14 cara latihan berbicara bahasa Inggris yang sederhana dan efektif 2021

14 cara latihan berbicara bahasa Inggris yang sederhana dan efektif 2021

Penyebutkan bahasa Inggris, Anda boleh bangga karena Anda dapat menulis kalimat- kalimat yang sangat bagus, atau telah menghafal 100 kata yang variasi, akan tetapi saat Anda membuka mulut tidak bisa mengucapkan satu kalimat dengan lengkap!

Dan Anda juga tahu bahwa cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris Anda adalah: berlatih berbicara bahasa Inggris dengan penutur asli …

Akan tetapi bagaimana jika Anda tidak memiliki kesempatan untuk melakukannya? Atau apakah Anda punyanya tetapi tidak punya waktu untuk berbicara dengan mereka? Atau apakah Anda tidak cukup percaya sendiri untuk berkomunikasi?

Jangan khawatir! Anda masih bisa melakukannya dengan baik dengan 14 cara yang menarik di bawah ini.
Jangan lupa menggunakan teknik mengejarkan ketertinggalan ilahi untuk meningkatkan keterampilan berbicara Anda hingga 200%.

Tidak penundaan lebih lanjut, saya akan memberikan 14 cara untuk Anda sekarang:

1. Latihan berpikir dalam bahasa Inggris akan membantu Anda berefleksi lebih cepat saat berkomunikasi

Jika Anda berpikir dalam bahasa Vietnam dan kemudian mencoba mengungkapkannya dalam bahasa Inggris, Anda harus selalu menerjemahkan bolak-balik antara dua bahasa, ini bukan hal yang mudah. Bahkan orang yang fasih dalam dua bahasa atau lebih juga memiliki masalah yang sama.

Solusinya adalah berlatih memikirkan semua dalam bahasa Inggris!

Metode ini membuat berbicara bahasa Inggris lebih sederhana karena pemikiran Anda menjadi refleksif, sistematis.

Anda dapat melakukannya di mana pun, kapan pun. Cobalah menggunakan bahasa Inggris untuk memikirkan apa saja dalam kehidupan sehari-hari Anda.

Mulailah dari hal-hal yang mudah di sekitar Anda dengan kalimat- kalimat paling sederhana.

Misalnya: Anda melihat langsung ke meja belajar / meja kerja Anda dan mencoba dengan benda tertentu lihat: This is my pen. It’s on the table.

Anda tidak perlu memikirkan satu kalimat yang panjang. Mari kita mulai dengan kalimat sederhana dan ringkas. Secara bertahap-tahap setelah Anda terbiasa, cobalah dengan kalimat yang lebih panjang.

Cobalah gunakan kamus bahasa Inggris – bahasa Inggris untuk mencari kata, penjelasan setiap kata di dalamnya akan melatihkan Anda untuk berpikir lebih mudah.

Misalnya: beberapa kamus seperti Cambridge, Oxford, Longman … layak untuk Anda referensi. Dengan cara ini Anda tidak perlu menggunakan bahasa Vietnam untuk menerjemahkan kata lagi. Anda akan melihat bahwa kata-kata tersebut terdengar lebih terbiasa.

2. “Monolog diri sendiri” dengan sendiri secepat saat berkesempatan membantu Anda untuk mulai berbicara dengan lebih nyaman

Hal ini mungkin terdengar agak aneh, tapi itu ide yang bagus. Saat Anda dapat berpikir dengan mudah dalam bahasa Inggris, cobalah untuk mengatakannya. Ubah pikiran itu menjadi kata-kata. Anda dapat melakukannya di mana saja dan kapan saja: di rumah maupun sendiri di tempat lain.

Contoh: Praktik “monolog” ini sangat mudah. Anda benar-benar berbicara saat berjalan kaki, saat melihat rok yang bagus di toko pinggir jalan yang Anda suka – ““What a nice dress!”, Atau melihat seseorang yang cantik – ““Such a beautiful girl/lady!”…

Saat membaca Anda juga harus melakukan hal yang sama. bahkan saat tidak ada orang untuk mengedit pastikan Anda akan merasa lebih nyaman, tidak terlalu malu, dan lebih percaya diri.

Mulailah berbicara dengan pelan-pelan tetapi harus sangat standar, dan ucapkan berulang kali, dan setelah Anda terbiasa, tingkatkan kecepatan berbicara Anda.

Apakah Anda juga ingin orang lain memahami apa yang Anda berbicara? Jadi, mari berlatih pengucapan standar dari langkah ini.

Saya akan menunjukkan Anda cara pengucapan di bagian berikut.

3. Berlatih berbicara bahasa Inggris di depan cermin membantu Anda berkomunikasi dengan percaya diri

Fitur dari latihan ini membantu Anda mengamati bentuk mulut Anda, seluruh wajah dan tubuh Anda saat Anda berbicara.

Kapanpun Anda punya waktu, luangkan beberapa menit untuk berdiri di depan cermin dan berlatih berbicara. Pilih topik apa saja dalam kehidupan sehari-hari dan luangkan 2-3 menit hanya untuk berbicara saja. Metode ini membantu Anda menyesuaikan mulut dan lidah saat berlatih pengucapan berkali-kali untuk menemukan suara yang benar, serta bisa percaya diri melihat langsung ke lawan bicara Anda.

Itu juga membuat Anda merasa seperti sedang berbicara dengan seseorang, jadi Anda bisa berpura-pura seperti sedang mendiskusikan masalah tersebut dengan seorang teman dekat.

Latihan berbicara di depan cermin membantu Anda percaya diri saat berkomunikasi.

Cara terbaik untuk berbicara bahasa Inggris adalah Anda akan menggunakan bahasa tubuh Anda saat berbicara, sehingga Anda akan merasa lebih terbiasa dan ceritanya juga akan menjadi lebih aktif.

Bicaralah terus menerus selama 2 sampai 3 menit. Jangan berhenti! Jika Anda terjebak pada kata yang Anda tidak pahami, cobalah mengungkapkan ide dengan cara yang berbeda.

Anda selalu dapat mencari pengucapan kata itu setelah 2 – 3 menit. Hal ini memastikan Anda akan menemukan kata atau kalimat yang Anda ingin tahu dan juga akan membantu Anda mengingatnya lebih lama.

Atau Anda bisa merujuk Eng Breaking – metode yang membantu Anda berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan percaya diri dan lancar dengan orang asing.

4. Fokus pada berbicara dengan lancar dan tidak memperhatikan tata bahasa membantu Anda meningkatkan keterampilan komunikasi.

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa selama berbicara dan pengucapan, berapa kali yang Anda biasanya berhenti?

Setiap kali itu, Anda akan “kehilangan” sedikit rasa percaya diri dan merasa tidak nyaman seperti awalnya. Masih menggunakan latihan berbicara cermin di atas, sekarang ajukan tantangan bagi sendiri Anda: harus berbicara tanpa berhenti atau tergagap selama prosesnya.

Ini berarti kalimat- kalimat Anda tidak akan sempurna tentang tata bahasa, tetapi tidak apa-apa! Jika Anda fokus pada berbicara dengan lancar maupun menjadi benar, Anda masih akan memahami dan mendengar dengan lebih baik.

Kalimat- kalimat ini adalah koneksi ke bagian yang Anda tidak dapat memikirkan kata atau ungkapan lain pada waktunya. Itu membantu mengatasi sebagian besar kesenjangan dalam berbicara, dan bahkan membantu Anda terbiasa saat berkomunikasi.

Selain itu, hindari menggunakan terlalu banyak “filler words” seperti: “ahh”, “uhm”, “oh”, “you know, “so”, “like” … Itu hanya membuat Anda semakin bingung dan membuat pendengar merasa lelah dan tidak nyaman.

5. Cobalah untuk mengucapkan dengan kalimat, kata-kata yang membuat Anda “memutar lidah” ​​untuk membantu Anda mengucapkan dengan benar, berbicara dengan lancar, fasih

Pernahkah Anda ditantang untuk mengatakan dengan sangat cepat kalimat “Panci tembaga untuk memasak siput, sepanci tanah liat untuk memasak katak”? Silakan mencobanya beberapa kali… apakah Anda pernah “lidah terikat”? Dalam bahasa Inggris juga, mereka memiliki ungkapan seperti itu. Ini disebut Tongue Twisters.

Tongue Twisters adalah satu frasa atau kalimat yang sulit diucapkan dengan cepat, biasanya karena aliterasi atau rangkaian bunyi yang serupa. Mereka adalah alat yang hebat untuk mengembangkan keterampilan berbicara Anda.

Cobalah ucapkan beberapa kali kalimat ini: The thirty-three thieves thought that they thrilled the throne throughout Thursday.

Permainan kata seperti itu akan membantu Anda menemukan posisi mulut dan lidah yang benar, bahkan mungkin meningkatkan kemampuan pelafalan Anda.

Sekarang saya akan memberikan beberapa kalimat untuk Anda latihan:

  • I thought, I thought of thinking of thanking you – saya pikir, saya mengingat untuk mengingat berterima kasih Anda.
  • RED BULB BLUE BULB RED BULB BLUE BULB – bola lampu merah, bola lampu hijau, bawang merah, bawang hijau.
  • Betty Botter bought some butter, but she said “this butter’s bitter! But a bit of better butter will but make my butter better” So she bought some better butter, better than the bitter butter, and it made her butter better – Betty Botter membeli mentega, tapi dia berkata” mentega ini pahit! Tapi sepotong mentega yang lebih bagus akan membuat mentega saya lebih enak. ”Jadi dia membeli sedikit mentega pahit jenis lebih bagus, dan itu membuat menteganya lebih enak.
  • I scream, you scream, we all scream for ice cream! – Saya berteriak, Anda berteriak, kita semua berteriak karena es krim!
  • Do tongue twisters twist your tongue? – Apakah “lilitan lidah” ​​ini membuat lidah Anda berkedut?

6. Mendengarkan dan “berulang” membantu Anda meningkatkan suara Anda, menciptakan daya tarik bagi pendengar

Apakah Anda sering menonton acara TV atau video berbahasa Inggris di Youtube? Manfaatkan mereka untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi fasih Anda.

Pilihlah satu bagian / seksi pendek dari acara yang Anda sukai, dengarkan dan ulangi setiap kalimat. Cobalah untuk mencocokkan timbre, kecepatan, dan bahkan ekspresi (jika memungkinkan).

Jika Anda melewatkan beberapa kata juga tidak masalah, yang penting itu Anda harus terus berbicara. Temukan cara untuk membuat suara Anda terdengar seperti penutur asli dalam program itu.

Anda dapat menggunakan perekam suara untuk merekam suara sendiri, lalu membandingkan dengan pengucapan klip aslinya untuk menemukan kesalahan.

Sabar ulangi berulang beberapa kali untuk menemukan suara yang standar. Hal ini membutuhkan proses yang panjang dan tidak bisa terburu-buru. Anda perlu memperhatikan kata stress, koneksi suara dan intonasi saat mengucapkan bahasa Inggris.

Contohnya, program “The Voice US” adalah program yang sangat menarik bagi Anda untuk berlatih mendengar dan berbicara.

Kata-kata yang mereka gunakan dalam program ini sangat populer dalam komunikasi sehari-hari di Amerika dan juga mudah untuk ngerti.

Anda akan mudah mempelajari intonasi, dan juga penggunaan kata-kata , cara berbicara yang terampil, yang sangat bagus untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan dan berkomunikasi Anda.

Pada awalnya, Anda dapat mengaktifkan subtitle dan mengucapkan ulang, setela itu mematikan subtitle untuk menantang diri Anda.

Selain itu, Anda bisa merujuk 9 saluran Youtube di sini.

7. Perhatikan tekanan agar tidak menyesatkan pendengar

Bahasa Inggris berbeda dari bahasa Vietnam karena meskipun tidak ada aksennya, bahasa ini memperhatikan tekanan dan intonasi. Artinya Anda perlu menekankan atau menonjolkan kata kunci atau suku kata (tones) agar kata dan kalimat memiliki arti yang berbeda.

Dalam bahasa Inggris, tekanan kata bukan dipilih dengan acak. Anda tidak bisa menekankan di mana pun yang Anda suka.

Dengarkan tekanan penutur asli saat berbicara. Hal ini tidak hanya membantu Anda berbicara lebih baik, tetapi bahkan dapat mengurangi banyak kesalahan pahaman pendengar.

Sering kali, kesalahan menempatkan tekanan dapat mengubah sepenuh arti katanya.

Belajarlah untuk mendengarkan perbedaannya!

Contoh: Kata ADdress tidak sama dengan kata adDRESS. ADdress mengacu pada lokasi geografis tempat tinggal seseorang, sedangkan adDRESS mengacu pada berbicara formal dengan banyak orang.

Seperti yang saya sebutkan di bagian 6, ingatlah menggunakan perekam untuk belajar berbicara. Coba tiru persis sama. Pengenalan suku kata Anda akan cepat naik jika Anda berlatih keras dengan cara ini.

Di sisi lain, saat pengucapan Anda meningkat, kemampuan memahami bahasa Anda juga akan meningkat. Karena ketika Anda mencoba membedakan suku kata yang serupa, Anda harus mendengarkan dengan cermat bunyi-bunyi ini dan itu membuat belajar bahasa Inggris lebih mudah.

8. Bernyanyi lagu-lagu bahasa Inggris yang favorit Anda membantu Anda berbicara bahasa Inggris dengan lancar

Belajar bahasa Inggris melalui lagu merupakan hal pertama yang semua orang melakukan. Tahukah Anda bahwa itu sangat bermanfaat?

Saat mendengarkan lagu kesukaan, kita akan bersenandung dengan lagu tersebut, itulah waktu Anda memiliki lebih banyak motivasi dan latihan untuk dapat nyaman menyanyikan lagu kesukaan Anda tanpa takut ditertawakan orang lain.

Belajar bahasa Inggris melalui lagu membantu Anda mengumpulkan kosakata, mempelajari lebih banyak tentang tata bahasa, dan belajar pengucapan untuk berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari.

Kadang-kadang lagu akan menghilangkan beberapa elemen dalam tata bahasa yang digunakan, tetapi itu tidak berarti tata bahasanya salah. Sebaliknya, Anda harus mempelajari bagaimana struktur tata bahasa standar direduksi dan kemudian secara aktif menghafal struktur ini.

Pembelajaran aktif dan belajar sendiri selalu membantu pelajar mengingat lebih lama dari pada pembelajaran pasif, pengetahuan yang diberikan oleh orang lain.

Selain itu, meskipun tata bahasanya tidak sempurna, liriknya adalah kaya kosakata bahasa Inggris sangat variasi. Menghafal lirik membantu Anda mempelajari banyak kosakata, bahkan idiom dekat atau kata-kata gaul untuk dapat berkomunikasi seperti penutur asli.

Langkah pertama menyanyilah lagu-lagu yang memiliki ketukan biasa yang bisa Anda nyanyikan dengan mudah, seperti musik Taylor Swift dan Jason Marz misalnya. Setelah Anda dapat bernyanyi bersama untuk lagu-lagu ini, Anda dapat cek keterampilan Anda dengan genre yang lebih sedikit sulit: RAP!

Rap adalah cara yang bagus untuk berlatih bahasa Inggris karena kata-kata di dalamnya sangat terbiasa.

Akan tetapi para rapper menggunakan ritme yang lebih berat dan lebih kuat dengan kecepatan lebih cepat.

Beberapa kata mungkin tidak bermasuk akal, tetapi jika Anda dapat pahamnya jadi selamat, Anda hampir dapat berkomunikasi dengan lancar!

Bernyanyi lagu bahasa Inggris favorit Anda membantu Anda berbicara bahasa Inggris dengan lancar.

9. Pelajari semua bentuk kata untuk membuat kaya kosakata Anda menjadi lebih variasi

Bentuk kata merupakan bentuk ekspresi dari sesuatu kata, antara lain: infinitive form, past, noun, verb, adverb, adjective.

Jadikan berbicara lebih mudah secara mempelajari bentuk kata apa pun yang Anda pelajari. Anda harus melakukannya segara setelah Anda mempelajari kosa – kata baru. Anda harus menemukan dan mengafalkan, termasuk sinonim dan antonim.

Pelajari semua bentuk kata untuk membuat kaya kosakata Anda menjadi lebih variasi

Saat mempelajari kata baru:

  • Langkah 1: Anda perlu menentukan jenis kata apa (kata kerja? Kata benda? Kata sifat? …).
  • Langkah 2: Temukan bentuk sisa dari kata itu; tuliskan (lebih baik jika perhatikan pengucapannya ).
  • Langkah 3: Temukan sinonim / antonim dari kata itu.

Contohnya:

  • Jika Anda baru saja mempelajari kata “write”, Anda juga harus belajar beberapa bentuk kata lain seperti bentuk sebelumnya “wrote” dan partikel kedua “written”.
  • Atau sepasang sinonim seperti: “suggestion” = “hint”.

Pengetahui penggunaan kata yang benar dalam jenis kalimat apa pun sangat penting. Pengetahuan ini akan membantu Anda dalam berkomunikasi.

Anda tidak akan berhenti dan memikirkan kata lain lagi – Anda akan tahu benar kapan Anda perlu menggunakan kata itu.

10. Pelajari frase, bukan kata demi kata

Anda dapat menggunakan tata bahasa dan kosakata yang benar, tetapi Anda masih tidak tahu bagaimana penutur asli akan mengatakannya. Ketika Anda mendengar mereka mengatakan satu kalimat yang aneh seperti “What’s up?”, Tahukah Anda bahwa kalimat ini memiliki arti yang mirip seperti “How do you feel today?” yang kamu pelajari? Kalimat “How are you doing?” juga sama.

Masyarakat lokal sering menggunakan frase alternatif ini. Saat berbicara, gunakan frasa atau idiom slang yang pasti akan membantu Anda berbicara lebih terbiasa:

Contohnya:

Frasa kalimat:

  • To drift apart: jauh, memudar.
  • To hit it off: cepat berteman.
  • To enjoy someone’s company: nikmati waktu bersama seseorang.

Idiom:

  • “A picture is worth a thousand words.(Berbicara dengan petunjuk bersertifikat.)
  • “Love you, love your dog.” (Cinta saling mencintai mencintai jalan, saling membenci, membenci keturunan.)
  • “A blessing in disguise.” (Dalam kejelekan yakin ada keuntungan)
  • Anda dapat merujuk ke kalimat bahasa Inggris umum di sini.

11. Pelajari beberapa kalimat yang sering Anda gunakan membantu Anda mudah berkomunikasi

Mempelajari beberapa kalimat yang sering Anda gunakan tidak hanya dengan mudah mengungkapkan pikiran Anda kepada orang lain, menciptakan identitas Anda sendiri, tetapi penutur asli akan berpikir bahwa Anda cukup “ahli” bahasa mereka.

Luangkan waktu sejenak untuk memperhatikan bagaimana Anda biasanya berbicara dalam bahasa Vietnam. Cari tahu kalimat apa yang Anda gunakan dalam komunikasi sehari-hari. Apa kata dan frasa yang Anda paling sering gunakan?

Sekarang cari bagaimana berbicara kata-kata dan ungkapan itu dalam bahasa Inggris. Mengenal mereka dalam bahasa Inggris akan membantu Anda berbicara serta berbicara bahasa Indonesia.

Contohnya beberapa kalimat di bawah ini:

  • Help yourself! Silakan!
  • None of your business. Bukan urusan Anda.
  • I was just daydreaming.Saya hanya sedikit linglung.
  • Win some, lose some. Dapatkan yang ini kehilangan itu.
  • Take it or leave it! Terimalah yang dibutuhkan, tolak dengan lantang!
  • Don’t take it to heart. Sudahlah / Jangan biarkan begitu saja.
  • Are you available tomorrow? Apakah Anda bebas besok?
  • Don’t go yet. Jangan pergi dulu.
  • What a relief. Sangat ringan.

12. Mempersiapkan sebelumnya untuk situasi khusus akan membantu Anda berbicara lebih baik

Dalam bahasa Inggris komunikatif, setiap situasi berbeda Anda memiliki cara komunikasi yang berbeda. Misalnya, apakah Anda belajar bahasa Inggris untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan multinasional?

Dalam situasi ini, pelatihan bahasa Inggris sangat berguna bagi Anda dalam wawancara maupun di tempat kerja. Apakah Anda belajar bahasa Inggris untuk mencari teman di Amerika? Maka Anda harus berbicara bahasa Inggris secara berbeda.

Sebelum memasuki lingkungan berbahasa Inggris, Anda harus mempraktikkan sebelumnya apa yang kemungkinan besar yang Anda akan berbicara

Jika Anda bersiap untuk pergi ke restoran, bagaimana percakapan di sana? Bagaimana Anda harus menjawab pertanyaan yang pelayan dapat tanya ? Harus segara berlatih berbicara tentang makanan dan menu !

Inilah situasi yang Anda harus bersiap:

  • Bagikan – Bersimpati.
  • Bepergian naik taksi.
  • Bepergian naik bus.
  • Berpergian naik pesawat.
  • Pesan kamar hotel.
  • Prosedur terima kamar
  • Pelayanan hotel.
  • Prosedur kembalikan kamar
  • Di apotek.
  • Di stasiun.
  • Di bank.
  • Di kantor pos.
  • Di bioskop.
  • Di bilik foto.
  • Di salon kecantikan.
  • Di rumah sakit.
  • Di binatu.
  • Makan di restoran.
  • Mengunjungi.
  • Pergi belanja.
  • Main olahraga.
  • Ucapkan afirmasi dan negatif.
  • Penilaian dan opini.

Saya yakin Anda akan merasa jauh lebih percaya diri jika Anda mempersiapkan diri dengan baik sebelumnya!

13. Tetap nyaman saat berbicara bahasa Inggris

Ketakutkan dan tidak menghargai kemajuan sendiri adalah terbiasa banyak orang. Tidak ada orang yang tidak “tersandung di piring” saat berbicara. Anda harus tahu bahwa semua orang yang pandai bahasa asing juga melalui tahap ini.

Berbicara bahasa Inggris dengan lancar atau tidak itu tergantung pada tekad Anda. Anda bisa menjadi sekutu terbaik atau musuh terburuk yang Anda mempunya sendiri. Tempatkan diri Anda pada posisi pendengar Anda.

Ketika mendengar orang asing berbicara bahasa Vietnam, Anda hanya memperhatikan kata-kata dan mengertinya saja.

Oleh karena itu: Percayalah pada sendiri! Saya tahu ini sulit, tetapi Anda jangan terlalu mengkhawatirkan nada suara saat berbicara. Tenang saja!

Tetap nyaman saat berbicara bahasa Inggris.

Jika Anda mengalami kesulitan atau bingung, tarik napas dalam-dalam saja dan mulai lagi. Jika perlu, bicaralah lebih pelan. Berhentilah sejenak sebelum mengucapkan kalimat berikutnya. Biarkan saja semuanya mengalir di sepanjang air, secara alami, kalimat-kalimat itu otomatis akan datang kepada Anda.

Melakukan apa saja yang diperlukan untuk membuat Anda lebih nyaman saat berbicara bahasa Inggris.

Ingatlah “Relax! Take it easy!!”

14. Bercerita dalam bahasa Inggris mengajarkan Anda kebiasaan mengucapkan banyak kalimat secara berurutan

Pelajar berbahasa Inggris sering membuat kesalahan adalah berbicara kalimat terlalu pendek dan kurang informasi. Oleh karena itu, menghafal cerita dan menceritakannya ulang dalam bahasa Inggris akan membantu Anda melatih penghubung kalimat yang panjang dan lancar.

Berikut adalah cara yang sangat menarik untuk mengecek bagaimana bahasa Inggris Anda meningkat: pilih satu cerita yang Anda sukai atau cerita pendek “Hadiah kehidupan” atau cerita pendek berbahasa Inggris yang sederhana. Setelah mengerti dan memahami plot sepenuhnya, ceritakan sendiri dalam bahasa Inggris dengan suara Anda sendiri.

Ingatlah berpikir dalam bahasa Inggris sambil bercerita. Fokus pada berbicara dengan lancar maupun berbicara dengan benar. Ucapkan setiap kalimat dengan cara Anda sendiri.

Meskipun tidak ada orang yang bisa ngobrol bersama, Anda tetap bisa membangun kepercayaan diri dan menguasai bahasa Inggris dengan lancar.

Epilog

Di atas ini adalah 14 metode untuk membantu Anda meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris saat Anda hanya sendirian. Anda harus segera merencanakan, menerapkan dan terus-menerus mengikuti metode ini, kemampuan komunikasi Anda akan meningkat secara signifikan.

Selain itu, ada satu rahasia kecil yang saya ingin membagikan Anda, satu teknik yang sangat ampuh. Saya mendorong Anda untuk mencoba “Teknik Mengejarkan Ketertinggalan”. Ini adalah teknik sangat hebat yang akan membantu Anda mendobrak hambatan komunikasi yang sulit karena rasa malu atau salah mengucapkan. Dalam artikel masih ada contoh dan latihan gratis untuk Anda.

P.s: Jika ada kesulitan atau ada saran berharga untuk artikel ini, silakan beri komentar di bawah artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *