan masa yang akan datang.

Rumus tenses bahasa Inggris yang digunakan untuk membentuk simple future tense ini adalah sebagai berikut:

Subject + Will + Verb 1 (Present Form)

Atau

Subject + Be (Is / Are / Am) + Going to + Verb 1 (present form)

Kata Sinyal

in a year, next …, tomorrow, next week, five days later.

Kalimat Positif

He is going to be a journalist after he graduates next year.

Kalimat Negatif

He will not play computer games anymore because he understands how harmful they are.

Kalimat Tanya

Will he go to the cinema tomorrow with us?

Dijawab dengan “Yes, he will.” Atau “No, he will not.”

10. Future Continuous Tense

Seperti tenses Bahasa Inggris lainnya, future continuous tense atau yang juga disebut future progressive tense ini berfungsi untuk menunjukkan suatu tindakan yang terjadi di waktu tertentu. Tenses bahasa Inggris ini berfokus pada masa yang akan datang dan juga tindakan yang pasti akan terjadi dalam waktu dekat di masa depan.

Rumus tenses bahasa Inggris yang digunakan untuk membentuk future continuous tense/future progressive tense adalah sebagai berikut:

S + Will + Be + Verb –ing (Continuous form)

Kata Sinyal

tomorrow morning, in one year.

Kalimat Positif

He will be delivering the speech to undergraduates at 3 p.m tomorrow afternoon.

Kalimat Negatif

He will not be doing the task in the office this afternoon because he is sick.

Kalimat Tanya

Will he be playing football next morning in the playground?

Dijawab dengan “Yes, he will.” Atau “No, he will not.”

11. Future Perfect Tense

Menurut fungsinya, future perfect tense ini dapat digunakan untuk mengungkapkan bahwa suatu aktivitas sudah akan selesai pada suatu titik waktu di masa yang akan datang. Intinya, tenses bahasa Inggris yang satu ini menekankan pada tindakan yang akan berakhir pada waktu tertentu di masa depan.

Rumus tenses bahasa Inggris yang digunakan untuk membentuk future perfect tense adalah sebagai berikut:

Subject + Will + Have + Verb 3 (Past Participle)

Kata Sinyal

by next Monday, in a week.

Kalimat Positif

He will have finished the task by next Monday.

Kalimat Negatif

He will not have finished the given task by tomorrow evening.

Kalimat Tanya

Will he have finished the task in a week?

Dijawab dengan “Yes, he will.” Atau “No, he will not.”

12. Future Perfect Continuous Tense

Pada dasarnya, semua jenis perfect continuous tense itu konsepnya hampir sama. Nah, untuk future perfect continuous tense, atau yang kerap disebut future perfect progressive tense ini pada penggunaannya berfungsi untuk mengungkapkan bahwa suatu tindakan akan sudah berlangsung selama sekian lama, pada titik waktu tertentu di masa depan. Intinya, future perfect continuous tense ini merupakan serangkaian tindakan yang terjadi sebelum waktu tertentu di masa yang akan datang.

Rumus tenses bahasa Inggris yang digunakan untuk membentuk perfect continuous tense/future perfect progressive tense ini adalah sebagai berikut:

Subject + Will + Have + Been + Verb –ing (Continuous Form)

Kata Sinyal

for the last couple of hours, all day long.

Kalimat Positif

He will have been taking charge of the team for the next hour.

Kalimat Negatif

He will not have been doing the task for the last couple of hours.

Kalimat Tanya

Will he have been doing the research all day long?

Dijawab dengan “Yes, he will.” Atau “No, he will not.”

13. Simple Past Future Tense

Pada intinya, simple past future tense ini digunakan untuk kalimat yang tidak langsung, di mana di situ terdapat perubahan bentuk untuk menyesuaikan dengan rangkaian peristiwa yang ada. Jadi, jika diambil kesimpulan, simple past future tense ini menyatakan suatu tindakan yang akan dilakukan, membuat prediksi, dan membuat janji di masa depan saat berada di masa lalu.

Rumus tenses bahasa Inggris yang digunakan untuk membentuk simple past future tense ini adalah sebagai berikut:

Subject + Would + Verb 1

Subject + WAS/WERE + GOING TO + Verb (Present Form)

Kalimat Positif

He said that he would leave in three days.

Kalimat Negatif

He did not promise that he would buy you a new computer.

Kalimat Tanya

Did you tell him when I would arrive?

Dijawab dengan “Yes, I did.” Atau “No, I did not.”

14. Past Future Continuous Tense

Past future continuous tense, atau juga disebut past future progressive tense, merupakan salah satu bentuk kata kerja untuk menyatakan situasi ataupun tindakan imajiner yang sedang berlangsung, apabila kondisi tidak langsungnya terpenuhi. Artinya, past future continuous tense ini menekankan pada serangkaian atau durasi suatu tindakan yang terjadi, dan juga bisa digunakan untuk kalimat tidak langsung.

Rumus tenses bahasa Inggris yang digunakan untuk membentuk past future continuous tense/past future progressive tense adalah sebagai berikut:

Subject + Should / Would + Be + Verb –ing (Continuous Form)

Kalimat Positif

I made a promise that I would be doing my homework all day long tomorrow.

Kalimat Negatif

I did not tell anyone that I would be giving a speech to undergraduates for the next whole morning.

Kalimat Tanya

Did you say that you would be working hard in the next week?

Dijawab dengan “Yes, I did.” Atau “No, I did not.”

15. Past Future Perfect Tense

Pada konsepnya, past future perfect tense ini bisa digunakan untuk membicarakan suatu tindakan yang tidak terjadi di masa lalu. Namun, ada 3 waktu yang bisa terjadi di masa lalu, di mana hal itu merujuk pada waktu yang akan datang, waktu tertentu di masa lalu, tetapi tindakan yang terjadi harus sudah selesai sebelum waktu yang akan datang. Biasanya, past future perfect tense ini digunakan pada kalimat tidak langsung.

Rumus tenses bahasa Inggris yang digunakan untuk membentuk past future perfect tense adalah sebagai berikut:

Subject + Should / Could / Would  Have + Verb 3 (Past Participle)

Kalimat Positif

He told the students that they should have finished the homework this morning.

Kalimat Negatif

He said that he would not have made such a mistake if he had taken my advice.

Kalimat Tanya

Did you say that you would have been a doctor in three years?

Dijawab dengan “Yes, I did.” Atau “No, I did not.”

16. Past Future Perfect Continuous Tense

Kebanyakan orang mengakui bahwa past future perfect continuous tense atau past future perfect progressive tense adalah salah satu jenis tenses bahasa Inggris yang cukup sulit. Memang, tapi bukan berarti tidak bisa dipahami. Pada konsepnya, past future perfect continuous tense ini adalah salah satu bentuk kata kerja untuk menyatakan sebuah tindakan atau situasi imaginer sedang berlangsung, pada titik tertentu atau selama periode tertentu di masa lampau. Artinya, si pembicara sedang membicarakan situasi secara imaginer, yang mana keadaan tersebut tidak nyata atau hanya angan-angan.

Rumus tenses bahasa Inggris yang digunakan untuk membentuk past future perfect continuous tense/past future perfect progressive tense adalah sebagai berikut:

Subject + Should / Could / Would  Have + Been + Verb –ing (Continuous Form)

Kalimat Positif

I heard that you should have been teaching here for ten years by this July.

Kalimat Negatif

I did not know that he would have been working for the past three hours by that time.

Kalimat Tanya

Would he have been explaining to the workers if he had made the information clear?

Dijawab dengan “Yes, he would.” Atau “No, he would not.”

Kesimpulan

aturan tenses bahasa inggris

Ketahui aturan dalam tenses

Kira-kira, begitulah 16 tenses bahasa Inggris yang bisa kita pelajari bersama. Layaknya pembelajaran semua ilmu, tenses bahasa Inggris-pun perlu proses. Metode pembelajaran paling efektif untuk mempelajari 16 tenses bahasa Inggris ini adalah selain menghafal dan memahaminya secara bertahap, terapkan juga dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu ketahui pula aturan – aturan dalam menggunakan tenses. Kemampuan berbahasa, layaknya pisau, akan semakin baik dan tajam semakin sering diasah. Sebaliknya, jika tidak pernah dipakai, maka akan tumpul dan berkarat.

4 thoughts on “16 Tenses Bahasa Inggris dan Cara Menguasainya

    • X3English Support says:

      Selamat pagi kak
      Terima kasih telah tertarik dengan program Eng Breaking kami 🥰🥰🥰
      Silahkan kaka mendaftar di link website kami: http://engbreaking.id/ untuk bisa cepat bergabung dengan Eng Breaking yah 😊🥰🙏

    • X3English Support says:

      Selamat Pagi Kak Devi
      Terima kasih telah tertarik dengan program Eng Breaking kami 🥰🥰🥰
      Silakan bergabung dengan Eng Breaking di: http://engbreaking.id/ supaya cepat bisa jago Bahasa inggris yah kak ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *