16 Cara Menghafal Kosakata Bahasa Inggris

Kosakata bahasa Inggris atau lebih sering disebut sebagai vocabulary merupakan sebuah elemen yang sangat krusial dalam mempelajari bahasa Inggris. Tidak peduli jika kamu sangat ahli dalam tata bahasa atau grammar sekalipun, jika kamu hanya mempunyai pengetahuan atau hanya mengetahui sedikit tentang kosakata bahasa Inggris, maka dijamin akan sangat sulit bagi kamu untuk bisa fasih/fluent nantinya saat kamu menggunakan bahasa tersebut. Maka dari itu,  memperkaya diri kamu dengan pembendaharaan kosakata adalah hal yang sangat penting dan bisa dibilang wajib untuk dilakukan oleh orang yang akan atau sedang belajar bahasa Inggris.

Kosakata bisa dibilang menjadi sebuah jendela baru untuk memperluas pengetahuan kamu dalam mempelajari bahasa Inggris. Mengetahui banyak kosakata bahasa Inggris tentunya akan sangat membantu kamu nantinya saat akan mengimplementasikan kemampuan kamu contohnya seperti dalam percakapan sehar- hari/daily conversation yang dimana dalam proses percakapan ini terdapat dua hal yaitu berbicara/speaking dan mendengarkan/listening , menulis konten/content writing, membaca novel bahasa Inggris/reading, atau menonton film berbahasa Inggris.

Nah, jika kamu akan atau sedang belajar Bahasa Inggris,maka kamu pasti pernah  atau bisa dibilang wajib mencoba untuk menghafal kosakata (vocabulary) Bahasa Inggris setiap harinya. Bahkan ada beberapa tempat kursus bahasa Inggris yang mewajibkan muridnya untuk menghafal kosakata bahasa Inggris di setiap akhir kelasnya. Nantinya, disetiap kelas di minggu berikutnya, para murid akan melakukan tes dengan mentornya untuk mengetahui seberapa jauh pengetahuan para murid akan kosakata bahasa Inggris mereka 

Momen yang kerap kali terjadi saat mempelajari kosakata bahasa Inggris adalah saat kamu mengalami kesulitan dalam menghafal sebuah kosakata padahal kamu sudah mencoba untuk mengingatnya berkali-kali. Mengapa terkadang kita mengalami  kesulitan untuk menghafal kosakata bahasa Inggris? Tentunya ada beberapa alasan, salah satunya adalah karena kita menggunakan metode menghafal yang kurang tepat atau tidak cocok untuk kita. Yang kamu perlu ketahui, sebenarnya cara untuk menghafal kosakata bahasa Inggris memang berbeda untuk setiap orang. Maka dari itu, kamu perlu mencari beragam cara untuk menghafal kosakata bahasa Inggris yang paling cocok untuk diri kamu.

Bagi kamu yang masih belum mengetahui cara untuk menghafal kosakata bahasa Inggris yang terbaik, di bawah ini terdapat beberapa cara dan tips untuk menghafal kosakata Bahasa Inggris yang bisa kamu coba untuk praktikan di rumah. Semoga tips dan cara – cara berikut ini dapat membantu kamu ya!

1. Menggunakan Aplikasi atau Games

Menggunakan Aplikasi atau Games untuk belajar kosakata Bahasa Inggris

Menggunakan Aplikasi atau Games

Saat ini terdapat berbagai macam jenis aplikasi atau games di handphone yang bisa membantu kamu untuk menghafal berbagai kosakata bahasa Inggris. Contohnya seperti Vocabulary Builder, Fluent U, Vocab English Flashcards, dan masih banyak lagi.  Cobalah untuk memilih aplikasi yang menurut kamu paling cocok, kemudian unduh dan gunakan aplikasi tersebut di handphone kamu. Jangan lupa untuk selalu rutin membuka aplikasinya dan rajin untuk mempelajarinya, agar kosakata kamu bisa semakin bertambah. Cara ini akan sangat cocok untuk kamu yang sering bermain handphone. Yang cukup menarik adalah aplikasi – aplikasi ini dilengkapi dengan game – game menarik sehingga dapat membuat proses belajarmu menjadi lebih menarik dan menyenangkan.

Manfaat lain dari aplikasi atau games untuk kosakata bahasa Inggris adalah aplikasi – aplikasi ini dapat membantu kamu untuk mempersiapkan tes seperti IELTS, TOEFL, dan GRE (Gradute Record Examination) yang merupakan tes standar untuk bisa masuk ke sekolah di Amerika.

Selain itu, ada juga games – games yang memang di desain sedemikian rupa untuk membuat para penggunanya bermain games sekaligus belajar bahasa Inggris di saat yang sama.  Salah satu contohnya adalah Scrabble. Scrabble adalah game kosakata bahasa Inggris yang paling populer di dunia. Di dalam game ini, pemainnya ditantang untuk menyusun sebuah kata dari huruf-huruf yang di dapatkan secara acak. Game ini sangat baik untuk kamu guna mengingat-ingat dan mempraktikan kosakata yang telah telah kamu pelajari. Tidak hanya Scrabble saja, namun masih ada banyak permainan-permainan lainnya yang bisa melatih kosakata kamu. Games – games  ini bahkan dapat dengan sangat mudah untuk kamu pasang di ponselmu.

2. Menggunakan Metode Mnemonic

Metode Mnemonic adalah sebuah teknik atau metode bejalar untuk mengingat sebuah hal dengan membuat asosiasi dari kata – kata yang ada, atau akronim dari kata – kata tersebut. Metode ini merupakan metode untuk mengingat sebuah konsep yang rumit dengan cara yang sederhana atau mudah diingat. Dengan banyak latihan, kamu akan menjadi jauh lebih pintar dan dapat menciptakan hal-hal yang kreatif dengan cara menghubungkan kata – kata yang berhubungan. Selain itu, semakin lama kamu belajar untuk memikirkan akronim atau asosiasinya, semakin mudah pula kamu dapat mengingat kata-kata atau hal yang dapat muncul dari asosiasi atau akronim tersebut. Contoh yang paling dasar adalah mengingat warna dasar dengan membuat akronim RGB yang merupakan singkatan dari Red, Green, Blue. Atau STORE yang merupakan singkatan dari Strawberry, Tomatoes, Olives, Rice, Eggs.

Selalu ingat bahawa kamu selalu bisa menciptakan mnemonics versi kamu sendiri agar jauh lebih mudah bagi kamu dalam mengingat suatu vocabulary. Kamu juga bisa mengunjungi mnemonicdictionary.com untuk mempelajarai cara-cara mengingat suatu kosakata dalam bahasa Inggris.

3. Membuat Flash Cards

Flashcards merupakan salah satu cara paling populer untuk kamu bisa menghafal kosakata  bahasa Inggris. Kamu bisa membuat flashcard sendiri dengan cara menuliskan kosakata yang ingin kamu ingat dalam secarik kertas kecil atau juga bisa dengan yang seukuran kartu nama. Nanti, dibalik kartu tersebut, kamu bisa menuliskan artinya dari kosakata tersebut. Namin jika kamu tidak dapat atau tidak ada waktu untuk membuat flashcards kamu sendiri, kamu bisa membeli di toko online maupun offline atau mengunduhnya secara gratis di berbagai macam website yang saat ini banyak tersedia.

Bacalah dengan rutin semua kosakata dalam flashcards yang kamu buat sambil secara mandiri menebak-nebak artinya sebelum melihat arti yang sebenarnya dibalik kartu tersebut. Jika dilakukan secara rutin, kemungkinan besar kamu akan segera bisa mengingat kosakata-kosakata tersebut. 

Kamu juga bisa menggunakan flashcards sebagai game saat berkumpul bersama dengan teman – teman atau orang terdekat kamu. Flashcards dapat dimainkan sebagai game dengan cara membuat beberapa flashcards, kemudian ditumpuk secara acak dan diambil oleh salah satu orang. Nah nantinya, orang tersebut harus menempelkan kartu yang diambil di dahinya, kemudian Ia harus berusaha menebak kartu tersebut berdasarkan pentunjuk/clue yang diberikan oleh teman – temannya. Cukup menarik bukan?

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kertas post-it untuk membuat flashcards. Cukup dengan menuliskan kosakata yang ingin kita hafalkan beserta artinya dalam kertas post-it. Setelah itu, kamu bisa menempelkan kertas post-it tersebut di tempat-tempat yang sering dilihat oleh kamu, misalkan pintu kamar, pintu kulkas, atau tembok di depan tempat tidur atau meja belajarmu. Kamu juga bisa menambahkan gambar sebagai definisi tambahan dari kosakata tersebut jika menurutmu gaya belajar yang terbaik adalah dalam bentuk visual.

4. Membuat Gambar/Visual

Membuat Visual atau Visual untuk belajar kosakata bahasa Inggris

Membuat Gambar atau Visual

Menyambung cara nomer 3, teknik ini akan sangat membantu jika kamu adalah tipe orang yang lebih mudah jika belajar secara visual atau belajar dengan gambar. Mulailah dengan mencatat kosakata – kosakata baru beserta definisinya dalam sebuah catatan. Kemudian buatlah gambar yang menggambarkan arti dari kosakata baru kamu untuk menjadi arti atau definisinya. Bila perlu, buatlah storyboard secara visual jika Anda senang mengeskpresikan diri secara artistik. Nantinya, isi catatan ini harus sesering mungkin kamu pelajari sehingga kamu dapat menanamnya di dalam memori kamu.

Buat beberapa cerita menggunakan kosakata baru kamu atau kamu juga dapat membuat sebuah kisah yang merupakan narasi dengan menggunakan kosakata yang baru kamu pelajari. Selain itu, kamu juga bisa menantang diri kamu sendiri untuk menulis sebuah kisah hanya dengan menggunakan kosakata baru kamu setiap harinya. 

5. Membaca Buku

Membaca Buku untuk belajar kosakata bahasa Inggris

Membaca Buku

Cara berikutnya untuk menghafal kosakata Bahasa Inggris adalah dengan membaca buku. Membaca buku merupakan aktivitas otak yang sangat baik untuk mengenalkan diri kamu pada kosakata-kosakata baru yang belum pernah kamu dengar sebelumnya. Selain itu, membaca juga dapat melatih kamu untuk mempelajari sebuah kata berdasarkan konteks atau inti masalahnya.

Kamu bisa mulai untuk membaca dari apapun yang kamu sukai. Baik itu novel, komik, koran, majalah, dan sebagainya. Pilihlah bahan bacaan yang kamu sukai agar aktivitas membaca kamu dapat menjadi lebih menyenangkan. Jangan lupa untuk membaca sesuai dengan level kemampuan Bahasa Inggris kamu agar nantinya tidak merasa kesulitan atau merasa bosan saat membacanya.

Jika Kamu merasa bahwa kamu sudah berada di dalam level yang cukup tinggi, kamu dapat membaca bahan bacaan yang lebih berat seperti koran berbahasa Inggris, atau artikel – artikel ilmiah berbahasa Inggris. Contoh koran atau surat kabar yang mempunyai kosakata bahasa Inggris serta tata bahasa atau grammar yang baik di Indonesia adalah The Jakarta Post. Sekedar faktar menarik, The Jakarta Post telah ada sejak tahun 1980an dan telah mendapat berbagai macam penghargaan di dalam bidang jurnalistik seperti Adam Malik Award di tahun 2009, dan Adiwarta Award di tahun yang sama.

Salah satu buku yang memiliki kosakata yang cukup beragam dengan jalan cerita yang menarik adalah Harry Potter karangan J.K Rowling. Buku ini pada intinya bercerita tentang kehidupan seorang penyihir bernama Harry Potter dan dunia sihir yang akan memanjakan imajinasimu. 

6. Membuat Sebuah Kalimat

Apabila bagi kamu menuliskan kosakata dan definisinya saja tidak cukup untuk dapat menghafalkannya, maka kamu bisa membuat kalimat dengan menggunakan kosakata tersebut. Manfaat memasukan kosakata ke dalam kalimat adalah kita akan tahu bagaimana cara menggunakan kosakata tersebut dan dalam konteks apa kosakata tersebut bisa kamu gunakan. Kamu bisa mencoba untuk membuat kalimat dengan menggunakan tenses yang berbeda agar kamu juga bisa mengerti perubahan kosakata tersebut sesuai dengan tensesnya. Untuk informasi lengkap seputar tenses, kamu bisa melihatnya di artikel yang akan datang ya! Makanya jangan lupa untuk rutin mengecek website ini.

Membuat sebuah rangkaian kalimat, akan membantu kamu untuk dapat lebih cepat mengingat sebuah kosakata. Terlebih lagi jika kalimat tersebut adalah kalimat yang mudah diingat. Misalnya kalimat tersebut merupakan kalimat lucu yang dapat membuat kamu tertawa, atau bisa juga membuat sebuah kalimat sederhana yang masih berhubungan dengan aktivitas kamu sehari-hari. Nantinya kalimat ini bisa kamu kumpulkan dalam sebuah buku dan siapa tahu kamu bisa mendapatkan sebuah korelasi dari kalimat – kalimat tersebut. Siapa tahu rangkaian – rangkaian kalimat tersebut bisa menjadi tulisan atau artikel menarik yang tidak pernah kamu pikirkan sebelumnya.

7. Melatih Percakapan

Kamu bisa mencoba untuk memasukan kosakata yang sedang kamu pelajari dalam percakapan kamu. Dengan langsung mempraktikannya, kamu akan bisa dengan cepat mengingat kosakata – kosakata tersebut. Apabila kamu tidak memiliki atau menemukan orang yang bisa kamu ajak untuk berbicara bahasa Inggris, maka kamu bisa berbicara kepada diri sendiri di depan cermin. Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi perekam suara yang ada di handphone atau gadget kamu untuk merekam sendiri percakapan kamu.

Selain itu, kamu juga harus membaca dengan lantang dan jelas. Apabila kamu tidak tahu  atau menemukan kesulitan dalam cara pelafalan kata tersebut, kamu bisa mencarinya di internet atau di kamus. Kamu juga bisa menggunakan audio book, film, atau video. Nantinya, saat mendengarkan atau menontonnya, cobalah untuk berhenti pada bagian – bagian tertentu jika kamu menemukan bagian yang mengandung kosakata yang belum pernah kamu  pelajari sebelumnya. Kemudian carilah cara pengucapan serta arti dari kosakata tersebut, kemudian ucapkan secara berulang – ulang kosakata tersebut. Dengan cara ini, tidak hanya kosakata kamu saja yang dapat meningkat, tetapi kemampuan pelafalan kamu juga.

8. Membuat Catatan Kecil/Notes

Cara ini merupakan sebuah cara yang bisa dibilang cukup tradisional atau paling sederhana, namun sangat efektif bagi sebagian orang dalam proses menghafal kosakata bahasa Inggris. Saat kamu menonton film atau membaca buku dan kamu menemukan kosakata yang belum permah kamu ketahui sebelumnya, cobalah untuk mencatat kosakata tersebut. Setelah selesai menonton film atau membaca buku, carilah definisi dari kosakata tersebut dan buatlah sebuah daftar atau list yaang berisi kosakata serta artinya. Rajinlah membaca setiap hari daftar kosakata yang telah kamu ditulis tersebut, dan dijamin dalam waktu yang singkat, pengetahuan kamu akan kosakata bahasa Inggris dapat bertambah dan berkembang dengan pesat.

9. Ciptakan Suasana Belajar Yang Menarik

Ketika kamu sedang pergi ke luar negeri entah itu liburan, belajar, atau bahkan bekarja, kamu akan mendengar dan membaca berbagai macam bahasa dan kosakata dimanapun kamu berada dan tentunya kamu akan belajar lebih cepat melalui yang namanya immersion

Immersion sendiri adalah sebuah proses belajar bahasa dengan menggunakan bahasa itu sendiri. Immersion bisa dibilang membuat orang yang belajar sebuah bahasa, dengan cara menggunakan atau membuat bahasa yang Ia pelajari menjadi sebuah kebiasaan dalam kehidupan sehari – harinya. 

Nah tapi sebenarnya kamu tidak perlu harus pergi ke luar negeri untuk meningkatkan jumlah kosakata yang kamu inginkan. Kamu dapat menciptakan inspirasi dan suasana lingkungan belajar yang ramah untuk kamu, dimanapun kamu berada. Misalkan dengan cara membeli majalah atau buku dengan bahasa Inggris, menonton film berbahasa Inggris, atau memasak (atau hanya sekedar makan) makanan dari negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa nasionalnya.

10. Mem-breakdown Sebuah Kata

Di dalam proses belajar kosakata bahasa Inggris terdapat banyak yang namanya compound words. Compound words merupakan kata-kata yang dibentuk dari dua atau lebih kata, misalnya bathroom, sleepingroom, classroom, policeman, airplane, dan masih banyak lagi.

Untuk mengingat kosakata yang seperti jenis ini, kamu dapat melihat arti  dari masing – masing kata penyusunnya. Contohnya kata “airplane”. Jika dipisahkan, maka kata tersebut akan menjadi “air” + “plane” (udara + pesawat). Dilihat dari arti penyusun katanya, “airplane” berarti setelah pesawat udara. Sehingga kamu bisa mengingat nantinya bahwa airplane adalah pesawat udara.

11. Memahami Kosakata Tersebut

Kelemahan kita sebagai manusia adalah cepat lupa akan suatu hal, apalagi jika hal tersebut hanya kita hafal secara sesaat tanpa benar – benar paham akan arti dari hal tersebut. Oleh karena itu, dalam menghafal kosakata bahasa Inggris, alih-alih hanya menghafalkannya saja, kamu juga harus dapat memahaminya. Maksud dari hal ini adalah kamu harus benar-benar paham bagaimana cara menggunakan kosakata tersebut, dalam konteks apa kosakata tersebut bisa digunakan, dan termasuk ke dalam kelas kata apa (kata kerja, kata sifat, kata benda, dan sebagainya).

Jika kamu sudah dapat memahaminya, maka kamu pasti akan dapat lebih cepat mengingat kosakata – kosakata tersebut dan tidak akan mudah melupakannya. Salah satu cara yang paling mudah untuk memahami sebuah kosakata adalah dengan membuat kalimat menggunakan kosakata tersebut.

12. Ulangi Beberapa Kali Secara Rutin

Kamu juga harus ingat untuk tidak hanya sekedar mengulangi kosakata yang sedang kamu pelajari, tetapi juga kosakata lama yang sekiranya sudah kamu tahu dan hafal. Kamu tidak perlu mencari kembali kosakata yang sudah kamu tulis seperti kamu mempelajari kosakata – kosakata baru, tapi dengan semakin sering berlatih dan apabila kamu juga sering menggunakan kata-kata tersebut, maka kamu akan semakin mudah untuk mengingat dan menggunakannya di lain waktu.

13. Gunakan atau Praktekkan Kosakata Tersebut

Ini adalah cara yang sangat penting terutama apabila selama ini kamu telah menguasai teori dari kosakata tersebut. Jika saat ini kamu sedang mencoba menghafal sebuah kosakata bahasa Inggris, maka sering-seringlah menggunakan kata tersebut. Baik itu dalam kegiatan sehari-hari atau dalam percakapan yang kamu lakukan setiap harinya, tapi jangan sampai berlebihan ya!

Selain itu, cobalah untuk menggunakan kata tersebut misalkan dalam caption foto di sosial media kamu, atau kamu juga bisa menggunakan kata tersebut saat membalas pesan dari teman kamu. Dengan sering menggunakannya, pastinya kamu juga akan menjadi lebih cepat dalam mengingat kosakata – kosakata tersebut.

14. Pelajari dan Gunakan Imbuhan

Imbuhan atau afiks adalah bunyi yang di tambahkan pada awal, akhir, dan tengah kalimat. Imbuhan atau afiks sendiri mempunyai dua jenis yaitu Suffixes (imbuhan akhir) dan Prefixes (imbuhan awal). Imbuhan akan sangat bisa membantu kamu dalam proses menghafal kosakata bahasa Inggris. Kata-kata dalam bahasa Inggris sendiri memang banyak yang menggunakan suffix dan prefix. Dua imbuhan ini memiliki arti tertentu yang berbeda, yang bisa membantu kita untuk menebak-nebak definisi kata yang menggunakannya.

Misalnya saja, suffix -er yang menandakan pelaku/subject. Ketika kamu menemukan kata dalam bahasa Inggris yang berakhiran -er, dan kamu tidak tahu artinya, kemungkinan besar arti dari kata tersebut berhubungan dengan pelaku/subjectnya. Contoh: cooker (cook + er = orang yang memasak), teacher (teach + er = orang yang mengajar), driver (drive + er = orang yang menyetir/mengemudi), dan sebagainya. Meskipun kamu mungkin sudah mengetahui arti dari kata – kata tersebut, namun kamu akan lebih cepat mudah menghafalnya karena kamu tahu bahwa kata yang berimbuhan -er berarti merujuk pada subject/pelaku.

Suffix sudah, sekarang kita akan berbicara tentang prefix. Prefix sendiri seperti yang telah disebutkan di atas, merupakan imbuhan yang berada pada awal sebuah kata. Contoh dari imbuhan prefix adalah “mis-“ yang berarti salah. Contoh dari kata yang berawalan “mis-“ adalah misinterpret (mis + interpret = salah mengartikan), misconduct (mis + conduct = salah perbuatan atau perbuatan yang salah), dan sebagainya. 

Nah tentunya ada banyak sekali suffix dan prefix dalam bahasa Inggris. Tenang saja, nanti kamu akan mempelajarinya lebih lanjut di lain kesempatan. So, stay tune di website ini ya.

15. Fokus Pada Kosakata Yang Dibutuhkan

Apabila kamu ingin mengembangkan kosakatamu karena kamu akan pergi bekerja di perusahaan yang berada di luar negeri, mungkin tidak seharusnya kamu membaca novel atau fokus pada kosakata yang berhubungan dengan percintaaan. Fokuslah pada kosakata yang berhubungan dengan dunia kerja seperti kata-kata yang lebih formal, praktikal, serta berhubungan dengan karir, hobi, dan kehidupan sehari-hari yang pastinya akan jauh lebih mudah untuk kamu pelajari dan nantinya juga akan lebih sering kamu gunakan. 

Selain itu, temukanlah sarana yang tepat untuk kamu belajar. Setiap orang memiliki cara belajar dan sarana yang berbeda-beda, jadi apabila kamu tak tahu apa yang paling terbaik untuk kamu, cobalah berkeksperimen denga menggunakan berbagai macam cara atau dengan berbagai kombinasi yang memungkinkan seperti flashcard, aplikasi, list, games, atau post-it. Sarana – sarana tersebut adalah contoh cara yang cukup bagus untuk mengingat berbagai jenis dan ragam kosakata. Hal yang sama juga dapat berlaku untuk menemukan waktu yang tepat untuk belajar. 

16. Bawa Ke Level Yang Lebih Tinggi

Kamu dapat menghafal sebuah kosakata Bahasa Inggris dengan cara mempelajari sinonim, antonim, dan juga kata-kata yang berhubungan dengan kosakata tersebut. Dengan cara ini, kamu juga dapat sekaligus mempelajari lebih dari satu kosakata. Misalnya, saatnya kamu sedang mencoba untuk menghafal kata “good”, cobalah untuk mencari sinonim dan antonim dari kata tersebut. Kamu juga bisa mempelajari frasa yang berhubungan dengan kata “good”, seperti “good morning”, “good afternoon”, “good night”, dan sebagainya.

Selain itu, jika kamu benar-benar ingin memahami dan menghafal banyak kosakata, berusahalah untuk tidak menerjemahkan kosakata tersebut ke dalam mother language atau bahasa lokal kamu. Belajarlah untuk mencoba menjelaskan arti dari kata tersebut menggunakan bahasa Inggris. Tentu saja kamu hanya dapat melakukan cara ini saat kamu memang benar – benar sudah siap, sehingga proses menghafal kosakata bahasa Inggris dapat berjalan dengan menyenangkan dan tidak akan membuat kamu menjadi kewalahan.

Demikianlah 16 cara atau teknik untuk menghafal kosakata bahasa Inggris. Sekali lagi, jangan pernah lupa dan malas untuk mengulang – ulang pelajaran yang telah kamu dapatkan karena hal itu sangat penting untuk dilakukan agar di kemudian hari kamu tidak melupakan kosakata yang sudah kamu dipelajari sebelumnya.

Jika semuanya bisa kamu lakukan dengan niat yang besar, maka pasti kamu tak akan pernah merasa kesusahan saat mempelajari bahasa inggris. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *